APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Pemanasan Global

MATERI

Pengertian

Sobat Pintar!, kali ini kita akan belajar tentang Efek Rumah Kaca

Di atmosfer Bumi terdapat banyak gas-gas rumah kaca alami. Siklus air, karbon dioksida (CO2), dan metana adalah beberapa bagian penting yang ada di dalamnya. Tanpa adanya gas-gas rumah kaca tersebut, kehidupan di Bumi tidak akan terjadi.

Seperti halnya planet Mars, Bumi juga akan menjadi sangat dingin apabila tidak terdapat gas-gas rumah kaca di atmosfernya. Sebaliknya, jika jumlah gas-gas rumah kaca terus bertambah di atmosfer, maka suhu Bumi akan terus meningkat.

Efek rumah kaca adalah peningkatan suhu bumi yang diakibatkan kenaikan konsentrasi gas rumah kaca di seperti karbon dioksida dan karbon monoksida yang tinggi di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO) ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara, dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Proses terjadinya efek rumah kaca berkaitan dengan daur aliran panas matahari. Dimulai ketika kurang lebih 30% radiasi matahari yang mencapai tanah dipantulkan kembali ke angkasa dan diserap oleh uap air, gas karbon dioksida, nitrogen, oksigen, dan gas-gas lain di atmosfer. Sisanya yang 70% diserap oleh tanah, laut, dan awan.

Oleh sebab itu pada malam hari tanah dan air relatif lebih hangat daripada udara diatasnya. Energi yang terserap diradiasikan kembali ke atmosfer sebagai radiasi inframerah dan radiasi gelombang panjang.

Sebagian besar radiasi inframerah tersebut akan tertahan oleh karbon dioksida dan uap air di atmosfer. Hanya sebagian kecil akan lepas ke angkasa. Akibatnya terjadi peningkatan suhu bumi yang diakibatkan kenaikan konsentrasi gas rumah kaca.

Para ilmuwan telah mempelajari efek rumah kaca sejak tahun 1824. Joseph Fourier menyatakan bahwa Bumi akan jauh lebih dingin jika tidak memiliki atmosfer. Adanya gas-gas rumah kaca inilah yang membuat iklim Bumi layak huni. Tanpa adanya efek rumah kaca, permukaan Bumi akan berubah sekitar 60oF atau 15,6oC lebih dingin.

Dampak Negatif Efek Rumah Kaca

Yuk kita lanjut ke Dampak Negatif Efak Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan salah satu penyebab terjadinya fenomena pemanasan global, pemanasan global sendiri memiliki pengertian sebagai naiknya suhu rata-rata dipermukaan bumi baik didarat maupun dilaut. Efek rumah kaca sangatlah mengkhawatirkan, karena bisa berdampak negatif bagi kehidupan dibumi.

Sebenarnya tidak ada dampak efek rumah kaca yang secara langsung dirasakan bagi kehidupan, tetapi efek rumah kaca ini menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global yang sangat dampaknya begitu sangat mengkhawatirkan.

Dan inilah berbagai macam pemanasan global bagi kehidupan dimuka bumi:

  • Semakin lama suhu dipermukaan bumi semakin panas.
  • Terjadinya anomali cuaca antara siang dan malam.
  • Salju-salju atau es-es abadi didaerah Kutub mencair
  • Meningkatnya permukaan air laut.
  • Meningkatnya intensitas terjadinya badai.
  • Sering terjadinya bencana alam.
  • Terjadinya fenomena kekeringan dan gagal panen.
  • Produksi pertanian semakin lama semakin menurun.
  • Terjadinya bencana kelaparan dan gizi buruk.
  • Merebaknya berbagai macam penyakit.
  • Diprediksikan jutaan spesies mahluk hidup akan punah.

1.  Berikut ini yang bukan termasuk akibat dari “efek rumah kaca” adalah …..
A.  Berkurangnya areal hutan
B.  Meningkatnya kematian manusia karena penyakit
C. Naiknya suhu bumi
D. Turunnya permukaan air laut

JAWABAN BENAR

D.

Turunnya permukaan air laut

PEMBAHASAN

Efek rumah kaca dapat berdampak pada pemanasan global yang menyebabkan suhu Bumi menjadi panas sehingga makhluk hidup sulit untuk bertahan hidup. Selain itu daratan es di kutub akan mencair dan menyebabkan naiknya permukaan laut.

2. Efek rumah kaca terjadi akibat kenaikan gas rumah kaca, gas rumah kaca yang dimaksud adalah ...
A. O2 dan O3
B. NO dan NO2
C. CO2 dan CO
D. H2 dan H2O

JAWABAN BENAR

C.

CO2 dan CO

PEMBAHASAN

Efek rumah kaca adalah peningkatan suhu bumi yang diakibatkan kenaikan konsentrasi gas rumah kaca di seperti karbon dioksida dan karbon monoksida yang tinggi di atmosfer.

redesain-navbar Portlet