APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Pengantar Ilmu Geografi

MATERI

Prinsip-Prinsip Geografi

PRINSIP PENYEBARAN (DISTRIBUSI)

Prinsip penyebaran, yaitu suatu gejala yang tersebar tidak merata di permukaan bumi yang meliputi bentang alam, tumbuhan, hewan, dan manusia. Penyebaran gejala dan fakta tadi, tidak merata dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

PRINSIP KETERKAITAN (INTERELASI)

Prinsip interelasi, yaitu suatu hubungan saling terkait dalam ruang, antara gejala yang satu dengan yang lain. Setelahnya kita akan mengungkapkan hubungan antara faktor fisis dengan faktor fisis, faktor manusia dengan faktor manusia, dan faktor fisis dengan faktor manusia.

PRINSIP PENJELASAN (DESKRIPSI)

Prinsip deskripsi, yaitu penjelasan lebih jauh mengenai gejala-gejala yang diselidiki/dipelajari. Deskripsi, selain disajikan dengan tulisan atau kata-kata, dapat juga dilengkapi dengan diagram, grafik, tabel, gambar, dan peta.

PRINSIP KOMPLEKSITAS (KOROLOGI)

Prinsip korologi, yaitu gejala, fakta ataupun masalah geografi di suatu tempat yang ditinjau persebarannya, interelasinya, interaksinya, dan integrasinya dalam ruang tertentu. Prinsip ini merupakan ciri dari geografi modern. Dalam geografi terdapat dua unsur pokok, yaitu keadaan alam dan keadaan manusia.

Sobat Pintar disini ada rumus pintarnya nih supaya kalian mudah mengingatnya :

Disitu deK
(Distribusi, Interelasi, Deskripsi, Korologi)

 

Keterampilan Dasar Geografi

Keterampilan yang harus dimiliki untuk memahami konsep geografi menurut Sindu P dan Yasinto  adalah sebagai berikut:

OBSERVASI

Seorang ahli geografi dituntut untuk dapat mengamati fenomena geosfer, kemudian merekonstruksikannya sebagai pengetahuan geografi, contohnya melakukan pengamatan terhadap perubahan musim.

DESKRIPSI

Merupakan kemampuan untuk menjelaskan fenomena geosfer yang terdapat di muka bumi, contohnya menjelaskan proses terjadinya gunung api

MENGELOMPOKKAN (KLASIFIKASI)

Merupakan kemampuan untuk mengklasifikasikan fenomena geosfer, contohnya pengklasifikasian jenis tanah dan curah hujan.

PEMETAAN

Semua fenomena geosfer dapat digambarkan dengan peta, contohnya peta kepadatan penduduk atau peta jenis tanah.

ANALISIS

Merupakan kemampuan menganalisis hubungan antar fenomena geosfer, contohnya keterkaitan antara perilaku membuang sampah di sungai dan terjadinya banjir.

1.

Perhatikan soal di bawah ini!

Untuk meminimalisir bahaya dari letusan gunung api, dibuatlah peta kawasan rawan letusan gunung api. Dengan peta tersebut masyarakat dapat mengetahui sejauh mana material letusan, jalur evakuasi untuk penduduk, dan wilayah yang aman untuk dijadikan pengungsian. Berdasarkan penjelasan tersebut, prinsip geografi yang mengkaji hal tersebut adalah...


A. Prinsip distribusi
B. Prinsip interelasi
C. Prinsip deskripsi
D. Prinsip Korologi
E. Prinsip persebaran

JAWABAN BENAR

C.

Prinsip deskripsi

PEMBAHASAN

Prinsip deskripsi karena dapat dijelaskan melalui peta atau berupa uraian deskripsi.

 

2.

Perhatikan soal di bawah ini!

Aktivitas utama masyarakat Nusa Tenggara di bidang peternakan kuda, karena kondisi lingkungannya didominasi padang rumput. Faktor utama penyebab wilayah Bima didominasi padang rumput adalah minimnya curah hujan. Prinsip geografi yang berkaitan dengan hal itu adalah ....


A. prinsip persebaran
B. prinsip korologi
C. prinsip deskripsi
D. prinsip interrelasi
E. prinsip interdependensi

JAWABAN BENAR

D.

prinsip interrelasi

PEMBAHASAN

Fenomena tersebut mengkaji hubungan sebab akibat. Karena curah hujan yang minim maka wilayah Nusa Tenggara didominasi padang rumput, sehingga menyebabkan mayoritas masyarakat bermata pencaharian di sektor peternakan kuda. Fenomena yang memiliki hubungan sebab akibat cocok dikaji dengan prinsip interelasi.

3.

Perhatikan soal di bawah ini!

Persebaran barang tambang di Indonesia tidak merata, di antaranya gas alam terdapat di Arun dan Bontang, batubara di Ombilin dan Bukit Asam, timah di Bangka dan Belitung. Fenomena ini cocok dikaji dengan prinsip ....


A. distribusi
B. interelasi
C. korologi
D. deskripsi
E. interaksi

JAWABAN BENAR

A.

distribusi

PEMBAHASAN

Fenomena tersebut menunjukkan persebaran barang tambang di Indonesia yang tidak merata, sehingga cocok dikaji dengan prinsip distribusi atau persebaran.

4.

Perhatikan soal di bawah ini!

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, dan memiliki angka pertumbuhan penduduk yang masih cukup tinggi, untuk itulah pemerintah mencanangkan program KB. Gejala ini cocok dikaji dengan prinsip ....


A. persebaran
B. distribusi
C. interelasi
D. korologi
E. deskripsi

JAWABAN BENAR

C.

interelasi

PEMBAHASAN

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, dan memiliki angka pertumbuhan penduduk yang masih cukup tinggi, untuk itulah pemerintah mencanangkan program KB. Gejala ini cocok dikaji dengan prinsip interelasi karena memiliki hubungan sebab akibat.

redesain-navbar Portlet