APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Biologi

Sistem Reproduksi

MATERI

Siklus Menstruasi


​​​​​​​

Sobat Pintar pasti tidak asing dengan istilah menstruasi, yuk kita kenalan lebih dalam lagi tentang definisi menstruasi....

Menstruasi, yaitu proses meleburnya ovum yang gagal dibuahi bersama dengan lapisan dinding uterus berlangsung secara periodik. Pada saat terjadi menstruasi, pada wanita sering kali dihasilkan darah yang disertai jaringan-jaringan kecil tetapi bukan darah.

Siklus pada saat menstruasi terjadi membutuhkan waktu sekitar 28 hari sampai satu bulan, itulah sebabnya siklus ini diberi nama mens yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya satu bulan.

Terdapat sedikit perbedaan antara siklus menstruasi dan siklus estrus. Siklus estrus, yaitu suatu perilaku seksual yang bersifat agresif dari hewan betina yang terjadi pada saat berlangsungnya ovulasi. Peristiwa siklus reproduksi ini diperlihatkan oleh sekelompok hewan mamalia selain manusia dan primata.

Perbedaan yang mencolok antara siklus estrus dan menstruasi ini, terlihat ketika ovum tidak dibuahi.

  • Pada siklus menstruasi jika tidak terjadi pembuahan maka endometrium akan meluruh dan dikeluarkan melalui saluran kelamin (genital).
  • Pada siklus estrus tidak dikeluarkan karena endometrium diserap kembali oleh uterus. Demikian pula jika kita lihat waktu yang dibutuhkan, kedua siklus tersebut berbeda.

Pada siklus menstruasi dibutuhkan waktu rata-rata sekitar 28 hari, sedangkan siklus estrus rata-rata hanya membutuhkan waktu 5 hari sekali, pada tikus dan kelinci, anjing dan beruang satu tahun sekali sedangkan gajah beberapa kali dalam setahun.

Siklus menstruasi terjadi dalam tiga fase:

  • fase proliferasi (perbanyakan)
  • fase sekresi, dan
  • fase aliran menstruasi. 

Sobat Pintar Ketiga fase tersebut sangat dipengaruhi oleh beberapa hormon seperti diperlihatkan skema berikut.

Sobat Pintar berikut skema siklus menstruasi dan hormon-hormon yang memengaruhinya.

Fase Menstruasi


​​​​​​​

Setelah Sobat Pintar memahami definisi menstuasi, yuk kita pelajari tahapan dan fase menstruasi....

Fase Proliferasi

Proliferasi dikendalikan oleh hormon estrogen. Fase ini mulai terjadi pada hari kelima hingga hari keempat belas dari siklus menstruasi.

Setelah haid terjadi bagian hipofisis anterior akan mensekresikan Follicle Stimulating Hormone (FSH).

FSH memengaruhi proses pertumbuhan dan pemasakan ovum dan folikel graaf memacu pembentukan hormon estrogen. Hormon estrogen kemudian memengaruhi uterus untuk membangun endometrium sehingga rahim mengalami penebalan hingga 5 - 7 cm.

Dengan dihasilkannya estrogen, pengeluaran FSH akan dihambat, sedangkan LH dirangsang untuk diproduksi. Dengan pecahnya folikel graaf, ovum akan dilepaskan keluar dan terjadilah ovulasi. Proses ini terjadi pada hari ke-14 setelah siklus menstruasi.

Fase Sekresi

Sobat Pintar, fase sekresi sering kali disebut fase progesteronik karena dipengaruhi oleh hormon progesteron.

Fase sekresi berlangsung pada hari ke-14 sampai ke-28.

Pada fase ini folikel graaf yang pecah pada saat terjadi ovulasi berubah menjadi korpus rubrum. Dengan adanya LH yang memengaruhi, korpus rubrum berubah menjadi korpus luteum atau disebut juga badan kuning. Korpus luteum ini selanjutnya menghasilkan hormon progesteron.

Sewaktu berlangsungnya fase sekresi, endometrium mengalami penebalan, arteri- arteri mengalami pembesaran, dan tumbuhnya kelenjar endometrium. Jika tidak terjadi kehamilan, korpus luteum akan mengalami degenerasi yang menyebabkan berkurangnya kadar hormon progesteron dan estrogen atau bahkan tidak ada sama sekali.

Fase Menstruasi

Sobat Pintar, fase menstruasi dimulai dari saat luruhnya endometrium yang ditandai dengan keluarnya darah dan berakhir pada hari keempat sampai keenam.

Pada fase menstruasi  hormon estrogen dan progesteron sudah tidak dihasilkan lagi. Dengan tidak diproduksinya estrogen dan progesteron maka akan terjadi degenerasi endometrium. Darah haid yang mengandung mukus dan sel-sel epitel, kemudian dikeluarkan dari rongga uterus menuju vagina.

1.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Pembuahan paling tepat terjadi pada saat....


A. folikel matang
B. kadar estrogen tinggi
C. pembentukan progesteron
D. pembentukan FSH
E. terbentuknya folikel

JAWABAN BENAR

C.

pembentukan progesteron

PEMBAHASAN

Pembuahan terjadi setelah ovulasi (pelepasan ovum dari ovarium), karena pada saat ini ovum dapat bertemu dengan sperma di tuba falopi, saat yang bersamaan dinding endometrium siap menerima zigot hasil pembuahan, penebalan endometrium dipertahankan oleh hormon progesteron.

2.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Hormon yang memacu aktivitas penebalan dinding rahim adalah....


A. Prolaktin
B. FSH
C. LH
D. Estrogen
E. Progesteron

JAWABAN BENAR

D.

Estrogen

PEMBAHASAN

Ketika estrogen meningkat dalam darah maka terjadi penebalan dinding Rahim. Sedangkan menurunnya kadar estrogen akan merangsang sel telur untuk melakukan ovulasi.

3.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Selama proses kehamilan akan bekerja beberapa hormone dengan berbagai fungsi yang berbeda. Hormon yang berfungsi merangsang kelenjar susu untuk berkembang adalah....


A. LH dan FSH
B. Prolaktin
C. Esterogen
D. Oksitosin
E. HCG

JAWABAN BENAR

C.

Esterogen

PEMBAHASAN

Hormon yang bekerja untuk perkembangan kelenjar susu adalah estrogen. Sedangkan hormon yang merangsang kelenjar susu memproduksi ASI adalah prolaktin.

4.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Peristiwa pelepasan ovum dari ovarium disebut ....


A. menstruasi
B. fertilisasi
C. ovipar
D. ovulasi
E. hiperovulasi

JAWABAN BENAR

D.

ovulasi

PEMBAHASAN

Pada masa pubertas, ovum yang sudah matang akan dilepaskan dari sel folikel dan dikeluarkan dari ovarium. Proses pelepasan dari ovarium disebut ovulasi.

5.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Pernyataan di bawah ini berkaitan dengan masa reproduksi pada perempuan, kecuali….


A. menstruasi terjadi karena tidak terjadi peristiwa pembuahan
B. kadar progesteron tinggi pada rahim menghambat menstruasi
C. perempuan hamil memiliki payudara tampak lebih mengembang karena pengaruh progesteron dan estrogen
D. kadar progesteron menurun, menstruasi terjadi kembali
E. pada saat hamil menstruasi terjadi secara tidak teratur

JAWABAN BENAR

E.

pada saat hamil menstruasi terjadi secara tidak teratur

PEMBAHASAN

Pada saat hamil, seorang perempuan tidak mengalami menstruasi karena menstruasi terjadi apabila sel telur tidak dibuahi.

redesain-navbar Portlet