APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Pendapatan Nasional

MATERI

Pengertian Pendapatan Nasional



Sumber: SarjanaEkonomi

Pengertian Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional secara sederhana dapat diartikan sebagai jumlah pendapatan masyarakat suatu negara dalam periode tertentu (biasanya satu tahun). Pendapatan nasional juga menggambarkan tingkat produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, pendapatan nasional mempunyai peran penting dalam menggambarkan tingkat kegiatan ekonomi yang dicapai serta perubahan dan pertumbuhannya dari tahun ke tahun. Kegiatan perekonomian negara dalam menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Aktivitas tersebut melibatkan individu, keseluruhan masyarakat baik pemerintah, swasta, dan rumah tangga. Setiap negara akan mengumpulkan berbagai informasi mengenai kegiatan ekonominya agar secara terus-menerus dapat diperhatikan perubahan tingkatan pada kegiatan ekonomi yang berlaku.

Berikut merupakan manfaat dari mepelajari Pendapatan Nasional:

  1. Mengetahui dan menganalisis struktur ekonomi suatu negara apakah struktur ekonomi industri, agraris, atau jasa.
  2. Membandingkan keadaan perekonomian dari waktu ke waktu karena pendapatan nasional dicatat setiap tahun.
  3. Membandingkan perekonomian antarnegara di dunia.
  4. Pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.

Gross Domestic Product/Produk Domestik Bruto (GDP/PDB)

Pengertian Produk Domestik Bruto

Produk Domestik Bruto merupakan jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara (domestik) selama satu tahun, termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan orang asing yang beroperasi di wilayah negara yang bersangkutan. GDP dianggap bersifat bruto/kotor. Dengan demikian, pendapatan yang diperoleh dari produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara yang berada di luar negeri tidak turut diperhitungkan. 

Beberapa manfaat perhitungan PDB adalah sebagai berikut: 

  1. Mengukur laju pertumbuhan ekonomi nasional 
  2. Pembanding kemajuan ekonomi antar-negara 
  3. Pertimbangan kebijakan pemerintah 
  4. Mengetahui struktur ekonomi suatu negara 
  5. Mengetahui indikator kualitas hidup masyarakat suatu negara
     

Gross National Product/Produk Nasional Bruto (GNP/PNB)


Pengertian Produk Nasional Bruto

Produk Nasional Bruto merupakan jumlah seluruh produk barang dan jasa suatu negara dalam satu tahun, meliputi barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh warga negara (nasional) baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan asing yang berada di dalam negeri tidak diperhitungkan. Ada dua aliran pembayaran penggunaan jasa faktor produksi.
Jika PDB lebih besar daripada PNB maka menunjukkan bahwa investasi negara asing di dalam negeri lebih besar daripada investasi negara tersebut di negara lain. Sedangkan sebaliknya jika PDB lebih kecil daripada PNB maka menunjukkan bahwa investasi negara tersebut di luar negeri lebih besar daripada investasi negara lain di dalam negeri.

Dengan demikian dapat dirumuskan:


 

NNP, NNI, PI, DI

1. Produk Nasional Neto atau Net National Product (NNP)

Produk Nasional Neto adalah nilai pasar barang dan jasa yang dihasilkan dalam satu tahun. Untuk menghitung NNP adalah Produk Nasional Bruto (PNB) dikurangi dengan penyusutan (depreciation). Penyusutan di sini artinya penyusutan barang-barang yang digunakan dalam proses produksi atau barang modal.
Nah, berikut ini merupakan salah satu cara untuk mencari nilai NNP:


 

2. Pendapatan Nasional Bersih atau Net National Income (NNI)
Pendapatan Nasional Bersih Dapat dilihat dari dua sisi:

  • Dari sisi pendapatan, yaitu pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi.
  • Dari sisi produksi, yaitu sejumlah nilai bersih barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara. Untuk mengetahui besarnya NNI yaitu NNP dikurangi dengan pajak tidak langsung. 

Rumus untuk mencari Pendapatan Nasional bersih sebagai berikut:

 

3. Pendapatan Perorangan/Personal Income

Pendapatan perseorangan adalah seluruh pendapatan yang benar-benar diterima oleh masyarakat. Jenis pendapatan yang tidak termasuk dalam pendapatan nasional, merupakan pendapatan pribadi. Berikut ini pendapatan yang tergolong dalam pendapatan nasional tetapi tidak termasuk sebagai pendapatan pribadi yaitu:

  • Keuntungan perusahaan yang tidak dibagikan,
  • Pajak yang dikenakan pemerintah atas keuntungan perusahaan,
  • Kontribusi yang dilakukan oleh perusahaan.

Rumus untuk mencari PI sebagai berikut:


 

4. Pendapatan Bebas atau Disposable Income (DI)
Pendapatan bebas terjadi apabila pendapatan pribadi dikurangi dengan pajak yang harus dibayar oleh para penerima pendapatan, nilai yang tersisa dinamakan pendapatan disposabel. Pada hakikatnya pendapatan disposabel adalah pendapatan yang dapat digunakan oleh penerimanya, yaitu semua rumah tangga yang ada dalam perekonomian, untuk membeli barang-barang dan jasa yang mereka inginkan.
Sedangkan untuk mengetahui penghitungan pendapatan bebas bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

 

1.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh masyarakat dalam suatu negara selama satu tahun disebut ....


A. Pendapatan masyarakat
B. Pendapatan per kapita
C. Produk nasional
D. Pendapatan neto
E. Pendapatan perorangan

JAWABAN BENAR

C.

Produk nasional

PEMBAHASAN

Produk Nasional Bruto adalah jumlah seluruh produk barang dan jasa suatu negara dalam satu tahun, yang meliputi barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh warga negara (nasional) baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Dalam pengertian ini, barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan asing yang berada di dalam negeri tidak diperhitungkan.

2.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Jika suatu negara memiliki PNB lebih kecil daripada PDB, negara tersebut memiliki ciri-ciri ….


A. Nilai impor lebih kecil daripada nilai ekspor sehingga mengalami defisit neraca perdagangan.
B. Nilai produksi orang asing lebih kecil daripada penduduk di dalam negeri.
C. Banyak sektor informal yang nilai produksinya tidak tercatat dalam PDB.
D. Investasi asing di dalam lebih besar daripada investasi negara tersebut di luar negeri.
E. Pendapatan tenaga kerja dalam negeri lebih besar daripada pendapatan tenaga kerja asing.

JAWABAN BENAR

D.

Investasi asing di dalam lebih besar daripada investasi negara tersebut di luar negeri.

PEMBAHASAN

Jika PDB lebih besar daripada PNB maka menunjukkan bahwa investasi negara asing di dalam negeri lebih besar daripada investasi negara tersebut di negara lain. Dengan demikian menunjukkan perekonomian negara tersebut belum maju karena masih menerima banyak modal dari luar negeri. Sedangkan sebaliknya jika PDB lebih kecil daripada PNB maka menunjukkan bahwa investasi negara tersebut di luar negeri lebih besar daripada investasi negara lain di dalam negeri. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian negara tersebut sudah maju karena mampu menanamkan modalnya lebih besar di luar negeri daripada menerima penanaman modal dari negara lain.

3.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Negara Indomakmur memiliki pendapatan neto faktor produksi yang bernilai negatif. Fakta tersebut menunjukkan bahwa ….


A. Negara Indomakmur menggunakan lebih banyak faktor produksi dari luar negeri daripada mengirimkan faktor produksi ke luar negeri
B. Kebutuhan masyarakat di negara Indomakmur bergantung pada barang dari luar negeri
C. Nilai produk domestik bruto negara Indomakmur sama dengan nilai produk nasional bruto
D. Nilai produk nasional bruto negara Indomakmur lebih tinggi daripada nilai produk domestik bruto
E. Jumlah faktor produksi yang masuk ke negara Indomakmur lebih kecil daripada jumlah faktor produksi yang ke luar dari negara tersebut

JAWABAN BENAR

A.

Negara Indomakmur menggunakan lebih banyak faktor produksi dari luar negeri daripada mengirimkan faktor produksi ke luar negeri

PEMBAHASAN

Jika PDB lebih besar daripada PNB maka menunjukkan bahwa investasi negara asing di dalam negeri lebih besar daripada investasi negara tersebut di negara lain. Dengan demikian menunjukkan perekonomian negara tersebut belum maju karena masih menerima banyak modal dari luar negeri. Sedangkan sebaliknya jika PDB lebih kecil daripada PNB maka menunjukkan bahwa investasi negara tersebut di luar negeri lebih besar daripada investasi negara lain di dalam negeri.Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian negara tersebut sudah maju karena mampu menanamkan modalnya lebih besar di luar negeri daripada menerima penanaman modal dari negara lain.

4.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara selama satu tahun, termasuk hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan orang asing yang beroperasi di wilayah negara yang bersangkutan merupakan salah satu pengertian dari ….


A. Gross Domestic Bruto
B. Gross National Product
C. Net National Income
D. Disposable Income
E. Transfer Payment

JAWABAN BENAR

A.

Gross Domestic Bruto

PEMBAHASAN

Produk Nasional Bruto merupakan jumlah seluruh produk barang dan jasa suatu negara dalam satu tahun, meliputi barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh warga negara (nasional) baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri. Barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan asing yang berada di dalam negeri tidak diperhitungkan. Ada dua aliran pembayaran penggunaan jasa faktor produksi.

5.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Perhatikan Pernyataan di bawah!

  1. Mengetahui dan menganalisis struktur ekonomi suatu negara apakah struktur ekonomi industri, agraris, atau jasa.
  2. Membandingkan keadaan perekonomian dari waktu ke waktu karena pendapatan nasional dicatat setiap tahun.
  3. Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan distribusi pembangunan ekonomi dunia.
  4. Membandingkan perekonomian antarnegara di dunia.
  5. Pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.

Berdasarkan pernyataan di atas, manakah yang tidak termasuk manfaat Pendapatan Nasional….


A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

JAWABAN BENAR

C.

3

PEMBAHASAN

Berikut merupakan manfaat dari mepelajari Pendapatan Nasional:

  • Mengetahui dan menganalisis struktur ekonomi suatu negara apakah struktur ekonomi industri, agraris, atau jasa.
  • Membandingkan keadaan perekonomian dari waktu ke waktu karena pendapatan nasional dicatat setiap tahun.
  • Membandingkan perekonomian antarnegara di dunia.
  • Pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional.

redesain-navbar Portlet