APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia (Wajib)

Kritik Sastra dan Esai

MATERI

Jenis Kritik Sastra

Berdasarkan bentuk

Kritik teoritis

Kritik sastra teoritis merupakan kritik sastra yang ditulis berdasarkan prinsip umum , istilah yang berkaitan, pembeda, dan kategori sebagai interpretasi atau apresiasi karya sastra dan pengarang.

Kritik terapan

Kritik terapan merupakan kritik sastra yang ditulis berdasarkan suatu karya sastra tertentu dan pengarang.

Berdasarkan pelaksanaan

Kritik impresionik

Kritik impresionik merupakan kritik sastra yang menilai karya sastra dengan penggambaran khusus oleh kritikus sebagaimana kondisi karya sastra.

Kritik Judisial

Kritik judisial merupakan kritik sastra yang mengaji karya sastra berdasarkan pengaruh inti, lingkungan organisasi, teknik dan gaya. Kritik sastra jenis ini kritikus mempertimbangkan kajian berdasarkan standar umum dan kelebihan karya sastra.

Kritik sastra induktif

Kritik sastra induktif merupakan kritik sastra yang mengulas karya sastra berdasarkan fenomena yang terjadi secara objektif.

Berdasarkan orientasi

Kritik sastra objektif

Kritik sastra objek merupakan kritik sastra yang berfokus pada unsur karya sastra secara objektif.

Kritik sastra mimetik

Kritik sastra mimetik merupakan kritik sastra yang berfokus pada pandangan bahwa suatu karya sastra merupakan hasil tiruan kehidupan manusia.

Kritik sastra pragmatik Kritik sastra mimetik merupakan kritik sastra yang berfokus pada efek yang berdampak kepada pembaca dari karya sastra. Dampak tersebut, yaitu hiburan, pendidikan, keindahan, dan lainnya.

Kritik sastra ekspresif

Kritik sastra ekspresif merupakan kritik sastra yang berfokus pada ekspresi dan ide penulis dalam karya sastra. Kritik ini tanpa sengaja melihatkan bagaimana penulis atau pengarang menampilkan karakter, ide, atau gagasannya.

 

Jenis Esai


Nah, Sobat Pintar. Di bagian ini kita akan bersama memelajari tentang jenis esai. Yuk simak!

Jenis-jenis esai, yaitu:

Esai tajuk

Esai tajuk merupakan esai yang berisi sikap atau pandangan penulis terhadap isu tertentu untuk membentuk opini pembaca.

Esai deskriptif

Esai deskriptif merupakan esai yang mengulas objek atau subjek yang menarik bagi penulis. Esai jenis ini lebih bebas dan umum.

Esai pribadi

Esai pribadi merupakan esai yang ditulis oleh pribadi penulis tentang kehidupannya.

Esai cukilan

Esai cukilan merupakan esai yang berisi ulasan tentang diri seseorang yang ditulis oleh orang lain tentang hal-hal tertentu.

Sebelum kita ke pembahasan yang berbeda, coba kerjakan latihan berikut ya!

1.

Kerjakan soal di bawah ini dengan baik!

Esai yang mengangkat tema serius dan ditulis secara mendalam termasuk esai jenis....


A. reflektif
B. kritik
C. cukilan
D. tajuk
E. deskriptif

JAWABAN BENAR

A.

reflektif

PEMBAHASAN

Esai yang mengangkat tema serius dan ditulis secara mendalam termasuk esai jenis reflektif.

2.

Cermati penggalan kritik sastra berikut ini!

Menurut saya, paling tidak ada dua hal yang menyebabkan terjadinya gender bias dalam cerpen Cerita Tiga Hari itu. Pertama, karena Nadia terlalu terpaku pada pesan moral dan nilai-nilai religius yang akan disampaikan, sehingga karyanya terkesan kaku. Hal senada diungkapkan Rahmadianti (Majalah Annida). Menurutnya, karya fiksi Islam yang sekarang sedang membumi terlalu mengedepankan misi dakwah, sehingga aspek estetikanya kurang tergarap dengan maksimal. Kedua, adanya miss-interpretasi terhadap sumber-sumber ajaran Islam, yaitu Alquran dan Hadis, yang dijadikan sebagai landasan moral dan etis dalam menulis sebuah karya.

Penggalan kritik sastra di atas menguraikan....


A. Identitas karya
B. Kelebihan
C. Latar belakang pengarang
D. Kekurangan
E. Simpulan

JAWABAN BENAR

D.

Kekurangan

PEMBAHASAN

Penggalan kritik sastra di atas menguraikan kekurangan karya sastra, yang ditandai dengan keterangan “sehingga karyanya terkesan kaku” dan “sehingga aspek estetikanya kurang tergarap dengan maksimal”.

3.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Esai yang dapat ditemukan pada media massa, berisi penyampaian gagasan penulis terhadap isu di masyarakat termasuk esai jenis....


A. Cukilan
B. Tajuk
C. Deskriptif
D. Reflektif
E. Kritik

JAWABAN BENAR

B.

Tajuk

PEMBAHASAN

Esai yang dapat ditemukan pada media massa berisi penyampaian gagasan penulis terhadap isu di masyarakat termasuk esai jenis tajuk.

4.

Cermati penggalan esai di bawah ini!

Tiga tahun sudah saya lalui di SMA, kini waktunya untuk beranjak ke jenjang pendidikan selanjutnya. Setelah beberapa test masuk perguruan tinggi saya lalui, akhirnya Tuhan menakdirkan diri saya untuk berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Fakultas Sastra jurusan Sastra Perancis. Alasan mengapa saya memilih konsentrasi keilmuan sastra Perancis adalah karena sebelumnya saya tidak pernah mengenal apa itu bahasa Perancis. Saya hanya ingin mempelajari sesuatu hal yang baru dan tentu saja yang sanggup saya pelajari nantinya.

Penggalan esai di atas termasuk jenis....


A. cukilan
B. tajuk
C. deskriptif
D. reflektif
E. pribadi

JAWABAN BENAR

E.

pribadi

PEMBAHASAN

Esai di atas termasuk jenis esai pribadi, yang ditandai dengan penyebutan “saya”.

5.

Cermati penggalan berikut!

Sajak-sajak yang ditulis generasi penyair masa kini termasuk karya yang cukup baik. Para penyair masa kini merupakan orang-orang kreatif pada zamannya. Hanya mereka masih membutatulikan kemampuan lain untuk mengasah kepekaan estetis dalam memilih diksi dan metafora. Kemampuan yang dapat ditingkatkan dari kebiasaan membaca realitas yang hadir di lingkungannya. Kebiasaan yang tidak akan didapat dari bangku sekolah.

Penggalan di atas termasuk jenis esai....


A. cukilan
B. tajuk
C. deskriptif
D. reflektif
E. kritik

JAWABAN BENAR

E.

kritik

PEMBAHASAN

Penggalan di atas termasuk esai jenis kritik. Esai kritik merupakan esai berisi uraian seni dan sastra yang mengajak pembaca untuk memahami pemikiran penulis.

6.

Jawablah soal di bawah ini dengan tepat!

Esai yang berisi ulasan tentang diri seseorang yang ditulis oleh orang lain tentang hal-hal tertentu disebut esai …
 


A. cukilan
B. tajuk
C. deskriptif
D. reflektif
E. kritik

JAWABAN BENAR

A.

cukilan

PEMBAHASAN

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah esai cukilan, karena esai cukilan merupakan esai yang berisi ulasan tentang diri seseorang yang ditulis oleh orang lain tentang hal-hal tertentu. 

7.

Kerjakan soal berikut ini!

Kritik sastra berdasarkan bentuknya dibagi menjadi …


A. Kritik terapan dan kritik induktif
B. Kritik impresionik dan kritik teoritis
C. Kritik teoritis dan kritik terapan
D. Kritik induktif dan kritik impresionik
E. Kritik terapan dan kritik impresionik

JAWABAN BENAR

C.

Kritik teoritis dan kritik terapan

PEMBAHASAN

Kritik sastra sesuai bentuknya dibagi menjadi dua yaitu  kritik sastra teoritis dan kritik sastra terapan. Kritik sastra teoritis adalah kritik sastra yang ditulis berdasarkan prinsip umum,  istilah yang berkaitan, pembeda, dan kategori sebagai interpretasi atau apresiasi karya sastra dan pengarang. Sementara itu, kritik terapan adalah kritik sastra yang ditulis berdasarkan suatu karya sastra tertentu dan pengarang.

redesain-navbar Portlet