APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Fisika

Gelombang Elektromagnetik

MATERI

Berbagai Jenis Gelombang Elektromagnetik

Berbagai Jenis Gelombang Elektromagnetik

1.    Gelombang Radio
 

Sumber : ancangkuning.com

Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elek tromagnetik, merupakan gelombang elektromagnetik yang per tama kali ditemukan oleh Heinrich Hertz dan digunakan oleh Marconi sebagai media ko munikasi. Terbentuk ketika bunyi / audio berubah menjadi sinyal listrik dan melalui gelombang osilator (gelombang pembawa) mengalami mo dulasi pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio. Frekwensi gelombang radio dari AM (amplitude modulation) hingga FM (frequency modulation) berkisar antara 102 hingga 109 hertz.

2.    Gelombang Mikro (Microwave)
 

Gelombang Mikro (Microwave) merupakan gelombang elektro magnetik dengan frekuensi super tinggi (Super High Frequency) yaitu di atas 3 GHz (3×109 Hz). Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka molekul dan atom pa da benda tersebut akan bergetar sehingga muncul efek pemanasan. Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro, makanan menjadi panas dan masak dalam waktu singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam oven microwave. Gelombang mikro juga dimanfaatkan sebagai Radar (Radio Detection and Ranging). Radar digunakan untuk mencari dan menentukan jejak suatu benda dengan gelombang mikro pada frekuensi sekitar 1010 Hz, atau panjang gelombang sekitar 3 cm.


3.    Gelombang Inframerah (Infra Red)

Inframerah merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari gelombang radio. Gelombang inframerah memiliki jangkauan panjang gelombang antara 1000 nm dan 1 mm. Gelombang Inframerah ditemukan secara ke betulan oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika sedang mengada kan penelitian tentang teleskop astronomi, ternyata spektrum cahaya matahari ikut teramati. Sinar inframerah meliputi daerah frekuensi 1011 Hz sampai 1014 Hz atau daerah panjang gelombang 10-4 cm sampai 10-1 cm. Sinar infamerah dihasilkan oleh elektron dalam molekulmolekul yang bergetar dan kemungkinan terurai menjadi beberapa molekul yang berbeda karena benda diipanaskan. Jadi setiap benda panas pasti memancarkan gelombang infra merah.

4.    Cahaya Tampak (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu)

Gelombang cahaya tampak merupakan gelombang elektro magnetik yang bisa dilihat oleh indera penglihatan manusia. Gelombang cahaya tampak terdiri dari merah, jing ga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Panjang gelombang masing-masing cahaya terebut sebagai berikut.


5.    Gelombang Ultraviolet (Ultra ungu)
 

Cahaya ultra ungu sebenarnya bagian dari spektrum warna, namun indera penglihatan manusia tidak mampu melihatnya. Cahaya ultra ungu mempunyai panjang gelombang yang sangat pendek dibanding warna lainnya. Hal ini menyebabkan cahaya ultra ungu mempunyai daya tembus yang jauh lebih kuat di banding warna lainnya. Cahaya ultra ungu mampu menembus kulit manusia bahkan bisa mengubah struk tur sel. Pada kadar rendah cahaya ultra ungu membantu pembentukan vitamin D, namun pada kadar tinggi bisa menimbulkan kanker kulit. Cahaya ultraungu berada pada panjang gelombang antara 3 nm hingga 380 nm.


6.    Sinar X (X-ray)
 

Sinar-X mempunyai daya tembus yang luar biasa, lebih kuat daripada cahaya ultraungu. Sinar-X mampu menembus struktur lunak seperti daging dan kayu, kecuali struktur padat seperti tulang. Dengan kemampuannya menembus daging, maka struktur tulang/rangka bisa tampak pada layar film. Sinar-X ditemukan oleh Wilhelm Rontgen (1823 – 1923) pada saat melakukan percobaan hamburan elektron bertegangan tinggi. Panjang gelombang sinar-X antara 0,03 nm hingga 3 nm.


7.    Sinar Gamma (Gamma ray)
 

Gelombang sinar gamma (biasa ditulis sinar Ү) merupakan gelombang elektromagnetik yang paling kuat diantara gelombang elektromagnetik lainnya. Gelombang sinar Ү dapat menembus struktur padat, bahkan dapat mengubah struktur atom menjadi atom yang berbeda. Sinar Ү terjadi dari suatu proses reaksi nuklir sehingga menghasilkan radiasi yang cenderung berbahaya bagi makhluk hidup. Panjang gelombang sinar Ү berkisar antara 0,0003 nm hingga 0,03 nm, atau bisa ditulis sebagai 0,3 pm hingga 30 pm. (sekedar informasi 1 piko meter = 10-12 meter).
 

Manfaat Radiasi Gelombang Elektromagnetik

Manfaat Radiasi Gelombang Elektromagnetik

Sobat pintar, Selain memiliki dampak yang buruk radiasi elektromagnetik juga memiliki manfaat yang sangat membantu kehidupan manusia.
1.    Gelombang Radio

  • Komunikasi radio 
  • Penelitian luar angkasa 
  • Radar (Radio Detection and Ranging) berguna untuk mempelajari pola cuaca, badai, membuat peta 3D permukaan bumi, mengukur curah hujan, dan memonitor lingkungan.

2.    Gelombang Micro

  • Pemanas microwave
  • Komunikasi radar

3.    Gelombang Inframerah

  • Remote control
  • Alarm pencuri
  • Terapi fisik

4.    Cahaya Tampak

  • Membantu penglihatan mata
  • Sumber energi

5.    Sinar Ultraviolet

  • Keaslian uang dan tanda tangan di bank
  • Fotosintesis tumbuhan yang mengubah karbon dioksida dan air menjadi makanan ber wujud glukosa dan oksigen
  • Pembentukan vitamin D

6.    Sinar X

  • Memeriksa barang di bandara
  • Analisis struktur bahan
  • Memotret organ tubuh membantu diagnosis kedokteran

7.    Sinar Gamma

  • Terapi kanker
  • Sterilisasi makanan
  • Pembuatan varietas tanaman unggul
  • Mengurangi populasi hama

Bahaya Radiasi Gelombang Elektromagnetik

Bahaya Radiasi Gelombang Elektromagnetik

Sudah banyak hasil penelitian yang membahas tentang bahaya radiasi gelombang elek tro magnetik. Berbagai alat elektronik di sekitar kita memancarkan radiasi elektromagetik. Beberapa ba haya yang ditimbulkan radiasi elektromagnetik antara lain :

  • Merusak mata
  • Kerusakan jaringan tubuh
  • Memicu kanker

Mari kita bahas satu persatu bahaya radiasi tersebut yang ada di berbagai alat di lingkungan kehidupan kita:
1.    Laptop
Perangkat ini ternyata selain memberi man faat yang sangat banyak juga berbahaya untuk kesehatan kita. Perangkat laptop ma sa kini sebagian besar menggunakan layar mo nitor LED (light emitting diode) yang menghasilkan radiasi cahaya secara langsung ke indera penglihatan.
 

sumber: jayjun.co.id

  • Merusak mata
    Radiasi pada layar laptop mempunyai intensitas yang tinggi sehingga saraf mata terpaksa menerima energi yang berlebihan yang dapat menurunkan kapabilitasnya. Saraf bisa rusak sehingga indera penglihatan menurun kemampuannya
  • Gangguan pada otak
    Gangguan pada saraf mata terhubung langsung ke otak sehingga menimbulkan penurunan fungsi otak.
  • Gangguan pada tulang punggung
    Posisi duduk yang tidak sempurna pada saat mengamati laptop dapat menimbulkan ruasruas pada tulang punggung bergeser tidak pada posisi yang seharusnya.

2.    Handphone (HP)
Berdasarkan beberapa penelitian tentang bahaya radiasi elektromagnetik dari HP atau te lepon seluler (ponsel). Ternyata terdapat beberapa akibat yang merugikan bagi manusia.

  • Mengganggu ingatan manusia
    Pada saat melakukan kontak telpon, maka HP akan bekerja maksimal dalam mencari sinyal yang menyebabkan bagian telinga dan sekitarnya terpapar radiasi terus menerus. Ja di hindari sering me nelpon dalam waktu lama. Gunakan headset atau loudspeaker agar HP tidak begitu dekat dengan telinga.
  • Menyebabkan kanker otak
    Penggunaan ponsel jangka waktu lama dan kontinu dapat menyebabkan kan ker otak. Ra diasi HP atau ponsel hampir setara dengan gelombang mikro yang bisa mengubah sruk tur sel. Jadi hindari menggunakan ponsel dalam jangka waktu lama dan te rus-menerus.

3.    Komputer

Perangkat komputer yang sering kita gunakan bisa menyebabkan berbagai penyakit sebagai be rikut. Pada umumnya layar monitor komputer masih menggunakan LCD (liquid Crystal display) yang lebih aman daripada LED (light emitting diode).

sumber: shopify.com

  • Rabun Mata
    Pancaran radiasi spektrum gelombang elektromagnetik dengan intensitas tinggi dari layar komputer dapat mem penga ruhi saraf mata yang berdampak pada penurunan daya lihat.
  • Katarak
    Katarak merupakan penyakit mata akibat adanya sejenis zat sisa protein yang menumpuk pada lapisan lensa mata. Katarak bisa diakibatkan dari gelombang ultraviolet yang terpancar dari layar komputer.
  • Epilepsi
    Epilepsi merupakan sejenis penyakit akibat gangguan sistem saraf pusat pada otak. Penyakit epilepsi bisa dipicu oleh adanya kilatan radiasi cahaya dari layar komputer. 

Kita dapat mengurangi atau mencegah dampak tersebut dengan cara, sebagai berikut: 

  1. Istirahat selama 5 menit untuk melihat lingkungan luar seperti pohon hijau atau objek yang jarak pandangnya cukup jauh setelah beraktivitas di depan computer selama 50 menit. 
  2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layar monitor LED lebih merusak mata dibanding LCD, karena LED menghasilkan radiasi gelombang cahaya secara langsung, sementara pa da LCD cahaya dipancarkan melalui kristal cair. 
  3. Atur jarak pandang dengan monitor sekurang kurangnya 40-60 cm

4.    Televisi
Tanpa kita sadari ternyata televisi juga memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Radiasi gelombang elektromagnetik berupa spektrum cahaya dapat merusak indera penglihatan manusia. Apalagi televisi yang ada sekarang memiliki layar monitor LED (light emiting diode) yang menghasilkan radiasi gelombang cahaya dengan intensitas cukup tinggi. Oleh karena itu jaga jarak aman minimal sekitar 2 m dari layar monitor.
 

1.

Perhatikan gambar urutan spektrum gelombang elektromagnetik di bawah ini!
 

Ciri gelombang elektromagnetik yang ditunjukkan tanda panah adalah ....


A. Tidak mengalami hamburan, memiliki efek panas
B. Mengalami hamburan di atmosfer, memiliki efek kimia
C. Energinya besar, memiliki daya tembus besar
D. Daya tembusnya sangat besar, dihasilkan oleh inti atom
E. Dapat mendeteksi keberadaan suatu objek

JAWABAN BENAR

E.

Dapat mendeteksi keberadaan suatu objek

PEMBAHASAN

Urutan spektrum gelombang elektromagnetik dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi berdasarkan gambar pada soal adalah:

•    gelombang radio dan TV
•    gelombang mikro (1)
•    inframerah
•    cahaya tampak (2)
•    ultraviolet 
•    sinar X (3)
•    sinar gamma
Anak panah pada gambar di atas menunjuk nomor 1, yaitu gelombang mikro. Gelombang mikro mempunyai ciri-ciri:

•    mengalami hamburan (semua gelombang elektromagnetik)
•    memiliki efek panas (digunakan pada oven microwave)
•    dapat mendeteksi keberadaan suatu objek (digunakan sebagai RADAR)
•    frekuensinya rendah sehingga energinya kecil (E = hf)
•    panjang gelombangnya besar sehingga daya tembusnya kecil
Jadi, ciri gelombang elektromagnetik yang ditunjukkan anak panas (gelombang mikro) di antaranya adalah dapat mendeteksi keberadaan suatu objek (E).
 

2.

Kerjakan soal dibawah ini dengan benar !

Kegunaan sinar inframerah dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk ....


A. Memasak makanan
B. Pemancar radio fm
C. Remote control
D. Menghitung luas hutan dengan bantuan foto
E. Foto tempat-tempat yang mengalami polusi

JAWABAN BENAR

C.

Remote control

PEMBAHASAN

Di antara kegunaan sinar inframerah adalah:

•    Diagnosa penyakit,
•    Terapi fisik,
•    Mengeringkan cat kendaraan dengan cepat,
•    Remote control,
•    Teleskop inframerah, dan
•    Pemetaan sumber daya alam.
Jadi, salah satu kegunaan sinar inframerah dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai remote control (C).
 

3.

Perhatikan soal berikut ini !

Pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam pengobatan memiliki efek menyembuhkan dan dapat merusak. Jenis gelombang elektromagnetik yang energinya paling besar sehingga dapat merusak jaringan sel manusia adalah ….


A. Inramerah
B. Gelombang Mikro
C. Sinar Gamma
D. Ultraviolet
E. Cahaya Tampak

JAWABAN BENAR

C.

Sinar Gamma

PEMBAHASAN

Berdasarkan rumus di atas, energi gelombang elektromagnetik (E) berbanding lurus dengan frekuensi (f) atau berbanding terbalik dengan panjang gelombangnya (λ).
Dengan demikian, energi gelombang elektromagnetik terbesar adalah gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi tertinggi atau panjang gelombang terpendek, yaitu sinar γ
Jadi, gelombang elektromagnetik yang memiliki energi paling besar adalah sinar gamma (C).
 

4.

Kerjakan soal dibawah ini !

Sebagai pembawa sinyal, gelombang radio dapat dikelompokan menjadi dua macam, yaitu…


A. AM dan HF
B. Radar dan Sonar
C. UHF dan VHF
D. FM dan AM
E. MW dan SW

JAWABAN BENAR

D.

FM dan AM

PEMBAHASAN

Sebagai pembawa sinyal, gelombang radio dapat dikelompokkan menjadi dua macam, gelombang AM (Amplitudo Modulation ) dan Gelombang FM ( Frecuency Modulation )

5.

Kerjakan soal dibaah ini !

Sistem komunukasi seluler menggunakan bagian spektrumgelombang elektromagnetik yaitu….


A. Sinar inframerah
B. Sinar Ultraviolet
C. Gelombang AM
D. Cahaya Tampak
E. Gelombang Mikro

JAWABAN BENAR

E.

Gelombang Mikro

PEMBAHASAN

Selain dalam sistem radar, gelombang mikro banyak digunakan dalam telekomunuikasi, misalnya dalam sistem komunikasi seluler ( Ponsel atau HP )

redesain-navbar Portlet