APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Fisika

Teori Kinetik Gas

MATERI

Mengamati Fenomena dalam Teori Kinetik Gas

Gambar 1.  Gelembung es | Sumber : https://www.pelajaran.co.id/

Pernahkah sobat melihat gelembung-gelembung ketika minuman bersoda dituangkan? Bagaimana bentuk dan jumlahnya? Gelembung-gelembung minuman bersoda merupakan inti molekul-molekul. Gelembung-gelembung minuman bersoda akan berjumlah banyak dan volumenya semakin membesar saat dituangkan. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh tekanan dan jumlah mol dalam minuman tersebut. Fenomena ini merupakan contoh keseharian dari teori kinetik gas. 

Mengamati Fenomena dalam Teori Kinetik Gas


Panci presto | Sumber : Kompas.com

Pressure cooker atau panci presto adalah alat masak yang memanfaatkan uap air bertekanan tinggi dalam proses memasak. Panci presto mampu melunakkan daging maupun tulang dan duri dalam waktu relatif singkat. Prinsip dasar yang digunakan pada panci presto adalah pemanasan air bersuhu 100o C pada tekanan 1 atm. Uap air yang dihasilkan tidak keluar dan hanya terkumpul dalam panci presto. Proses pemanasan membuat tekanan dalam panci presto naik, hal ini sesuai dengan konsep hukum Gay-Lussac yang akan dipelajari di modul ini.

Tekanan dalam panci presto dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu dalam tabung meningkat, tekanan dalam panci pun juga bertambah. Hal ini sesuai dengan hukum dalam teori kinetik gas. Hubungan antara suhu, tekanan, dan volume akan dibahas secara detail pada hukum dan persamaan gas ideal.

1.

Berikut ini merupakan contoh dari fenomena teori kinetik gas, kecuali...


A. Ban meletus dibawah teriknya matahari
B. Gelembung pada minuman bersoda
C. Rel kereta yang memuai
D. Jarum suntik
E. Cat semprot

JAWABAN BENAR

C.

Rel kereta yang memuai

PEMBAHASAN

Gelembung soda pada minuman, balon udara, cat semprot, jarum suntik , merupakan beberapa penerapan yang melibatkan hukum hukum pada gas ideal. Terdapat besaran besaran yang saling berkaitan seperti suhu, volume, dan tekanan. Sedangkan rel kereta yang memuai merupakan fenomena pemuaian pada zat padat 

2.

Perhatikan Pernyataan dibawah ini !

Salah satu fenomena yang melibatkan hukum hukum dalam gas ideal adalah gelembung pada minuman bersoda. Ketika minuman dituangkan, temperatur relatif tetap. Namun, tekanan hidrostatis saat dituang ke dalam gelas yang semula kecil sedikit berubah. Akibatnya….


A. Gelembung naik dari dasar permukaan minuman semakin kecil
B. Gelembung naik dari dasar permukaan minuman semakin besar
C. Gelembung naik dari dasar permukaan minuman terjadi reaksi kimia
D. Gelembung naik dan volumenya bertambah
E. Gelembung semakin banyak dan tekanan gas bertambah

JAWABAN BENAR

B.

Gelembung naik dari dasar permukaan minuman semakin besar

PEMBAHASAN

Gelembung-gelembung minuman bersoda merupakan inti molekul-molekul. Gelembung-gelembung minuman bersoda akan berjumlah banyak dan volumenya semakin membesar saat dituangkan. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh tekanan dan jumlah mol dalam minuman tersebut.

3.

Perhatikan soal dibawah ini !

Salah satu penerapan dari persamaan gas ideal yaitu balon udara. Saat balon udara dipanaskan, suhu udara akan meningkat. Pemanasan tersebut akan menyebabkan….


A. Tekanan gas tetap dan volumenya bertambah
B. Tekanan gas berkurang dan volumenya berkurang
C. Massa jenis udara membesar
D. Volumenya bertambah dan tekanan gas bertambah
E. Massa jenis udara mengecil dan volume gas bertambah

JAWABAN BENAR

D.

Volumenya bertambah dan tekanan gas bertambah

PEMBAHASAN

Balon udara bekerja berdasarkan pemuaian udara akibat pemanasan. Pemanasan pada balon dapat meningkatkan suhu udara dalam balon. Pemanasan tersebut juga menyebabkan volume dan tekanan gas berubah. Udara yang memuai menyebabkan massajenis udara dalam balon mengecil, nilainya lebih kecil dari massa jenis udara iuar, akjbatnya balon akan naik ke udara.

4.

Perhatikan soal dibawah ini !

Pressure cooker atau panci presto adalah alat masak yang memanfaatkan uap air bertekanan tinggi dalam proses memasak. Fenomena tersebut termasuk hukum pada gas ideal yaitu ....


A. Gay Lussac
B. Boyle
C. Charles
D. Kekekalan Energi
E. Maxwell

JAWABAN BENAR

A.

Gay Lussac

PEMBAHASAN

Prinsip dasar yang digunakan pada panci presto adalah pemanasan air bersuhu 100o C pada tekanan 1 atm. Uap air yang dihasilkan tidak keluar dan hanya terkumpul dalam panci presto. Proses pemanasan membuat tekanan dalam panci presto naik, hal ini sesuai dengan konsep hukum Gay-Lussac 

redesain-navbar Portlet