Belajar Pintar Materi SMP, SMA, SMK
BelajarPintarV3
Sosiologi
Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas
MATERI
Pentingnya Evaluasi Pemberdayaan Komunitas
Sumber: https://materibelajar.co.id/
Menurut Seepersad dan Henderson, evaluasi adalah kegiatan sistematis untuk mengukur dan menilai suatu objek berdasarkan pedoman yang telah ada.
Kegiatan evaluasi terhadap program pemberdayaan komunitas sangat diperlukan karena tanpa adanya evaluasi terhadap suatu program yang dilaksanakan dalam aktivitas pemberdayaan komunitas, kita tidak dapat melihat hasil yang telah dirasakan oleh masyarakat. Evaluasi dapat dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, dan hasilnya. Dari hasil evaluasi terhadap program-program pemberdayaan komunitas diharapkan dapat diambil hikmah atau kebijaksanaan terhadap berbagai program pemberdayaan tersebut yang selama ini telah dijalankan. Hasil evaluasi terhadap berbagai program pemberdayaan masyarakat dapat dijadikan bahan untuk memperbaiki program selanjutnya.
Jenis Evaluasi dan Langkah-Langkah Melakukan Evaluasi
Jenis-jenis evaluasi adalah sebagai berikut:
- Evaluasi proses, dilaksanakan pada saat program tengah berlangsung atau sedang berjalan.
- Evaluasi dampak, dilaksanakan pada saat program sudah berakhir.
Kemudian dalam setiap kegiatan pemberdayaan komunitas, melakukan evaluasi merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan program yang dilakukan. Langkah-langkah untuk melakukan evaluasi adalah sebagai berikut:
- Menyusun rencana kerja
- Pilihlah pijak pelaksana evaluasi yang independen dan objektif
- Bahaslah laporan hasil evaluasi dengan pihak-pihak pelaksana evaluasi
1.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
Kegiatan sistematis untuk mengukur dan menilai suatu objek berdasarkan pedoman yang telah ada merupakan definisi evaluasi yang dikemukakan oleh….
A. Seepersad dan Henderson
B. Horby dan Parnwell
C. Sumodiningrat
D. Chiras
E. Sunyoto Usman
JAWABAN BENAR
A.
Seepersad dan Henderson
PEMBAHASAN
Menurut Seepersad dan Henderson, evaluasi merupakan kegiatan sistematis untuk mengukur dan menilai suatu objek berdasarkan pedoman yang telah ada.
2.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
- Pilihlah pihak pelaksana evaluasi yang independen dan objektif
- Menyusun rencana kerja
- Bahaslah laporan hasil evaluasi dengan pihak-pihak pelaksana evaluasi
Urutan langkah-langkah melakukan evaluasi yang benar adalah….
A. 1); 2); 3)
B. 2); 1); 3)
C. 1); 3); 2)
D. 3); 1); 2)
E. 2); 3); 1)
JAWABAN BENAR
B.
2); 1); 3)
PEMBAHASAN
Langkah-langkah melakukan evaluasi adalah sebagai berikut:
- Menyusun rencana kerja
- Pilihlah pihak pelaksana evaluasi yang independen dan objektif
- Bahaslah laporan hasil evaluasi dengan pihak-pihak pelaksana evaluasi
3.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
Di bawah ini yang bukan termasuk ke dalam jenis evaluasi kegiatan pemberdayaan masyarakat adalah….
A. On going evaluation
B. Intern evaluation
C. Ex post evaluation
D. Post on evaluation
E. Pre program evaluation
JAWABAN BENAR
D.
Post on evaluation
PEMBAHASAN
Jenis evaluasi kegiatan pemberdayaan adalah sebagai berikut:
- Pre program evaluation, di sini evaluasi dapat dilakukan pada saat sebelum program berjalan.
- On going evaluation, di sini evaluasi dapat dilakukan pada saat program berjalan.
- Ex post evaluation, di sini evaluasi dapat dilakukan setelah program selesai.
- Intern evaluation, di sini evaluasi dapat dilakukan saat hari pertama program berjalan.
4.
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
Terdapat dua tujuan evaluasi yaitu tujuan umum dan tujuan spesifik. Tujuan umum diarahkan ke program secara keseluruhan, sementara tujuan spesifik lebih terfokus pada masing-masing komponen. Menurut Crawford, tujuan atau fungsi dari evaluasi adalah….
A. Untuk mengetahui apakah tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai dalam kegiatan tersebut
B. Memberikan objektivitas pengamatan terhadap perilaku hasil
C. Untuk mengetahui kemampuan dan menentukan kelayakannya
D. Untuk memberikan umpan balik atas kegiatan yang dilakukan
E. Semua benar
JAWABAN BENAR
E.
Semua benar
PEMBAHASAN
Menurut Crawford, tujuan atau fungsi dari evaluasi adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui apakah tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai dalam kegiatan tersebut
- Memberikan objektivitas pengamatan terhadap perilaku hasil
- Untuk mengetahui kemampuan dan menentukan kelayakannya
- Untuk memberikan umpan balik atas kegiatan yang dilakukan
5.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
Jenis evaluasi yang meliputi perbaikan dari kegiatan yang telah dilakukan adalah….
A. Evaluasi normative
B. Evaluasi klasik
C. Evaluasi sumatif
D. Evaluasi formatif
E. Evaluasi selektif
JAWABAN BENAR
D.
Evaluasi formatif
PEMBAHASAN
Evaluasi formatif merupakan jenis evaluasi yang meliputi perbaikan dari kegiatan yang telah dilakukan.
Oops!!!
Yah, jawaban kamu meleset nih. Ingin melihat pembahasan soal ini?
BENAR!!!
Selamat!
Jawaban kamu benar. Ingin lihat pembahasan soal ini?
footer_v3
Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat
sesuai minat dan bakatmu.
Aku Pintar memiliki visi membuat pendidikan merata, mudah dijangkau, dan terjangkau dengan Program Journey Pintar yang merupakan sebuah program persiapan lengkap bagi siswa SMA/SMK/sederajat yang ingin masuk ke perguruan tinggi impiannya.
Kontak Kami
Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat
© 2024 Aku Pintar. All Rights Reserved