APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Pemanfaatan Lingkungan Hidup dalam Kaitannya Pembangunan Berkelanjutan

MATERI

Tujuan Pembangunan Nasional

Sobat Pintar, Bagaimana Peran Pembangunan dalam Kualitas Manusia ?

Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan perkembangan global. Berdasarkan pengertian di atas, tujuan pembangunan nasional meliputi unsur-unsur sebagai berikut.

a. Meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia.
b. Melakukan usaha secara berkelanjutan.
c. Melandaskan diri pada kemampuan nasional.
d. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
e. Memperhatikan tantangan perkembangan global.

Dalam mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan nasional, diperlukan visi pembangunan nasional sebagai rambu-rambunya.

Visi pembangunan nasional adalah gambaran yang akan dicapai agar tujuan pembangunan nasional terlaksana. Rumusan visi pembangunan nasional adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cintah tanah air, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin.

Sasaran Pembangunan Nasional

Sobat Pintar, selanjutnya kita akan membahas tentang sasaran pembangunan nasional!

Pembangunan nasional bertujuan menciptakan kehidupan masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera lahir dan batin. Secara prinsip ada tiga unsur penting yang menjadi acuan setiap pelaksanaan pembangunan nasional, yaitu stabilitas nasional, pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan.

Sasaran-sasaran strategis pembangunan nasional berdasarkan tiga unsur penting yang menjadi acuan setiap pelaksanaan pembangunan nasional, yaitu sebagai berikut.

Mewujudkan Stabilitas Nasional yang Sehat dan Dinamis

Untuk mewujudkan hal tersebut usaha yang dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengusahakan stabilitas politik yang sehat berdasarkan partisipasi kesadaran politik masyarakat yang meningkat termasuk terselenggaranya keamanan dan ketertiban.
  2. Penyediaan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok yang memadai.
  3. Mengendalikan pada batas laju inflasi dunia rata-rata (di bawah 10%).
  4. Menjaga agar cadangan devisa negara tetap memadai.

Mencapai Tingkat Pertumbuhan Ekonomi yang Cukup Tinggi

Untuk mencapai hal itu perlu ditingkatkan produksi berbagai sektor ekonomi seperti pertanian, industri, pertambangan dan energi, prasarana angkutan, perdagangan, serta pemanfaatan sumber daya alam, sekaligus memelihara kelestariannya. Dalam usaha membangun landasan pembangunan yang kukuh dan lebih luas, struktur perekonomian harus seimbang, memiliki kemampuan dan kekuatan industri maju yang didukung oleh kekuatan dan kemampuan pertanian yang tangguh.

Pemerataan Pembangunan

Untuk dapat mencapai pemerataan dalam pembangunan usaha yang dilakukan antara lain melalui delapan jalur pemerataan yang meliputi:

  1. pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat banyak, khususnya pangan, sandang, dan perumahan;
  2. pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan;
  3. pemerataan pembagian pendapatan;
  4. pemerataan kesempatan kerja;
  5. pemerataan kesempatan berusaha;
  6. pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya bagi generasi muda dan kaum wanita;
  7. pemerataan persebaran pembangunan di seluruh wilayah tanah air; dan
  8. pemerataan kesempatan memperoleh keadilan.

Sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai, disusun anggaran pendapatan dan belanja negara dalam anggaran tahun bersangkutan. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai sumber pendapatan pemerintah, antara lain berupa penerimaan dari pungutan pemerintah berupa pajak dan nonpajak.

Program Pembangunan yang Dijalankan Pemerintah

Sobat Pintar, taukah kalian bahwa Pendidikan Sebagai Program Pembangunan Karakter Bangsa!

Bidang Pendidikan

1) Program wajib belajar dilaksanakan dengan tujuan rakyat Indonesia tidak ada yang buta huruf.

2) Pendidikan dasar 9 tahun.

3) Mendirikan pusat-pusat latihan keterampilan untuk meningkatkan keahlian.

Bidang Keluarga Berencana

1) Membina keluarga kecil yang diharapkan tingkat kesejahteraan anggota keluarga meningkat.

2) Menjamin kesehatan ibu dan anak.

Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan dilakukan dengan peningkatan gizi masyarakat yang diharapkan meningkatkan kecerdasan bangsa sehingga usia hidup rata-rata bangsa Indonesia juga akan meningkat.

Bidang Iman dan Takwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

1) Membangun tempat-tempat peribadatan;

2) Meningkatkan penghasilan rakyat untuk memberikan rasa lebih tenang dalam menjalankan agama.

Bidang Kerukunan Hidup Beragama

Untuk menjaga kerukunan hidup beragama dilakukan antara lain dengan tidak membeda-bedakan agama semua warga negara dan diikutsertakan dalam semua sektor pembangunan secara kebersamaan.

Pembangunan di Bidang Material

Usaha yang dilakukan antara lain dibangunnya sarana-sarana pendidikan, kesehatan, peribadatan, perkantoran, transportasi dan komunikasi, perumahan rakyat, dan sarana umum lainnya.

Pembangunan di Bidang Pertanian

Pembangunan pertanian tetap menjadi perhatian utama dalam pembangunan perekonomian karena:

1) mayoritas penduduk Indonesia tinggal di daerah pedesaan;

2) mayoritas penduduk pedesaan berada pada tingkat perekonomian yang masih rendah yang tercermin dari jumlah pendapatan lebih rendah bila dibandingkan dengan penduduk kota sampai saat ini petani masih belum dapat menikmati keuntungan dari hasil bertaninya;

3) keterikatan kepada norma-norma tradisional sehingga sering menimbulkan sikap sukar menerima perubahan termasuk perubahan dalam hal bertani.

Upaya-upaya pembangunan pertanian dilakukan dengan perubahan dan peningkatan hasil pertanian melalui usaha-usaha secara terpadu, serasi, dan merata serta tetap memelihara kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Usaha-usaha itu adalah intensifikasi pertanian, diversifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, dan rehabilitasi pertanian.

Intensifikasi pertanian, yaitu peningkatan hasil pertanian secara maksimal dengan menggunakan teknologi tepat guna, seperti penggunaan alat-alat modern, irigasi yang baik, penggunaan bibit unggul, pestisida, dan pupuk.

Ekstensifikasi pertanian, yaitu perluasan areal persawahan dengan pembangunan irigasi baru, pemanfaatan daerah rawa, dan perluasan areal pertanian baru dengan mengelola lahan tidak produktif dan semak hutan menjadi daerah pertanian. 

Diversifikasi pertanian, yaitu memperbanyak jenis-jenis tanaman pertanian sesuai dengan potensi sumber daya alam yang terdapat di suatu daerah, seperti tanaman palawija dan tanaman keras.

Rehabilitas pertanian, ialah memperbaiki kembali lahan kritis lewat penghijauan (reboisasi), terasering, pemupukan alami, dan menanam pohon-pohon produktif.

Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Sobat Pintar, selanjutnya kita akan mendiskusikan tentang hakikat pembangunan berwawasan lingkungan!

Dalam pelaksanannya, pembangunan harus diatur agar tidak mengganggu unsur-unsur lingkungan hidup. Pembangunan harus berwawasan lingkungan, yaitu dengan upaya sadar dan terencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu kehidupan. Untuk mencapai tujuan pembangunan berwawasan lingkungan, berbagai upaya perlu dilakukan, misalnya:

  1. menyatukan persepsi tentang pelestarian lingkungan,
  2. menjaga kestabilan populasi flora dan fauna di bumi,
  3. menjaga penggunaan sumber daya yang dapat diperbarui,
  4. menggunakan sumber energi dengan hemat, efisien, dan tidak membahayakan lingkungan,
  5. mengembangkan dan menerapkan teknologi yang mendukung pengelolaan dan pengembangan lingkungan,
  6. melaksanakan program ekonomi berstrategi pengelolaan sumber daya yang bijaksana dan mengembangkan kelestarian lingkungan, dan
  7. mengefektifkan pelaksanaan peraturan-peraturan konservasi keanekaragaman hayati.

Pada hakikatnya pembangunan berwawasan lingkungan menekankan pada pelaksanaan peningkatan kesejahteraan manusia tanpa merusak lingkungan. Peningkatan kesejahteraan dapat dilakukan dengan membangun sarana-sarana ekonomi, sosial, kesehatan, dan sebagainya. Hendaknya dalam pembangunan sarana-sarana tersebut harus mempertimbangkan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan.

Kita tentu tidak boleh membangun lapangan golf, rumah-rumah peristirahatan atau vila di daerah tangkapan air atau di lereng-lereng perbukitan. Selain mengurangi kemampuan menyerap air, pembangunan sarana tersebut dapat mengakibatkan longsor dan banjir.

Di samping pembangunan berwawasan lingkungan muncul konsep baru dalam pembangunan, yaitu pembangunan berkelanjutan. Hal tersebut bertujuan mewujudkan keberlanjutan sumber daya alam untuk mendukung kesejahteraan manusia seutuhnya. Artinya, prioritas utama ditujukan pada upaya pelestarian kualitas lingkungan.

Definisi lain menyatakan bahwa pembangunan berkelanjutan bertujuan pada tersedianya sistem, program, sarana prasarana, sumber daya manusia, dan dana untuk memenuhi kesejahteraan manusia.

Pembangunan berwawasan lingkungan selalu mempertimbangkan dampak negatif terhadap lingkungan atas pelaksanaan pembangunan. Jadi, sebelum dilaksanakan pembangunan suatu proyek, terlebih dulu harus dilakukan kajian menganai dampak negatif yang akan terjadi dari tinjauan geografisnya. Pembangunan berwawasan lingkungan memiliki ciri-ciri yang mempertimbangkan hal-hal berikut.

a. Tercapainya keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup.

b. Terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana.

c. Pelaksanaannya harus berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang.

d. Menghindari dampak kerusakan dan pencemaran lingkungan.

1.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Revolusi industri berawal di Inggris pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 (sekitar tahun 1750-1850). Akibat negatif dalam aspek sosial yang disebabkan oleh revolusi industri adalah ?


A. Arus urbanisasi besar-besaran terjadi
B. Tingginya harga kebutuhan pokok
C. Punahnya spesies flora atau fauna tertentu
D. Terbentuknya partai buruh (sosialis) dan partai pengusaha (kapitalis)
E. Penyebab terjadinya perang dunia II

JAWABAN BENAR

A.

Arus urbanisasi besar-besaran terjadi

PEMBAHASAN

Meski membawa dampak positif pada perkembangan teknologi, revolusi industri juga memberi dampak negatif dalam aspek sosial. Salah satunya adalah arus urbanisasi besar-besaran. Arus urbanisasi ke kota-kota besar pusat industri menyebabkan banyak orang desa yang terlunta-lunta di kota. Sementara, di bidang agrikultural di desa tidak terurus.

Dengan kata lain, terjadi ketimpangan di bidang industri dan bidang agrikultural di Inggris selama revolusi industri.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Lingkungan hidup terbentuk oleh beberapa komponen atau unsur. Apabila salah satu unsur lingkungan hidup mengalami kepunahan, akan terjadi...


A. ketidakseimbangan lingkungan
B. kesenjangan sosial dan ekonomi
C. hilangnya kehidupan makhluk hidup
D. kurangnya ketersediaan SDA
E. sempitnya lahan pertanian

JAWABAN BENAR

A.

ketidakseimbangan lingkungan

PEMBAHASAN

Dalam lingkungan, terdapat berbagai macam komponen, yaitu komponen biotik dan abiotik yang keduanya saling berhubungan, dimana dalam komponen tersebut manusia mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap lingkungan.

Namun jika salah satu komponen lingkungan hidup mengalami kepunahan maka keharmonisan lingkungan itu akan tidak berkembang/tidak hidup serta akan mengalami ketidakseimbangan.

redesain-navbar Portlet