APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Biologi

Sistem Pernapasan

MATERI

Macam-macam Kelainan Sistem Pernapasan


​​​​​​​

Sobat Pintar, berikut kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan manusia.

  1. Asma adalah gangguan pada rongga saluran pernapasan yang diakibatkan oleh kontraksi otot polos pada trakea dan mengakibatkan penderita sulit bernapas. ditandai dengan kontraksi yang kaku dari bronkiolus. Asma biasanya disebabkan oleh hipersensitivitas bronkiolus (disebut asma bronkiale) terhadap benda-benda asing di udara. penyebab penyakit ini juga dapat terjadi dikarenakan faktor psikis dan penyakit menurun.
  2. Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit spesifik yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculis. Bakteri ini dapat menyerang semua organ tubuh, tetapi yang paling sering adalah paru-paru dan tulang. Penyakit ini menyebabkan proses difusi oksigen yang terganggu karena adanya bintik-bintik kecil pada dinding alveolus. Keadaan ini menyebabkan: Peningkatan kerja sebagian otot pernapasan yang berfungsi untuk pertukaran udara paru-paru. Mengurangi kapasitas vital dan kapasitas pernapasan. Mengurangi luas permukaan membran pernapasan, yang akan meningkatkan ketebalan membran pernapasan sehingga menimbulkan penurunan kapasitas difusi paru-paru
  3. Faringitis merupakan peradangan pada faring sehingga timbul rasa nyeri pada waktu menelan makanan ataupun kerongkongan terasa kering. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan dapat juga disebabkan terlalu banyak merokok. Bakteri yang biasa menyerang penyakit ini adalah Streptococcus pharyngitis.
  4. Bronkitis adalah penyakit yang disebabkan karena peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara menuju paru-paru). Penyebabnya bisa karena infeksi kuman, bakteri atau virus. Penyebab lainnya adalah asap rokok, debu, atau polutan udara.
  5. Pneumonia adalah peradangan paru-paru dimana alveolus biasanya terinfeksi oleh cairan dan eritrosit berlebihan. Infeksi disebarkan oleh bakteri dari satu alveolus ke alveolus lain hingga dapat meluas ke seluruh lobus bahkan seluruh paru-paru. Umumnya disebabkan oleh bakteri Streptococcus, Diplococcus pneumoniae, dan bakteri Mycoplasma pneumoniae.

Macam-macam Kelainan Sistem Pernapasan

  1. Emfisema paru-paru disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru. Pada penderita emfisema, volume paru-paru lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat karena karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan dari paru-paru terperangkap didalamnya. Asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalah penyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ini.
  2. Difteri merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtherial yang dapat menimbulkan penyumbatan pada rongga faring (faringitis) maupun laring (laringitis) oleh lendir yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.
  3. Asfiksi adalah gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan yang disebabkan terganggunya fungsi paru-paru, pembuluh darah, ataupun jaringan tubuh. Misalnya alveolus yang terisi air karena seseorang tenggelam. Gangguan yang lain adalah keracunan karbon monoksida yang disebabkan karena hemoglobin lebih mengikat karbon monoksida sehingga pengangkutan oksigen dalam darah berkurang.
  4. Kanker paru-paru merupakan pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali di dalam jaringan paru-paru. Kanker ini mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru dan menjalar ke seluruh bagian tubuh. Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70% kasus pada wanita. Semakin banyak rokok yang dihisap, semakin besar resiko untuk menderita kanker paru-paru. Tetapi tidak menutup kemungkinan perokok pasif pun mengalami penyakit ini. Penyebab lain yang memicu penyakit ini adalah penderita menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum, dan radiasi ionisasi.

Sobat Pintar jangan lupa untuk dipahami dan diingat dengan baik ya....

1.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Infeksi bakteri Diplococcus pneumoniae pada alveolus bisa menyebabkan gangguan perna- pasan yang dikenal dengan istilah....


A. asma
B. pneumonia
C. tuberkulosis
D. bronkitis
E. asfiksi

JAWABAN BENAR

B.

pneumonia

PEMBAHASAN

Infeksi bakteri Diplococcus pneumonia pada alveolus bisa menyebabkan gangguan pernapasan yang dikenal dengan istilah penumonia.

 

1. Asma --> penyempitan saluran pernapasan akibat alergi terhadap kondisi lingkungan, misalnya debu dan udara dingin.

2. Tuberkulosis --> Sesak napas dan batuk darah yang disebabkan oleh bakteri (Mycobacterium tuberculosis).

3. Bronkitis --> peradangan pada lapisan dalam rongga bronkus karena infeksi virus.

4. Asfiksi --> gangguan pengangkutan O2 ke seluruh sel-sel tubuh.

2.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Peradangan atau pembekakan terjadi karena berbagai hal diantaranya terinfeksi oleh mikroorganisme atau tubuh merespon terhadap benda asing yang masuk kedalam tubuh. Peradangan pada lapisan pelindung pembungkus paru-paru adalah....


A. Sinusitis
B. Laryngitis
C. Bronchitis
D. Pleuritis
E. Faringitis

JAWABAN BENAR

D.

Pleuritis

PEMBAHASAN

  1. Sinusitis adalah pembekakan pada sinus atau rongga hidung
  2. laryngitis adalah pembekakan pada laring.
  3. bronchitis adalah peradangan pada selaput lendir dari saluran bronkial
  4. faringitis adalah peradangan pada faring karna infeksi.

3.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Kematian jaringan paru-paru dan pembentukan rongga yang berisi sel-sel mati yang terjadi pada paru-paru adalah....


A. Emfisema
B. Fluiditas
C. Septik emboli
D. Nekrosis
E. Abses

JAWABAN BENAR

E.

Abses

PEMBAHASAN

Abses paru-paru merupakan kematian jaringan paru-paru dan pembentukan rongga yang berisi sel-sel mati yang dapat disebabkan karena infeksi, karies gigi, epilepsi, dan konsumsi alkohol yang berlebihan.

4.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Sesak nafas karena kabut asap yang berkepanjangan disebabkan karena....


A. CO lebih sulit diikat hemoglobin daripada O2
B. Penyumbatan alveolus oleh partikel asap
C. Kandungan oksigen di udara menurun
D. CO2 di udara mengganggu penyerapan O2
E. Penyempitan paru-paru

JAWABAN BENAR

D.

CO2 di udara mengganggu penyerapan O2

PEMBAHASAN

Kabut asap banyak mengandung karbondioksida sehingga menghalangi pengikatan oksigen saat bernapas yang mengakibatkan sesak napas.

5.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Kemungkinan yang akan terjadi jika seseorang mengalami emfisema yang berkepanjangan adalah....


A. Kadar Hb berkurang
B. Inspirasi dan ekspirasi terganggu
C. Alveolus tersumbat
D. Oksigen dalam sel meningkat
E. Penyempitan bronkus

JAWABAN BENAR

E.

Penyempitan bronkus

PEMBAHASAN

Emfisema merupakan keadaan dimana paru-paru kehilangan sifat elastisitasnya hal tersebut menyebabkan penyempitan saluran napas (bronkus) karena kantung udara di paru-paru mengembung secara berlebihan. Emfisema disebabkan karena alergi dan kebiasaan merokok.

redesain-navbar Portlet