APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Interaksi Sosial dan Pembentukan Lembaga Sosial

MATERI

Pengertian Interaksi Sosial



https: kompas.com

 

Apa itu interaksi sosial?

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok dan individu dengan kelompok. Interaksi sosial selalu terjadi setiap hari dan setiap saat di kehidupan kita. Karena interaksi sosial merupakan bagian dari kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Interaksi sosial terjadi disaat kita bersama orang tua, keluarga, teman, guru, dan lain-lain.


Sumber: kumparan.com
 

Ciri-Ciri Interaksi Sosial



Nah Sobat Pintar, setelah tau apa itu Pengertian Interaksi Sosial, sekarang kita akan belajar tentang Ciri-Ciri Interaksi Sosial. Yuk simak materinya di bawah ini ya! 

 

Jadi ini lho yang merupakan Ciri-Ciri Interaksi Sosial

1. Pelaku dalam interaksi sosial lebih dari satu orang
Jika seseorang sendiri saja maka tidak akan terjadi interaksi sosial. Interaksi sosial membutuhkan aksi dan reaksi. Jika seseorang melakukan tindakan maka orang lain memberikan respon.
2. Ada komunikasi antar pelaku
Komunikasi diperlukan untuk menunjang proses interaksi sosial. Komunikasi dalam interaksi sosial dapat menggunakan bahasa bisa lisan (verbal) atau bahasa isyarat.
3. Terdapat dimensi waktu
Interaksi sosial bisa terjadi pada masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang.
4. Ada tujuan-tujuan tertentu
Pelaku dalam interaksi sosial melakukan interaksi sosial karena adanya tujuan-tujuan tertentu yang mendasarinya.
 

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial



Sobat Pintar! Interaksi sosial tidak akan terjadi jika syarat-syaratnya tidak terpenuhi. Cek dulu yuk syarat-syarat terjadinya interaksi sosial di bawah ini!

Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

1. Kontak Sosial
Kontak sosial merupakan bertemunya dua pihak atau lebih secara fisik, baik tanpa alat (langsung) maupun dengan alat (tidak langsung). Kontak sosial tanpa alat atau langsung ini terjadi ketika kedua belah pihak atau lebih melakukan pertemuan secara langsung. Kontak sosial dengan alat atau tidak langsung terjadi ketika kedua belah pihak atau lebih tidak melakukan pertemuan secara langsung melainkan secara virtual. Secara virtual ini bisa menggunakan media telepon, video call, group, dan sebagainya.


Sumber: primaindisoft.com

 

2. Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi upaya saling mempengaruhi antara keduanya. Proses komunikasi ada dua bentuk yakni verbal dan non verbal. Komunikasi verbal menggunakan lisan dan tulisan. Sedangkan non verbal menggunakan simbol-simbol, misalnya gestur tubuh dan bahasa isyarat.


Sumber: harmony.co.id

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Contoh tindakan yang mencerminkan interaksi sosial ditunjukkan oleh…


A. Maya berlatih menyanyi menjelang lomba Festival Nusantara
B. Boby berpapasan dengan temannya semasa kuliah di mall
C. Nita menyimak berita tentang bencana alam gunung meletus di televisi
D. Adi berjabat tangan dan berkenalan dengan teman di kantor barunya

JAWABAN BENAR

D.

Adi berjabat tangan dan berkenalan dengan teman di kantor barunya

PEMBAHASAN

Syarat terjadinya interaksi sosial harus terjadi kontak sosial dan komunikasi. Dalam hal soal tersebut, opsi pilihan yang menunjukkan interaksi sosial adalah ketika Adi berjabat tangan dan berkenalan dengan teman di kantor barunya. Dalam peristiwa tersebut Adi melakukan kontak sosial dengan teman barunya dan berkomunikasi ketika berkenalan dengan teman.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Berikut ini yang merupakan ciri-ciri dari interaksi sosial, kecuali…


A. Adanya tujuan
B. Adanya pertemuan
C. Terjadi lebih dari satu orang
D. Terdapat dimensi waktu

JAWABAN BENAR

B.

Adanya pertemuan

PEMBAHASAN

Ciri-ciri dari interaksi sosial adalah pelakunya lebih dari satu orang, adanya komunikasi antar pelaku, terdapat dimensi waktu, dan adanya tujuan-tujuan tertentu. Dalam opsi jawaban tersebut yang bukan ciri-ciri interaksi sosial adalah adanya pertemuan.

redesain-navbar Portlet