APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Suhu, Kalor, dan Perubahannya

MATERI

Jenis-jenis Termometer

Sobat Pintar!, kita akan belajar tentang Suhu

Suhu sebuah benda adalah tingkat (derajat) panas suatu benda. Benda yang panas mempunyai derajat panas lebih tinggi daripada benda yang dingin.

Hasil kegiatan penyelidikanmu menunjukkan bahwa indra perasa memang dapat merasakan tingkat panas benda. Akan tetapi, indra perasa bukan pengukur tingkat panas yang andal.

Benda yang tingkat panasnya sama dirasakan berbeda oleh tangan kanan dan kirimu. Jadi, suhu benda yang diukur dengan indra perasa menghasilkan ukuran suhu kualitatif yang  tidak dapat dipakai sebagai acuan. Suhu harus diukur secara kuantitatif dengan alat ukur suhu yang disebut termometer.

Berikut adalah jenis-jenis termometer:

Termometer Zat Cair
Secara umum, benda-benda di alam akan memuai (ukurannya bertambah besar) jika suhunya naik. Kenyataan ini dimanfaatkan untuk membuat termometer dari zat cair. Perhatikan Gambar dibawah. Cairan terletak pada tabung kapiler dari kaca yang memiliki bagian penyimpan (reservoir/ labu).

Zat cair yang digunakan umumnya raksa atau alkohol jenis tertentu. Raksa memiliki keistimewaan, yaitu warnanya mengkilat dan cepat bereaksi terhadap perubahan suhu. Selain itu, raksa membeku pada suhu rendah (-38oC) dan mendidih pada suhu yang tinggi (lebih dari 350oC) sehingga dapat mengukur suhu pada rentang suhu yang lebar. Namun, raksa sangat beracun, sehingga berbahaya jika termometer pecah.

Alkohol untuk pengisi termometer biasanya diberi pewarna biru atau merah. Rentang suhu yang dapat diukur bergantung jenis alkohol yang digunakan,

contohnya:

  • Toluen, dengan rentang -90oC hingga 100oC
  • Ethyl alcohol, dengan rentang -110oC hingga 100oC

 

Termometer Bimetal
Perhatikan dua logam yang jenisnya berbeda dan dilekatkan menjadi satu pada Gambar dibawah. Jika suhunya berubah, bimetal akan melengkung.

Mengapa? Karena logam yang satu memuai lebih panjang dibanding yang lain. Hal ini dimanfaatkan untuk membuat termometer.

Termometer Kristal Cair
Terdapat kristal cair yang warnanya dapat berubah jika suhu berubah. Kristal ini dikemas dalam plastik tipis, untuk  mengukur suhu tubuh, suhu akuarium,  dan sebagainya.

Skala Suhu

Sobat pintar, berapa suhu tubuh manusia sehat? Ya, kamu akan menjawab 37oC.

Huruf C kependekan dari Celcius, salah satu contoh satuan suhu atau skala suhu. Saat ini, dikenal beberapa skala suhu, misalnya Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin.

Kegiatan di atas merupakan metode yang dilakukan untuk menentukan skala pada termometer. Dengan cara demikian juga, Celcius, Fahrenheit, dan Reamur membuat skala termometer. Kelvin merupakan skala suhu dalam SI.

Skala Kelvin menggunakan nol mutlak, tidak menggunakan “derajat”. Pada suhu nol Kelvin, tidak ada energi panas yang dimiliki benda. Perbedaan antara skala itu adalah  angka pada titik tetap bawah dan titik tetap atas pada skala termometer tersebut.

 

1.

Jawablah soal berikut ini!

Termometer adalah perangkat yang dapat mengukur suhu atau perubahan suhu. Dibawah ini merupakan contoh thermometer yang termasuk jenis dengan ciri khusus ……..


A. Termometer bimetal: termometer yang memanfaatkan perbedaan pemuaian antar dua jenis logam.
B. Termometer digital: termometer yang menggunakan sensor digital dan layar LCD untuk menunjukkan tingkat suhu.
C. Termometer probe: termometer yang memiliki ujung sensor yang runcing dan terhubung kabel yang cukup panjang.
D. Termometer resistensi: termometer yang digunakan untuk mengukur suhu antara –250 dan 700 derajat celcius.

JAWABAN BENAR

A.

Termometer bimetal: termometer yang memanfaatkan perbedaan pemuaian antar dua jenis logam.

PEMBAHASAN

Sesuai namanya yaitu “bi” yang berarti dua dan “metal” yang berarti logam, termometer ini menggunakan perbedaan pemuaian antara 2 keping logam dengan koefisien pemuaian yang beda. Pengukuran suhu didasarkan pada arah lengkungan kepingan logam, apakah ke arah logam dengan koefisien muai yang lebih besar ataukah lebih kecil. Termometer jenis ini umumnya digunakan untuk pengukuran suhu alat-alat seperti kompor, oven dan pemanggang.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Air raksa sering kali digunakan sebagai pengisi tabung thermometer dikarenakan, kecuali……


A. Warnanya mengkilat keperakan
B. Pemuaiannya teratur
C. Tidak membasahi dinding kaca
D. Lebih teliti untuk mengukur suhu rendah

JAWABAN BENAR

D.

Lebih teliti untuk mengukur suhu rendah

PEMBAHASAN

Kelebihan thermometer air raksa adalah mudah dilihat karena mengkilat, Pemuaiannya sangat teratur, Terpanasi secara merata, sehingga perubahan suhu sangat cepat, Air Raksa tidak membasahi dinding pipa kapiler, sehingga pengukurannya menjadi teliti, Air Raksa cepat mengambil panas dari suatu benda yang sedang diukur. Sedangkan sangat teliti untuk mengukur suhu rendah adalah kelebihan thermometer alco

redesain-navbar Portlet