APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

MATERI

Pengertian Iptek

Apa sih Iptek itu?

Ilmu pengetahuan dan teknologi atau yang disebut iptek merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi berdasarkan pengetahuan. Perkembangan iptek pada era saat ini membawa manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Munculnya berbagai teknologi canggih membantu aktivitas manusia merupakan wujud nyata pesatnya perkembangan iptek.

Peran Iptek

Peran Iptek 

1. Iptek Dalam Kegiatan Produksi
Dalam kegiatan produksi, iptek berperan memenuhi kebutuhan akan mesin, bahan baku, dan bahan penolong untuk produksi. Perkembangan iptek mendorong munculnya mesin produksi modern yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Dengan adanya perkembangan iptek, produsen lebih mudah memenuhi kebutuhan bahan baku dan barang penolong produksi.

Sumber: kicauhariini.com

2. Iptek Dalam Kegiatan Distribusi
Dalam kegiatan distribusi, adanya perkembangan iptek memudahkan distribusi barang, memperlancar distribusi barang, dan mempercepat barang sampai ke konsumen. Dengan produk hasil kemajuan iptek, sarana transportasi modern mulai ditemukan dan dikembangkan sehingga mendukung kelancaran distribusi.


Sumber: kabarriau.com

3. Iptek Dalam Kegiatan Konsumsi
Perkembangan iptek memberikan kemudahan bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan. Konsumen dapat dengan cepat dan mudah memperoleh barang yang dibutuhkan. Begitu pula penjualan yang dilakukan secara daring yang semakin memudahkan akses masyarakat dalam berbelanja.

Sumber: teknodaim.com

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Akses internet yang tidak dibatasi tempat dan waktu mendorong kegiatan berbelanja melalui pasar daring menjadi lebih mudah. Kondisi ini menjadi keuntungan bagi produsen dalam melakukan pemasaran yaitu…


A. Menjangkau pasar secara lebih luas
B. Meningkatkan produksi barang dan/atau jasa
C. Memudahkan melakukan pengiriman barang dan/atau jasa
D. Memudahkan dalam memenuhi kebutuhan

JAWABAN BENAR

A.

Menjangkau pasar secara lebih luas

PEMBAHASAN

Keuntungan kondisi akses internet bagi produsen adalah dapat menjangkau pasar secara luas. Dimana jangkauan tersebut tidak terbatas ruang atau tempat sehingga penjualan akan semakin luas ke berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Perkembangan iptek dapat memberikan dampak positif di bidang ekonomi. Salah satu contohnya ditunjukkan dengan pernyataan…


A. Pendirian pabrik di pinggiran kota menyebabkan semakin sempitnya lahan terbuka hijau
B. Pembayaran belanja secara cashless menggunakan uang elektronik dan mendapatkan cashback
C. Pemanfaatan pasar daring yang menjadikan konsumen malas bepergian
D. Minimnya penggunaan alat transportasi sehingga meminimalisir polusi

JAWABAN BENAR

B.

Pembayaran belanja secara cashless menggunakan uang elektronik dan mendapatkan cashback

PEMBAHASAN

Dampak perkembangan iptek pada bidang ekonomi dalam soal tersebut ditunjukkan dengan pembayaran pembelanjaan secara cashless menggunakan uang elektronik dan mendapatkan cashback. Uang elektronik di masa saat ini dapat meminimalisir penyebaran virus penyakit dan juga lebih hemat karena biasanya memberikan cashback kepada penggunanya.

redesain-navbar Portlet