APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Laporan Hasil Observasi

MATERI

Struktur Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Terdapat dua struktur utama yang membantu teks laporan hasil observasi sehingga menjadi satu kesatuan, struktur teksnya yaitu :

a. Pernyataan umum (klasifikasi)

Pembuka atau pengantar mengenai hal yang dilaporkan. Pada tahap ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.

b. Anggota/aspek yang dilaporkan

Bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.

Struktur lain dari teks laporan observasi yaitu:

1. Definisi umum merupakan pembukaan yang berisi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas di dalam teks

2. Definisi bagian merupakan bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf “penjelasan rinci”

3. Definisi manfaat merupakan bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan Penutup merupakan bagian rincian akhir dari teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Kaidah Kebahasaan Teks Hasil Observasi:

  1. Teks laporan hasil observasi mempunyai/menggunakan unsur/kaidah kebahasaan tertentu, yaitu: Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi. Frasa nomina adalah gabungan kata yang memiliki inti berupa kata benda seperti pertandingan sepak bola, sepeda motor, dan lainnya.
  2. Menggunakan verba relasional, yaitu verba yang berfungsi sebagai penghubung antara subjek dengan pelengkap, seperti ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dll.
  3. Menggunakan verba aktif, yaitu verba yang digunakan untuk menjelaskan perilaku subjek, seperti bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dsb.
  4. Menggunakan kata penghubung yang menyatakan tambahan (dan, serta); perbedaan (berbeda dengan); persamaan (sebagaimana, seperti halnya); pertentangan (tetapi, sedangkan, namun); dan pilihan (atau).
  5. Menggunakan topik khusus yang dijelaskan dalam keseluruhan paragraf. Untuk menentukan topik dalam suatu paragraf, perhatikan kata yang paling banyak diulang, bisa juga dengan membaca kalimat pertama dan akhir paragraf, sebab topik sering kali ditulis di awal atau akhir paragraf.
  6. Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, yaitu kata yang hanya berhubungan dalam satu bidang tertentu, seperti herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, yang berhubungan dengan ilmu biologi.

Selanjutnya, isi dalam teks LHO terdiri atas tiga bagian, yaitu :

1. Pendahuluan, di dalam pendahuluan, teks laporan hasil observasi berisikan tentang penjelasan umum atau klarifikasi atau definisi umum.
2. Isi, di dalam isi teks laporan hasil observasi terdapat
3. Struktur, yaitu:
    a. Definisi umum
    b. Definisi Bagian dan
    c. Definisi manfaat
4. Penutup, di bagian penutup terdapat kesimpulan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Dilengkapi Strukturnya 

Cinta Lingkungan

Definisi Umum:

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.

Deskripsi Bagian:

Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo. Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah satunya, adalah kawasan Gunung Kidul. Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikanberkembang biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran. Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling pengaruh.

Deskripsi Manfaat:

Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.

1.

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Deskripsi bagian pada teks laporan hasil observasi berisi ….


A. keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan
B. perincian hal-hal yang dilaporkan
C. pendapat penulis tentang hal yang dilaporkan
D. ringkasan umum tentang bagian-bagian dari hal yang dilaporkan

JAWABAN BENAR

B.

perincian hal-hal yang dilaporkan

PEMBAHASAN

Terdapat tiga struktur dalam teks laporan hasil observasi, yaitu pernyataan umum, deskripsi bagian, dan simpulan. Pernyataan umum berisi definisi atau keterangan umum tentang subjek yang dilaporkan, deskripsi bagian berisi perincian hal-hal yang dilaporkan, dan simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

2.

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Bagian teks laporan hasil observasi berisikan tentang penjelasan umum atau klarifikasi atau definisi umum adalah ...


A. Penutup
B. Struktur
C. Pendahuluan
D. Isi

JAWABAN BENAR

C.

Pendahuluan

PEMBAHASAN

Pendahuluan, di dalam pendahuluan, teks laporan hasil observasi berisikan tentang penjelasan umum atau klarifikasi atau definisi umum.

redesain-navbar Portlet