APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Manusia, Tempat, dan Lingkungan

MATERI

Potensi Sumber Daya Alam

Sobat Pintar, sebagai negara yang kaya akan Potensi Sumber Daya Alam, hal tersebut merupakan nilai tambah bagi negara Indonesia. Lalu, apa aja sih Potensi Sumber Daya Alam Indonesia? Yuk simak di bawah ini ya?

1. Hutan Indonesia
Indonesia memiliki Kawasan hutan yang luas dimana hal tersebut menyebabkan Indonesia dijuluki dengan “Paru-Paru Dunia”. Jika dilihat dari luar angkasa, hamparan hutan Indonesia tampak hijau seperti batu zamrud. Dan posisi Indonesia yang terletak di khatulistiwa, juga menyebabkan hutan Indonesia dijuluki dengan “Zamrud Khatulistiwa”.

Hutan Indonesia ini kaya akan keragaman flora dan fauna dimana flora dan fauna tergolong langka dan hanya hidup di wilayah Indonesia.

Contoh flora yang langka yang dapat ditemui di hutan Indonesia adalah Bunga Rafflesia arnoldii atau bunga bangkai raksasa. Fauna langka yang hidup di Indonesia antara lain adalah Harimau Sumatera.


Sumber:  99.co

 


Sumber: wikipedia.org

 

2. Barang Tambang
Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya barang tambang. Beraneka barang tambang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan luar negeri. Aktivitas tersebut menghasilkan devisa bagi Indonesia. Berikut ini merupakan daftar persebaran barang tambang di Indonesia:

Minyak bumi dan gas bumi, persebarannya di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku, dan Papua;
Batu Bara, persebarannya di wilayah Sumatera dan Kalimantan;
Bauksit, persebarannya di wilayah Riau dan Kalimantan Barat
Emas, persebarannya di wilayah Jawa Barat, Papua, dan Kalimantan Barat, Aceh, Sulawesi Utara, Riau, dan Bengkulu.
 

Potensi Kemaritiman


 

Sobat Pintar! Sebagai negara yang mempunyai julukan negara maritim karena luas wilayah lautnya luas, hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai. Lalu apa aja sih Potensi Kemaritiman yang dimiliki oleh Indonesia? Let’s see :)


Potensi Kemaritiman
1. Perikanan, Pariwisata dan Kekayaan Laut
Sebagai wilayah yang didominasi perairan, Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan laut yang sangat melimpah. Kekayaan laut ini dapat menunjang kehidupan dan ekonomi masyarakat dimana masyarakat dapat memanfaatkan kekayaan laut tersebut sebagai pendapatan ekonomi. 
Kekayaan laut Indonesia banyak dilirik oleh negara lain sehingga banyak ditemukan kapal-kapal asing yang sengaja masuk ke Indonesia untuk menangkap ikan di wilayah Indonesia. Ikan-ikan yang ada di laut Indonesia memiliki nilai jual yang sangat tinggi bahkan diekspor ke negara-negara lain untuk memenuhi kebutuhan negara tersebut.

Sumber: kompas.com

Laut Indonesia juga dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi dan pariwisata. Alam bawah laut Indonesia sangat Indah sehingga membuat banyak wisatawan asing ingin merasakan sensasi menyelam di laut Indonesia karena keindahan ikan dan terumbu karangnya. Salah satu surga bawah air Indonesia adalah Taman Nasional Bunaken atau Bunaken National Park yang terletak di Sulawesi Utara. Selain itu, pantai-pantai di Indonesia tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Pink Beach yang memiliki pasir pantai berwarna pink atau kemerahan yang terletak di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pasir cantik yang berwarna pink ini hanya ada 7 di dunia dan salah satunya ada di Indonesia.

Sumber: indonesiadivingschool

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Salah satu Sumber Daya Alam Indonesia adalah Kayu Gaharu. Kayu Gaharu banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia terutama di Hutan Kalimantan. Kayu ini memiliki nilai jual yang tinggi karena manfaatnya yang sangat banyak. Berikut ini manfaat Kayu Gaharu adalah…


A. Sebagai bahan baku pembuatan meja dan kursi
B. Sebagai bahan baku pembuatan patung
C. Sebagai bahan baku obat herbal
D. Sebagai bahan pelengkap masakan

JAWABAN BENAR

C.

Sebagai bahan baku obat herbal

PEMBAHASAN

Kayu Gaharu merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Kayu ini bisa dimanfaatkan seluruh bagiannya. Di beberapa negara seperti Korea, Cina, dan Amerika Serikat memanfaatkan kayu ini sebagai pengobatan terhadap penyakit gangguan gagal ginjal, asma, sakit perut, pencegahan penyakit tumor, dsb.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Indonesia merupakan negara kepulauan. Oleh karena itu, diperlukan transportasi laut sebagai penghubung aktivitas antarpulau. Transportasi laut tersebut bermanfaat dalam menggerakkan perekonomian nasional. Berdasarkan penjelasan tersebut, manfaat transportasi laut di bidang ekonomi adalah…


A. Mengangkut penumpang antarpulau
B. Melancarkan kegiatan distribusi barang
C. Memudahkan jangkauan tempat terpencil
D. Meningkatkan efektivitas waktu perjalanan

JAWABAN BENAR

B.

Melancarkan kegiatan distribusi barang

PEMBAHASAN

Dalam kegiatan ekonomi terdapat kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Dalam soal tersebut, kata yang perlu digaris bawahi adalah kegiatan ekonomi. Jadi jawaban yang tepat adalah transportasi laut tersebut digunakan untuk melancarkan kegiatan distribusi barang.

redesain-navbar Portlet