APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Manusia, Tempat, dan Lingkungan

MATERI

Ruang dan Interaksi Antarruang


 


Sumber: wikipedia.org

Definisi Ruang


Biasanya kalian pasti familiar kan sama Ruang Kelas, Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah. Nah, itu juga termasuk ruang. Ruang juga bisa lebih luas loh jika berada pada permukaan bumi. Bisa berupa dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, dll.

Jadi, ruang merupakan sebuah tempat pada permukaan bumi, baik itu secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan makhluk hidup untuk tinggal

Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Antarruang


 

Sobat Pintar, Interaksi Antarruang tidak akan pernah terjadi jika tidak ada faktor yang mempengaruhinya. Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang:


1. Wilayah Saling Melengkapi (Regional Complementary)
Hukum saling melengkapi muncul karena adanya wilayah yang saling membutuhkan. Hukum tersebut pasti karena wilayah satu akan melengkapi wilayah lainnya. Kondisi ini akan muncul karena keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing wilayah.


 

Lamongan sebagai penghasil beras saling berhubungan dengan Banyuwangi sebagai penghasil komoditi perikanan. Hal ini juga berlaku dengan Banyuwangi yang juga membutuhkan Lamongan sebagai penghasil beras.
 

2. Kesempatan Berintervensi (Intervening Opportunity)
Kesempatan berintervensi merupakan kemungkinan perantara untuk menggantikan posisi suatu wilayah dalam interaksi antarwilayah.

Nah dari ilustrasi gambar itu dapat menggambarkan bahwa Ketika Ngawi tidak bisa memenuhi kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan oleh Banyuwangi, maka terjadilah interaksi lain yaitu Lamongan dan Banyuwangi. Lamongan mampu untuk mencukupi kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan oleh Banyuwangi dibandingkan dengan Ngawi. Kondisi interaksi Ngawi dengan Banyuwangi menjadi interaksi yang lemah, sementara Lamongan dengan Banyuwangi menjadi interaksi kuat. Pada hal ini Lamongan berperan sebagai wilayah perantara atau  intervening area menggantikan Ngawi.
 

3. Kemudahan Pemindahan dalam Ruang atau Transferabilitas (Spatial  Transferability)
Kemudahan Pemindahan dalam Ruang atau Transferabilitas merupakan pola interaksi yang terbentuk karena adanya faktor kemudahan mobilitas penduduk dan distribusi komoditas pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Transferabilitas ini juga harus didukung dengan sarana dan prasarana. 

Sumber: gambaranimasipro
 

Dari gambar tersebut, para ibu-ibu bisa membeli kebutuhan sehari-hari melalui abang-abang pedagang sayur keliling yang siap siaga setiap hari. Jadi, ibu-ibu gak perlu repot-repot pergi ke pasar. Tapi, disini abang-abang pedagangnya juga mengeluarkan biaya lebih untuk membeli bahan bakar motornya, sementara ibu-ibunya tidak perlu jauh-jauh pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan rumah tangganya.

Pemahaman Ruang di Indonesia Melalui Peta


 

Nah Sobat Pintar! kali ini kita akan bahas tentang Letak Wilayah Indonesia dan Luas Wilayah Indonesia, simak materi di bawah ini ya!


1. Letak Wilayah Indonesia
a. Letak Geografis
Letak geografis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan pada posisinya di atas permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia. Berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia


Sumber: tribunnews.com

b. Letak Astronomis Indonesia
Letak astronomis merupakan posisi suatu wilayah yang didasarkan pada garis lintang dan garis bujur pada peta. Garis lintang dan garis bujur merupakan garis khayal yang dibuat oleh para ahli untuk menentukan suatu wilayah di permukaan bumi. Indonesia terletak pada 60LU-110LS dan 950BT-1410BT.

Sumber: mediaindonesia.com

2. Luas Wilayah Indonesia
Berdasarkan data Badan Informasi Geospasial (BIG) tahun 2018, total luas wilayah Indonesia adalah 8.3 juta km2. 1/3 luas wilayah Indonesia merupakan daratan dan 2/3 luas wilayah Indonesia merupakan lautan. Luas wilayah daratan adalah 1,9 juta km2. Daratan Indonesia terdiri dari 17.395 pulau-pulau. Sedangkan luas wilayah perairan adalah 6,4 juta km2.

Sumber: abundancethebook.com
 

Bentuk-Bentuk Interaksi Antarruang


 

Sobat Pintar! Bentuk-Bentuk Interaksi Antarruang itu dibedakan menjadi Proses Sosial Asosiatif sama Proses Sosial Disosiatif. Kira-kira apa aja ya? Yuk simak pembahasannya di bawah ini


1. Proses Sosial Asosiatif
Proses sosial asosiatif adalah bentuk interaksi sosial bersifat positif, mengarah pada penyatuan masyarakat, dan meningkatkan solidaritas dalam kelompok.

a. Kerjasama
Kerjasama merupakan usaha bersama antarindividu kelompok untuk mencapai tujuan Bersama. 

b. Akomodasi
Akomodasi merupakan proses sosial dalam masyarakat untuk menyelesaikan perselisihan/konflik antara dua pihak atau lebih.

c. Akulturasi
Akulturasi merupakan penerimaan dan pengolahan unsur-unsur kebudayaan baru dari luar menjadi bagian kebudayaan suatu masyarakat. Kebudayaan baru tersebut diterima dan diolah tanpa menghilangkan ciri khas budaya asli.

d. Asimilasi
Asimilasi merupakan peleburan dua kebudayaan berbeda menjadi kebudayaan tunggal yang diakui milik bersama.

e. Amalgamasi
Amalgamasi merupakan peleburan dua kelompok budaya berbeda menjadi satu dan menciptakan kebudayaan baru. Amalgamasi biasanya terbentuk melalui perkawinan campuran antar etnik atau antar ras.

 

2. Proses Sosial Disosiatif
Proses sosial disosiatif adalah bentuk interaksi sosial bersifat negatif dan mengarah pada perpecahan.

a. Persaingan atau Kompetisi
Persaingan merupakan usaha yang dilakukan individu atau kelompok untuk mencapai tujuan tertentu yang sifatnya terbatas.

b. Kontravensi
Kontravensi merupakan usaha merintangi atau menggagalkan tercapainya tujuan pihak lain.

c. Pertentangan atau Konflik
Pertentangan atau konflik merupakan proses sosial yang terjadi Ketika seseorang/kelompok dengan sadar atau tidak sadar menentang pihak lain.

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Rina merupakan ketua tim Delima dimana tim tersebut bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan. Dalam tim tersebut beranggotakan 6 orang. Namun, terdapat dua orang dalam tim tersebut yang berselisih paham perihal pekerjaan dan menyebabkan kinerja tim terganggu. Dalam hal ini, Rina berusaha untuk mengembalikan kondisi tim dengan cara melakukan mediasi terhadap dua anggota yang berseteru. Langkah yang tepat untuk ditempuh Rina adalah…


A. Amalgamasi
B. Kontravensi
C. Akulturasi
D. Akomodasi

JAWABAN BENAR

D.

Akomodasi

PEMBAHASAN

Dalam ilustrasi tersebut Rina berusaha untuk menyelesaikan perselisihan kedua anggota timnya agar tidak mengganggu kinerja dan hubungan dalam tim. Rina dalam ilustrasi tersebut menyelesaikan perselisihan/konflik dua pihak yang disebut dengan akomodasi.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Letak geografisnya terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Letak geografis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan pada…


A. Posisinya di permukaan bumi
B. Kondisi iklimnya
C. Posisinya di khatulistiwa
D. Garis lintang dan garis bujur

JAWABAN BENAR

A.

Posisinya di permukaan bumi

PEMBAHASAN

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan pada posisinya secara real atau nyata di permukaan bumi.

redesain-navbar Portlet