APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Inggris (Wajib)

Job Application Letter (JAL)

MATERI

Curriculum Vitae


Ini nih, dua hal yang sering dianggap sama, yaitu Curriculum Vitae (CV) dan Resume. Mereka berdua itu kembar, namun tidak identik ya.

Curriculum Vitae (CV)


Source: koinworks.com


Curriculum Vitae atau sering disingkat sebagai CV sebenarnya memiliki makna cerita kehidupan yang berasal dari bahasa Latin.

Kalau dilihat dari makna tersebut, bisa mulai kita tebak nih. Jadi, CV adalah dokumen yang akan ditulis secara rinci perihal keseluruhan perjalanan atau pengalaman yang dimiliki oleh pelamar kerja.

Definition of Curriculum Vitae

According to Cambridge Dictionary, curriculum vitae is a short written description of your education, qualifications, previous jobs, and sometimes also your personal interests, which you send to an employer when you are trying to get a job. 

Menurut Cambridge Dictionary, curriculum vitae adalah sebuah deskripsi singkat tentang pendidikan, kualifikasi, pekerjaan sebelumnya, dan terkadang juga minat pribadimu, yang kamu kirimkan ke pemberi pekerjaan saat kamu mencoba untuk mendapatkan pekerjaan.

CV adalah dokumen yang lebih komprehensif dan terperinci yang menjelaskan tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja atau karir profesional yang Sobat Pintar miliki. CV tidak memiliki batas tertentu terkait jumlah halaman. Namun, biasanya CV terdiri dari 3 sampai 10 halaman. Semakin banyak pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki, maka CV kamu akan semakin panjang.

Berikut ini adalah tiga jenis format CV:

  • Chronological CV: Jenis ini adalah yang paling sering kita jumpai. Daftar riwayat pekerjaan ditulis dari yang terbaru. CV ini biasanya digunakan jika kamu ingin menonjolkan kemampuan yang kamu miliki dalam menyelesaikan suatu proyek dan tentu saja kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.
  • Functional CV atau yang biasa juga dikenal dengan skill-based CV, biasanya format ini digunakan untuk menunjukkan pengalaman kerja dan keterampilan yang kamu miliki. Format ini biasanya digunakan jika kamu memiliki jeda dalam berkarir, belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya dan memiliki keinginan untuk beralih jenis pekerjaan.
  • Combination CV: Jenis CV ini merupakan gabungan antara chronological CV dan functional CV. Dengan menggunakan format ini, kamu dapat memfokuskan CV kamu dengan menunjukkan skill dan riwayat pengalaman kerja secara yang kamu miliki runtut.

Dilansir dari the balance careers.com, ada dua cara menulis CV yang baik.

  1. Pahami informasi apa saja yang bisa dimasukkan dan bagaimana mengatur informasi-informasi tersebut.
  2. Pilihlah jenis format cv yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Format penulisan cv perlu disesuaikan dengan pengalaman kerja, keterampilan, dan posisi yang dilamar. Jika Sobat Pintar ingin melamar beasiswa (misalnya), maka kamu harus menyesuaikan dengan format cv internasional yang mana tidak mencantumkan informasi pribadi.

CV sendiri cenderung digunakan untuk tujuan akademis yang berisi beberapa rincian, seperti:

  • Education,
  • Professional Career,
  • Publications,
  • Awards,
  • Honors, and
  • other achievements.

Fun Facts: Di Amerika dan Kanada, CV digunakan hanya untuk kepentingan aplikasi akademik, seperti, pekerjaan akademik, beasiswa pendidikan, riset, dsb.

Di bawah ini ada beberapa contoh pengisian informasi yang disertakan dalam CV

Personal Information (Data Pribadi)

Namun, tidak hanya itu, CV juga tetap memberikan informasi pribadi yang biasanya meliputi beberapa poin berikut ini beserta contoh pengisiannya.

  1. Full name: Kim Jun Myeon
  2. Place and Date of Birth: Guri, 26 March 1990
  3. Nationality: South Korea
  4. Gender: Male
  5. Religion: Catholic
  6. Address: 423, Apgujeong-ro, Gangnam-gu Seoul
  7. Phone Number: +82 1 408 0408
  8. E-mail address: [email protected]
  9. Social Media: Instagram (@weareone)

Education (Pendidikan)

Di bagian ini biasa dituliskan urutan pendidikan yang sedang atau telah ditempuh. Pada umumnya, yang dituliskan, yaitu jenjang, periode studi, nama jurusan, nama sekolah atau universitas, nilai akhir yang didapatkan saat lulus.

  • Master Degree. 2018-present. Master of Education in ICT. University of Wollongong, Australia.
  • Bachelor. 2014-2018. English Education. Universitas Negeri Surabaya, Indonesia.
  • Senior High School. 2011-2014. SMA Negeri 14 Surabaya.
  • Junior High School. 2008-2011. SMP Negeri 1 Surabaya.
  • Elementary School. 2002-2008.

Resume


Selanjutnya kita bersama mempelajari Resume.

Definition of Resume


Source: idcloudhost.com

Resume is a written statement of your educational and work experience. Resume adalah sebuah pernyataan tertulis tentang pendidikan dan pengalaman kerjamu.

Resume biasanya dikirimkan dengan Job Application Letter (JAL) atau yang biasa juga dikenal dengan cover letter. Untuk Resume, dalam pembuatannya memiliki poin-poin yang serupa dengan CV, akan tetapi cara penulisan dan layout dalam dokumen yang sedikit berbeda.

Resume sendiri cenderung lebih singkat, sehingga perekrut dengan mudah mendapatkan informasi tentang calon karyawan hanya kurang dari 2 halaman dokumen.

Dalam Resume, biasanya cenderung menunjukkan kemampuan yang paling menonjol dan juga lebih spesifik berhubungan dengan pekerjaan atau posisi yang dilamar.

Tujuan resume

Tujuan dari resume adalah untuk mengenalkan tentang diri kamu dan kualifikasi yang kamu miliki sehingga ketika proses wawancara nanti kamu bisa menjelaskan dengan lebih detail dan terstruktur mengenai pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Berikut ini adalah format penulisan resume yang baik 

  1. Atur jarak spasi 1 atau 1.15 
  2. Atur batas tepi kanan-kiri sepanjang 1 inci dan rata kanan-kiri (justify)
  3. Gunakan font yang dapat dibaca dengan ukuran font 11 atau 12 pt.
  4. Kelompokkan setiap sub menu dalam resume agar mudah dibaca
  5. Jangan lupa letakkan informasi kontak yang dapat dihubungi dalam header resume yang terpisah 
  6. Deskripsikan pengalamanmu dalam bentuk poin-poin
  7. Untuk membuat tata letak resume seimbang, sisakan ruang kosong yang cukup. Ini juga akan membuat resume kamu terlihat rapi.

Hal-hal yang harus disertakan dalam resume:


Source: workhub.co.jp

1. Latar belakang pendidikan: Nama almamater/sekolah dimana kamu menempuh pendidikan terakhir, jurusan, gelar. Selain itu, Sobat Pintar dapat juga mencantumkan IPK dan sertifikat dari kursus/keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

2. Pengalaman kerja: cantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Tulis identitas perusahaan sebelumnya dengan jelas dan jelaskan secara singkat tugas atau pekerjaan yang dilakukan ketika bekerja di sana. Sobat Pintar juga perlu menuliskan periode waktu berapa lama telah bekerja di sana.

3. Resume skills: paparkan kemampuan atau keterampilan apa saja yang dapat menunjang karir Sobat Pintar. Pisahkan juga kemampuan soft skills dan hard skills sehingga mudah untuk dianalisis oleh perekrut. 

4. Resume profile: buatlah ringkasan tentang kemampuan yang kamu miliki dan pencapaian yang paling membanggakan. Hal ini dapat menjadi daya tarik pelamar kerja. Selain itu, item ini bisa digunakan sebagai bio dalam resume kamu.

5. Contact person: jangan lupa cantumkan Nama Lengkap, Nomor telepon aktif yang bisa dihubungi, alamat email, dan Sobat Pintar juga bisa mencantumkan akun LinkedIn.

Important Note!!!
Perhatikan hal-hal ini sebelum mengirim resume.

  1. Pastikan resume yang Sobat Pintar kirimkan ditulis dengan rapi dan dapat memberikan daya tarik tentang value Sobat Pintar sebagai pelamar kerja. Resume yang baik dan menarik akan memberikan kesan yang baik pula bagi perekrut.
  2. Anggaplah resume layaknya ringkasan dari pengalaman Sobat Pintar yang berisi pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang Sobat Pintar miliki. Jadi, jangan lupa cantumkan pengalaman kerja atau keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  3. Buatlah resume Sobat Pintar estetis dan enak dipandang. Pakailah aturan format penulisan yang benar. Selain itu, resume yang rapi juga enak dipandang loh.
  4. Hargai pembacamu! Pastikan resume benar-benar diperiksa dengan teliti sebelum dikirimkan. Jangan sampai ada typo, kalimat tidak efektif atau kesalahan tanda baca. Buatlah resume kamu berkualitas tinggi karena rapi dan berbobot!
  5. Buatlah cover letter yang sesuai dengan resume kamu!
  6. Perhatikan keyword atau kata kunci! Ketika Sobat Pintar melamar pekerjaan, perhatikan deh kata kunci yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Kata kunci inilah kriteria yang dicari perekrut dari pencari kerja.
  7. Buatlah resume kamu sesingkat mungkin! Jangan lebih dari dua halaman, okay? Pada umumnya resume hanya terdiri dari satu halaman. Namun, di beberapa negara seperti Amerika, Brazil dan Australia, resume terdiri dari 1 sampai 2 halaman.

Berikut ini adalah empat jenis format resume:


Source: idcloudhost.com

  • Chronological resume: Format resume ini mengurutkan pengalaman kerja kamu dari yang paling akhir atau baru-baru ini. Ini merupakan format standar yang paling banyak digunakan.
  • Functional resume: Format ini menekankan pada kemampuan dan pengalaman kerja yang dimiliki kandidat. Jenis resume ini cukup ideal jika kamu hanya memiliki sedikit pengalaman kerja atau berniat untuk beralih pekerjaan.
  • Combined resume: Format ini merupakan gabungan dari chronological dan functional formats. Dengan menggunakan format ini, berarti kamu memadukan kemampuan dan pengalaman kerja yang kamu miliki dengan mengurutkannya dalam suatu kronologi waktu.
  • Targeted resume: Resume ini merupakan dokumen khusus yang menunjukkan kualifikasi dan pengalaman kerja yang kamu miliki untuk suatu posisi pekerjaan tertentu. Namun, resume ini membutuhkan lebih banyak persiapan karena resume ini dibuat hanya ditujukkan untuk satu perusahaan dalam satu waktu. Keuntungan menggunakan resume ini adalah pelamar kerja terlihat lebih siap dan fokus mempersiapkan proses rekruitmen karena resume yang dibuat dikhususkan dengan posisi yang dilamar dalam suatu perusahaan tertentu.

Dilansir dari thebalancecareers.com, berikut ini adalah cara menulis resume yang baik:

1. Pilihlah format yang benar sesuai dengan kebutuhanmu. Pengalaman kerja, keahlian dan posisi yang dilamar akan mempengaruhi pemilihan jenis format resume yang digunakan.

2. Tulislah resume untuk keduanya, robot dan manusia. Saat ini, sedang trend nih kalau seleksi resume menggunakan AI (artificial intelligence) yaitu Applicant Tracking System (ATS). Selain itu, Sobat Pintar juga harus membuat resume yang baik supaya menarik perhatian recruiter.

Example of Curriculum Vitae and Resume

Nah, Sobat Pintar.

Berikut ini merupakan contoh dari Curriculum Vitae.

Berikut ini merupakan contoh Resume.

 

1.

Answer the following question!

What is the proper definition of Curriculum vitae?


A. Lifetime
B. Timeline
C. Course of Life
D. Live course
E. The mean of life

JAWABAN BENAR

C.

Course of Life

PEMBAHASAN

Pertanyaan: Apa definisi yang sesuai untuk CV?

Curriculum Vitae atau sering disingkat sebagai CV sebenarnya memiliki makna cerita kehidupan/course of life yang berasal dari bahasa Latin.

2.

Answer the following question!

The following can be included to the contact person of CV, except ....


A. Full Name
B. Active Phone Number
C. Bank Account
D. LinkedIn
E. Email address

JAWABAN BENAR

C.

Bank Account

PEMBAHASAN

Berikut ini yang dapat dicantumkan pada contact person CV, kecuali Rekening Bank (Bank Account).

3.

Answer the following question!

What is highlighted from the functional CV?


A. compiling as much work experience as possible.
B. combining work experience and skill, as well as sorting it in a chronological time.
C. arranging a resume only to apply for one position in a company.
D. sorting work experience from most recent.
E. presenting the work experience and skill of applicants.

JAWABAN BENAR

E.

presenting the work experience and skill of applicants.

PEMBAHASAN

Hal yang ditekankan dari Functional CV atau yang biasa juga dikenal dengan skill-based CV adalah menyajikan pengalaman dan kemampuan kerja dari pelamar kerja (presenting the work experience and skill of applicants). Selain itu, fungsional CV cukup ideal untuk pelamar kerja yang memiliki jeda dalam berkarir, belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya dan memiliki keinginan untuk beralih jenis pekerjaan.

4.

Answer the following question!

Which one is true about Resume?


A. It is a complete list of lifetime experiences.
B. It is more specific and related to the job vacancy.
C. It is wider than curriculum vitae.
D. It is just exactly the same as a CV.
E. It can not be used in applying for a job.

JAWABAN BENAR

B.

It is more specific and related to the job vacancy.

PEMBAHASAN

Pertanyaan: Yang mana yang benar tentang Resume?

Dari opsi jawaban yang tersedia, yang paling tepat adalah Resume menunjukkan penjelasan yang lebih spesifik dan berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

5.

Answer the following question!

What makes a resume differ from a CV?


A. Resume tends to be shorter than CV.
B. Resume usually consists of more than 2 pages.
C. Resume is a more comprehensive document.
D. Resume is more detailed than the CV.
E. Resume doesn't have specific page limitations.

JAWABAN BENAR

A.

Resume tends to be shorter than CV.

PEMBAHASAN

Hal yang membedakan resume dengan CV adalah resume cenderung lebih singkat yaitu hanya terdiri dari sekitar 1 sampai 2 halaman. Sementara itu, CV biasanya terdiri dari 3 sampai 10 halaman. Maka dari itu jawaban yang tepat adalah resume tends to be shorter than CV.

6.

Answer the following question!

What's the purpose of writing a resume?


A. To explain about the position you are applying for.
B. To describe the company.
C. To discuss the expected career path.
D. To introduce yourself and the qualifications you have.
E. To explain the reason you select your major in college.

JAWABAN BENAR

D.

To introduce yourself and the qualifications you have.

PEMBAHASAN

Tujuan dari penulisan resume adalah untuk mengenalkan tentang diri kamu dan kualifikasi yang kamu miliki (to introduce yourself and the qualifications you have) untuk memudahkan proses wawancara dimana pelamar dapat menjelaskan dengan lebih detail dan terstruktur terkait latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang mereka miliki yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

7.

Answer the following question!

How to adjust our resume to be readable?


A. Highlight all parts of the resume.
B. Use the legible font for writing a resume and adjust it to 11 or 12pt.
C. Adjust the font as small as possible so we can write many information on our resume.
D. Set the font to italics for all sections to make our resume looks aesthetics.
E. Adjust the color of the text and the background with the same color.

JAWABAN BENAR

B.

Use the legible font for writing a resume and adjust it to 11 or 12pt.

PEMBAHASAN

Agar resume kita dapat dibaca, gunakan font yang mudah terbaca untuk penulisan resume dan sesuaikan menjadi 11 atau 12pt.

redesain-navbar Portlet