APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Kimia

Sifat Koligatif Larutan

MATERI

Penurunan Tekanan Uap

Sobat, coba deh kalian perhatikan gambar di bawah ini, kok bisa ya orang bisa mengapung di atas air ?
Fenomena di bawah ini terjadi di laut mati Sobat.

Molekul–molekul zat cair yang meninggalkan permukaan menyebabkan adanya tekanan uap zat cair. Semakin mudah molekul–molekul zat cair berubah menjadi uap, makin tinggi pula tekanan uap zat cair.

Apabila tekanan zat cair tersebut dilarutkan oleh zat terlarut yang tidak menguap, maka partikel–partikel zat terlarut ini akan mengurangi penguapan molekul–molekul zat cair.

Laut mati adalah contoh dari terjadinya penurunan tekanan uap pelarut oleh zat terlarut yang tidak mudah menguap. Air berkadar garam sangat tinggi ini terletak di daerah gurun yang sangat panas dan kering, serta tidak berhubungan dengan laut bebas, sehingga konsentrasi zat terlarutnya semakin tinggi.

Pada saat berenang di laut mati, kita tidak akan tenggelam karena konsentrasi zat terlarutnya yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja, dapat dimanfaatkan sebagai sarana hiburan atau rekreasi bagi manusia. Penerapan prinsip yang sama dengan laut mati dapat kita temui di beberapa tempat wisata di Indonesia yang berupa kolam apung.

Penurunan Titik Beku

Coba deh, Sobat kalian perhatikan gambar di bawah ini, hmmmm seger banget ya ? Apa lagi kalau siang-siang dan lagi haus. Ternyata ada hubungannya loh sama penurunan titik beku.

Adanya zat terlarut dalam larutan akan mengakibatkan titik beku larutan lebih kecil daripada titik beku pelarutnya.

Cairan pendingin adalah larutan berair yang memiliki titik beku jauh di bawah 0oC. Cairan pendingin digunakan pada pabrik es, juga digunakan untuk membuat es putar. Cairan pendingin dibuat dengan melarutkan berbagai jenis garam ke dalam air.

Pada pembuatan es putar cairan pendingin dibuat dengan mencampurkan garam dapur dengan kepingan es batu dalam sebuah bejana berlapis kayu. Pada pencampuran itu, es batu akan mencair sedangkan suhu campuran turun.

Sementara itu, campuran bahan pembuat es putar dimasukkan dalam bejana lain yang terbuat dari bahan stainless steel. Bejana ini kemudian dimasukkan ke dalam cairan pendingin, sambil terus-menerus diaduk sehingga campuran membeku.

Contoh penerapan penurunan titik beku yang lain adalah:

  • Antibeku pada radiator mobil
  • Antibeku untuk mencairkan salju di jalan
  • Penggunaan es batu untuk tetap membuat ikan segar

Kenaikan Titik Didih

Di dunia industri, kenaikan titik didih sangat penting dipelajari dan dipahami karena pada suatu proses bahan industri perlu diketahui kenaikan titik didihnya.

Distilasi

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Crude_Oil_Distillation.png

Coba deh, kalian perhatikan gambar di atas ini! Apakah Sobat tau, distilasi itu bagaimana?

Dalam proses distilasi kita harus mengetahui titik didih tiap senyawa yang dicampur agar waktu yang diperlukan, kecepatan menguap pada campuran tersebut dapat diketahui. Kenaikan titik didih juga digunakan untuk mengklasifikasikan bahan bakar yang digunakan sehari-hari.

Air mendidih

Titik didih zat cair adalah suhu tetap pada saat zat cair mendidih. Pada suhu ini, tekanan uap zat cair sama dengan tekanan udara di sekitarnya. Hal ini menyebabkan terjadinya penguapan di seluruh bagian zat cair. Titik didih zat cair diukur pada tekanan 1 atmosfer.

Dari hasil penelitian, ternyata titik didih larutan selalu lebih tinggi dari titik didih pelarut murninya. Hal ini disebabkan adanya partikel-partikel zat terlarut dalam suatu larutan menghalangi peristiwa penguapan partikel-partikel pelarut.

Oleh karena itu, penguapan partikel-partikel pelarut membutuhkan energi yang lebih besar. Perbedaan titik didih larutan dengan titik didih pelarut murni disebut kenaikan titik didih. Contohnya air mendidih pada 100oC.

Tekanan Osmotik


Mengontrol Bentuk Sel


Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Tekanan_osmotik

Coba Sobat perhatikan gambar di atas! 

Larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmosis yang sama disebut isotonik. Larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmosis lebih rendah daripada larutan lain disebut hipotonik. Sementara itu, larutan-larutan yang mempunyai tekanan osmosis lebih tinggi daripada larutan lain disebut hipertonik.

Contoh larutan isotonik adalah cairan infus yang dimasukkan ke dalam darah. Cairan infus harus isotonik dengan cairan intrasel agar tidak terjadi osmosis, baik ke dalam ataupun ke luar sel darah. Dengan demikian, sel-sel darah tidak mengalami kerusakan.

Mesin Cuci Darah

Pasien penderita gagal ginjal harus menjalani terapi cuci darah. Terapi menggunakan metode dialisis, yaitu proses perpindahan molekul kecil-kecil seperti urea melalui membran semipermeabel dan masuk ke cairan lain, kemudian dibuang. Membran tak dapat ditembus oleh molekul besar seperti protein sehingga akan tetap berada di dalam darah.

Pengawetan Makanan

Sobat, coba deh kalian perhatikan gambar di atas ini!

Sebelum teknik pendinginan untuk mengawetkan makanan ditemukan, garam dapur digunakan untuk mengawetkan makanan. Garam dapat membunuh mikroba penyebab makanan busuk yang berada di permukaan makanan.

1.

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Yang merupakan penerapan sifat koligatif penurunan titik beku adalah...


A. laut mati
B. air mendidih
C. pembuatan es puter
D. cuci darah
E. pengawetan makanan

JAWABAN BENAR

C.

pembuatan es puter

PEMBAHASAN

Pembuatan es puter merupakan penerapan sifat koligatif penurunan titi beku dengan memanfaatkan titik beku yang turun akibat penambahan garam.

2.

Kerjakan soal berikut!

Yang bukan merupakan penerapan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari adalah....


A. korosi
B. destilasi
C. penyerapan air pada akar
D. pengawet makanan
E. antibeku pada salju

JAWABAN BENAR

A.

korosi

PEMBAHASAN

Penyerapan air pada akar, destilasi, pengawet makanan, dan antibeku pada salju merupakan penerapan sifat koligatif pada kehidupan sehari-hari, kecuali korosi.

3.

Jawablah soal berikut dengan benar!

Mesin cuci darah merupakan fenomena sifat koligatif larutan yaitu....


A. elektrolisis
B. penurunan tekanan uap
C. tekanan osmotik
D. kenaikan titik didih
E. penurunan titik beku

JAWABAN BENAR

C.

tekanan osmotik

PEMBAHASAN

Mesin cuci darah merupakan fenomena sifat koligatif larutan tekanan osmotik.

4.

Jawablah  soal berikut ini!

Pada saat berenang di laut mati maupun di kolam apung kita tidak akan tenggelam. Peristiwa ini merupakan fenomena sifat koligatif larutan yaitu....


A. elektrolisis
B. penurunan tekanan uap
C. tekanan osmotik
D. kenaikan titik didih
E. penurunan titik beku

JAWABAN BENAR

B.

penurunan tekanan uap

PEMBAHASAN

Pada saat berenang di laut mati atau kolam apung, kita tidak akan tenggelam karena konsentrasi zat terlarutnya yang sangat tinggi. Laut mati adalah contoh dari terjadinya penurunan tekanan uap pelarut oleh zat terlarut yang tidak mudah menguap.

5.

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Pengawetan makanan dengan penaburan garam merupakan merupakan fenomena sifat koligatif larutan yaitu....


A. penurunan tekanan uap
B. tekanan osmotik
C. kenaikan tekanan uap
D. penurunan titik beku
E. kenaikan titik beku

JAWABAN BENAR

B.

tekanan osmotik

PEMBAHASAN

Pengawetan makanan dengan penaburan garam merupakan penerapan dari tekanan osmotik. Garam akan membunuh mikroba yang terdapat pada permukaan makanan. 

redesain-navbar Portlet