APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Fisika

Sumber Energi

MATERI

Jenis Sumber Energi

Sumber energi adalah yang dapat menghasilkan energi, baik secara langsung maupun melalui proses konversi. Setiap hari kamu pasti membutuhkan energi untuk menjalankan berbagai aktivitas. Contoh sederhananya yaitu ketika kamu berjalan atau menggerakan tubuh. Energi itu diperoleh melalui proses oksidasi (pembakaran) zat makanan yang masuk dalam tubuh berupa makanan.

Kegiatan manusia lainnya seperti menghangatkan atau mendinginkan rumah, menjalankan mesin pabrik atau kendaraan, menghidupakan lampu juga memerlukan energi yang diperoleh dari bahan sumber energi.

Jika dilihat dari ketersediaannya di alam, energi dibagi menjadi dua yaitu Energi Terbarukan dan Energi Tak Terbarukan.

Sumber Energi Terbarukan

Sumber energi yang bisa diperbarui sehingga dalam penggunaannya dapat dengan cepat dan mudah didapatkan. Sumber energi terbarukan ini ketersediannya tidak terbatas dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus. Sumber energi ini memiliki kelebihan tidak mencemari lingkungan.

Contoh energi terbarukan diantaranya :

Biofuel
Biofuel atau bahan bakar hayati adalah sumber energi terbarukan berupa bahan bakar (baik padat, cair, dan gas) yang dihasilkan dari bahan-bahan organik.

Biomassa
Biomassa adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum lama mati. Sumber biomassa antara lain bahan bakar kayu, limbah dan alkohol.

Biomassa dapat pula dikonversi atau diubah menjadi bentuk lain seperti gas metana (biogas), ethanol, dan biodiesel.

Panas Bumi
Energi panas bumi atau geothermal adalah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Energi panas bumi diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Air
Energi air adalah salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum. Sumber energi ini didapatkan dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki air.

Angin
Energi angin atau bayu adalah sumber energi terbarukan yang dihasilkan oleh angin. Kincir angin digunakan untuk menangkap energi angin dan diubah menjadi energi kinetik atau listrik.

Matahari
Energi matahari atau surya adalah energi terbarukan yang bersumber dari radiasi sinar dan panas yang dipancarkan matahari.

Gelombang Laut
Energi gelombang laut atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang air laut.

Pasang Surut
Energi pasang surut air laut adalah energi terbarukan yang bersumber dari proses pasang surut air laut. Terdapat dua jenis sumber energi pasang surut air laut, pertama adalah  perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut. Yang kedua adalah arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil.

Sumber Energi tak Terbarukan

Sumber energi dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaru artinya ketersediaannya di alam ini terbatas karena proses pembentukannya yang memerlukan waktu yang sangat lama.

Contoh energi tak terbarukan diantaranya :

Batu Bara
Batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan.

Minyak Bumi
Minyak Bumi adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak Bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya.

Gas Alam
Gas alam sering juga disebut sebagai gas bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana (CH4). Gas alam berkumpul di bawah kerak bumi dan seperti minyak mentah, harus dibor dan dipompa keluar.

1.

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Berikut ini contoh sumber energi tak terbarukan, kecuali ....


A. gas alam
B. batu bara
C. minyak bumi
D. ombak laut
E. solar

JAWABAN BENAR

D.

ombak laut

PEMBAHASAN

Energi tak terbarukan merupakan energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun. Hal ini karena, disamping waktu terbentuknya yang sangat lama, cara terbentuknya lingkungan tempat terkumpulkan bahan dasar sumber energi inipun tergantung dari proses dan keadaan geologi saat itu. Contoh dari energi tak terbarukan diantaranya gas alam, batu bara dan minyak bumi. Solar merupakan hasil olahan dari minyak bumi.

2.

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Manfaat dari penggunaan sumber energi terbarukan diantaranya, kecuali ...


A. ramah lingkungan
B. tersedia jumlah banyak
C. langka diperoleh
D. bebas polusi
E. Mudah dikembangkan

JAWABAN BENAR

A.

ramah lingkungan

PEMBAHASAN

Energi terbarukan memiliki manfaat yang baik yaitu bersifat ramah lingkungan. Hal ini karena energi terbarukan berasal langsung dari tenaga yang dihasilkan oleh proses alam, contohnya energi yang dihasilkan oleh sinar matahari proses penggelolaannya tidak akan mengeluarkan polusi. Selain itu, manfaat energi terbarukan diantaranya yakni membantu mengurangi ketergantungan dalam menggunakan bahan bakar fosil, tersedianya dalam jumlah banyak, mudah dikembangkan.

3.

Perhatikan beberapa sumber energi berikut ini !

  1. Air terjun
  2. Angin
  3. Sinar matahari
  4. Batu bara
  5. Minyak bumi

Manakah yang terasuk sumber energi energi alternatif?


A. 1,2 dan 3
B. 1,2 dan 4
C. 1,3 dan 5
D. 1,2,3 dan 4
E. 1,2,3 dan 5

JAWABAN BENAR

B.

1,2 dan 4

PEMBAHASAN

Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang bisa diperbarui sehingga dalam penggunaannya dapat dengan cepat dan mudah didapatkan. Sumber energi ini adalah air terjun, angin, dan sinar matahari.

4.

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Apakah keuntungan daru sumber energi alternatif ?


A. prosesnya tidak berkelanjutan
B. ketersediaan nya terbatas
C. sudah dimanfaatkan secara maksimal
D. tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan
E. tidak dapat diperbarui

JAWABAN BENAR

D.

tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan

PEMBAHASAN

Salah satu keuntungan dari energi alternatif adalah tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan. Misalnya pemanfaatan energi angin yang digunakan untuk PLTA

5.

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Sumber energi terbarukan berupa bahan bakar yang dihasilkan dari bahan-bahan organik merupakan jenis....


A. biofuel
B. biomassa
C. biodiesel
D. pasang surut
E. tenaga surya

JAWABAN BENAR

A.

biofuel

PEMBAHASAN

Biofuel atau bahan bakar hayati adalah sumber energi terbarukan berupa bahan bakar (baik padat, cair, dan gas) yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. 

6.

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Diantara sumber energi berikut yang dipertimbangkan sebagai energi tak terbarukan adalah energi …


A. Bahan bakar fosil
B. Sinar matahari
C. Panas bumi
D. Pasang surut
E. Angin

JAWABAN BENAR

A.

Bahan bakar fosil

PEMBAHASAN

Energi tak terbarukan adalah energi yang asalnya dari sumber-sumber yang terbatas jumlahnya di Bumi prosesnya tidak berkelanjutan sehingga pada saatnya sumber energi ini akan habis. Energi tak terbarukan antara lain energi fosil (minyak bumi, gas alam, dan batu bara).

7.

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Sumber energi yang memiliki kelebihan tidak mencemari lingkungan adalah …


A. Sumber energi tak terbarukan
B. Sumber energi terbarukan
C. Sumber daya alam
D. Sumber daya manusia
E. Sumber energi listrik

JAWABAN BENAR

B.

Sumber energi terbarukan

PEMBAHASAN

Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang bisa diperbarui sehingga dalam penggunaannya dapat dengan cepat dan mudah didapatkan. Sumber energi terbarukan ini ketersediannya tidak terbatas dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus. Sumber energi ini memiliki kelebihan tidak mencemari lingkungan.

redesain-navbar Portlet