APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Biologi

Ekologi

MATERI

Suksesi Primer


​​​​​​​

Sobat Pintar, sekarang kita lanjut lagi memahami tentang suksesi ya....

Suksesi primer merupakan pembentukan komunitas makhluk hidup yang sebelumnya tidak ada. Contohnya adalah suksesi di Gunung Krakatau yang telah meletus pada tahun 1883 dan melenyapkan seluruh populasi di pulau tersebut. Organisme yang pertama muncul adalah Lichenes serta tumbuhan lumut. Tumbuhan perintis ini melakukan pelapukan dan memperkaya kandungan organik tanah.

Bersamaan dengan ini, biji-bijian yang terbawa arus air dan angin dari tempat lain mulai tumbuh. Rumput, paku-pakuan, dan tumbuhan pantai perlahan mampu menutupi lahan tersebut sehingga terbentuklah ekosistem klimaks. Perhatikan Gambar dibawah ini

Suksesi primer juga terjadi pada sebuah danau di wilayah pegunungan St. Helen di Amerika setelah letusan yang terjadi pada tahun 1980. Bersamaan dengan itu, suksesi sekunder juga terjadi pada lahan sekitarnya.

Suksesi Sekunder


​​​​​​​

Suksesi sekunder merupakan perubahan yang terjadi karena terganggunya habitat. Gangguan ini dapat disebabkan oleh gangguan alam, seperti banjir, kebakaran , dan penebangan liar. Perhatikan Gambar dibawah ini

Namun, gangguan ini tidak merusak komunitas secara total. Suksesi sekunder berlangsung lebih cepat daripada suksesi primer karena komunitas tumbuhan perintis tidak diperlukan lagi. Laju suksesi sekunder pada setiap tempat berbeda-beda, bergantung pada kerusakan yang terjadi, iklim, dan jenis komunitas.

Apakah sobat pintar sudah paham perbedaanya? kalau belum paham bisa kita diskusikan bersama di kolom komentar yaa....

1.

Salah satu penyebab terjadinya suksesi primer adalah....


A. Banjir
B. Tanah longsor
C. Kebakaran
D. Penebangan
E. Gunung meletus

JAWABAN BENAR

E.

Gunung meletus

PEMBAHASAN

Suksesi primer terjadi apabila komunitas asal terganggu atau berubah secara alami maupun buatan yang mengakibatkan kerusakan atau kehilangan komunitas asal secara total. Contohnya meletusnya gunung krakatau dan baru bisa kembali setelah 50 tahun.

2.

Suatu habitat diawali tumbuhnya organisme pioner berupa lumut kerak. Lumut kerak melapukkan benda mati dan diuraikan oleh pengurai menjadi zat anorganik yang akan memperkaya unsur hara tanah sehingga benih yang jatuh pada tempat tersebut akan tumbuh subur. Setelah itu akan tumbuh rumput yang baru dan akhirnya terbentuk ekosistem seimbang. Berlatar belakang kasus tersebut, peristiwa apa yang terjadi?


A. Suksesi primer
B. Suksesi sekunder
C. Aberasi primer
D. Degradasi primer
E. Degradasi sekunder

JAWABAN BENAR

A.

Suksesi primer

PEMBAHASAN

Ilustrasi tersebut menunjukkan adanya proses suksesi yang dimulai dari awal tumbuhan pioneryang mengawali dimulainya awal kehidupan baru sehingga hal tersebut sesuai dengan pengertian suksesi primer.

3.

Bencana alam merupakan penyebab utama terjadinya ….


A. kerusakan piramida makanan
B. kerusakan ekosistem
C. suksesi sekunder
D. suksesi primer
E. kerusakan habitat

JAWABAN BENAR

D.

suksesi primer

PEMBAHASAN

Suksesi primer adalah perubahan dalam vegetasi yang terjadi di medan yang sebelumnya tidak ada vegetasi Contoh yang baik dari suksesi primer adalah penghindaran tanah yang seluruhnya terbuat dari lava yang mengeras setelah letusan gunung berapi.

4.

Yang dimaksud dengan suksesi adalah ….


A. proses perubahan yang memakan waktu sangat lama
B. proses perubahan ekosistem karena pengaruh lingkungan sekitar
C. proses perubahan menjadi ekosistem baru yang lebih sempit
D. proses perubahan yang melibatkan semua komponen
E. proses perubahan komunitas menuju satu arah secara teratur

JAWABAN BENAR

E.

proses perubahan komunitas menuju satu arah secara teratur

PEMBAHASAN

Suksesi adalah proses perubahan ekosistem dalam kurun waktu tertentu menuju ke arah lingkungan yang lebih teratur dan stabil.  Suksesi terjadi sebagai akibat dari modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem. Proses suksesi berakhir dengan sebuah komunitas atau telah tercapai keadaan seimbang (homeostatis).

 

5.

Suksesi primer terjadi jika ….


A. komunitas asal terbentuk tanpa adanya perubahan
B. komunitas asal hilang karena perubahan alam yang alami
C. komunitas asal terganggu karena ulah manusia
D. komunitas asal tidak ada perubahan apa-apa
E. komunitas asal terganggu hewan predator

JAWABAN BENAR

B.

komunitas asal hilang karena perubahan alam yang alami

PEMBAHASAN

Suksesi primer dapat terjadi jika komunitas asal merasa terganggu yang mengakibatkan komunitas sal hilang secara total sehinnga terbentuk komunitas baru. gangguan yang dapat menyebabkan suksesi primer dapat terjadi secara alami maupun buatan.

redesain-navbar Portlet