APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

MATERI

Kegiatan Produksi

Apa sih kegiatan produksi itu?

Kegiatan produksi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi ini disebut dengan produsen.

 

Tujuan Kegiatan Produksi

Tujuan dari kegiatan produksi yaitu untuk memenuhi kebutuhan para pembeli atau konsumen dan mencari keuntungan dalam menghasilkan barang dan jasa. Kegiatan produksi ini secara garis besar digunakan untuk memenuhi kebutuh pasar yang dibutuhkan oleh konsumen.



Sumber: tribunnews.com

 

Faktor Kegiatan Produksi

1. Faktor Asli
a. Faktor Produksi Alam
Faktor produksi alam merupakan semua kekayaan alam yang terdapat di alam semesta yang dapat digunakan produsen dalam proses produksi. Faktor produksi ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh manusia.
Contoh: Air, udara, sinar matahari, barang tambang, dll.

Sumber: rosellaherb.wordpress.com

b. Sumber Daya Manusia (SDM)
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan tenaga kerja yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan kegiatan produksi. Tenaga kerja ini merupakan elemen penting dalam terselenggaranya kegiatan produksi.

Sumber: republika.co.id

2. Faktor Turunan
a. Faktor Produksi Modal 
Faktor produksi modal merupakan faktor berupa modal atau kapital berupa benda hasil produksi yang digunakan untuk proses produksi barang atau jasa lainnya. Contohnya adalah mesin produksi, peralatan dan perlengkapan, serta juga uang. Fungsi sumber daya modal yaitu sebagai penunjang dalam mempercepat kemampuan produksi barang atau jasa.

Sumber: otomotif.kompas.com

c. Faktor Kewirausahaan
Faktor kewirausahaan merupakan suatu keahlian atau skill berwirausaha. Kemampuan manusia untuk menjalankan perusahaan dengan menggabungkan semua faktor produksi. Salah satu tujuan wirausaha memperoleh hasil atau keuntungan yang maksimal.

https:pkpberdikari.id

Kegiatan Distribusi

Apa sih kegiatan distribusi itu?

Kegiatan distribusi merupakan proses penyaluran barang dari produsen kepada konsumen. Orang yang menyalurkan barang pada proses distribusi disebut dengan distributor.


Sumber: jogja.suara.com

Tujuan Kegiatan Distribusi

  1. Untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen;
  2. Supaya barang produksi lebih berguna;
  3. Kebutuhan barang dan jasa konsumen dapat terpenuhi.

Cara Distribusi
1. Distribusi Langsung 
Distribusi langsung adalah suatu kegiatan menyalurkan barang atau jasa kepada konsumen secara langsung tanpa melalui perantara

Contohnya, Nadia membeli batagor langsung ke tukang batagornya tanpa perantara.

2. Distribusi Semi Langsung 
Distribusi semi langsung adalah suatu kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen melalui perantara yang masih bagian dari produsen

Contoh: Misalnya, ada satu perusahaan yang bergerak di bidang pakaian, contohnya Batik Kampung. Hasil Batik Kampung ini tidak didistribusikan ke distributor lain, tetapi langsung ke toko sendiri yaitu Batik Kampung yang sudah tersebar di berbagai daerah.

3. Distribusi Tidak Langsung 
Distribusi tidak langsung merupakan kegiatan distribusi melalui perantara atau distributor supaya barang bisa sampai ke konsumen. Agen, grosir, dan pedagang kecil bertindak sebagai pedagang perantara. 

Contohnya Gilang berbelanja ke warung tetangga untuk membeli buku tulis. Buku tulis tersebut tidak dibuat oleh warung tersebut, tetapi diproduksi oleh pabrik kertas/buku.

Kegiatan Konsumsi

Apa sih kegiatan konsumsi itu?

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau langsung habis. Sedangkan pelaku pada kegiatan ekonomi ini disebut dengan konsumen. Kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam rangka menjaga kelangsungan hidup.


Sumber: grab.com

 

Faktor yang Mempengaruhi Kegiatan Konsumsi
1. Jumlah Anggota Keluarga
Semakin banyak anggota keluarga, maka semakin kebutuhan yang dibutuhkan untuk dikonsumsi oleh keluarga tersebut. Ketika kebutuhan semakin banyak pengeluaran yang dikeluarkan oleh keluarga.
Contohnya: Di keluarga Pak Bayu yang memiliki anggota keluarga berjumlah 5 orang membutuhkan beras sejumlah 30 kg/bulan. Dikeluarga Pak Arifin yang memiliki anggota keluarga berjumlah 3 orang membutuhkan beras sejumlah 15 kg/bulan.

2. Gaya Hidup
Semakin mewah gaya hidup suatu keluarga, maka semakin besar biaya untuk memenuhi kebutuhan.

3. Tingkat Pendidikan
Perbedaan tingkat pendidikan sebuah keluarga akan mempengaruhi tingkat konsumsi keluarga.

4. Lingkungan Tempat Tinggal
Tempat tinggal juga akan mempengaruhi pengeluaran. Semakin elit tempat tinggal suatu keluarga, maka pengeluaran yang dikeluarkan akan semakin besar.

 

Pelaku Konsumsi
1. Konsumsi Rumah Tangga Keluarga
Dalam rumah tangga keluarga, kegiatan konsumsi dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Rumah tangga keluarga memiliki kegiatan konsumsi yang berbeda-beda. Dalam rumah tangga keluarga, anggota keluarga di dalamnya perlu membuat perencanaan pengeluaran dengan menyusun anggaran pendapatan dan belanja keluarga. Dengan disusunnya perencanaan tersebut maka antara tingkat pendapatan dan tingkat pengeluaran akan selaras.

2. Konsumsi Rumah Tangga Perusahaan
Dalam rumah tangga perusahaan kegiatan konsumsi dilakukan dengan tujuan menghasilkan barang produksi. Pada saat memproduksi barang, perusahaan memerlukan bahan baku, tenaga kerja, dan modal. Dengan demikian, perusahaan melakukan kegiatan konsumsi dalam proses produksi. Agar kegiatan konsumsi berlangsung efisien, perusahaan perlu menekan pengeluaran biaya produksi. Jika perusahaan menurunkan biaya produksi, biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan barang atau jasa akan rendah.

3. Konsumsi Rumah Tangga Negara
Rumah tangga negara melakukan konsumsi dengan tujuan memenuhi kebutuhan rakyat. Pembiayaan konsumsi negara bersumber dari rakyat yaitu sektor pajak. Terkait dengan kegiatan konsumsinya, rumah tangga negara merancang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang disetujui DPR. Bagi negara, APBN digunakan untuk mengetahui besarnya penerimaan dan pengeluaran selama satu tahun berjalan. Melalui APBN, rumah tangga negara dapat menyesuaikan kegiatan konsumsi yang dilakukan dengan sumber pembiayaannya. Sikap ini dilakukan agar pengeluaran yang dilakukan rumah tangga negara sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Salah satu masalah yang dihadapi negara berkembang adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah. Faktor tersebut menyebabkan kualitas barang dan atau/atau jasa yang dihasilkan juga rendah. Cara paling tepat untuk memecahkan permasalahan ekonomi tersebut adalah…


A. Mengundang investor luar negeri untuk melakukan produksi
B. Mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri untuk melakukan produksi
C. Memberikan magang atau pelatihan kepada tenaga kerja
D. Mencari barang ilegal dari negara lain agar mendapatkan harga murah

JAWABAN BENAR

C.

Memberikan magang atau pelatihan kepada tenaga kerja

PEMBAHASAN

Langkah yang tepat untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah memberikan magang atau pelatihan kepada tenaga kerja karena hal tersebut sifatnya memberikan skill atau keterampilan kepada tenaga kerja agar ketika menghasilkan barang dan/atau jasa memiliki kualitas yang bagus sehingga tidak kalah dengan produk-produk luar negeri.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Dampak positif adanya pembangunan infrastruktur jalan bagi kegiatan ekonomi dalam negeri adalah…


A. Mempermudah masuknya barang impor
B. Memperlancar kegiatan distribusi
C. Memperlambat waktu tempuh
D. Memperpanjang jarak tempuh

JAWABAN BENAR

B.

Memperlancar kegiatan distribusi

PEMBAHASAN

Dampak positif pembangunan infrastruktur jalan adalah memperlancar kegiatan distribusi sehingga kebutuhan masyarakat Indonesia di berbagai daerah terutama pelosok negeri dapat terpenuhi. Hal ini akan meminimalisir terjadinya kelangkaan suatu barang di daerah tertentu.

redesain-navbar Portlet