APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Puisi

MATERI

Pengertian Puisi

PENGERTIAN PUISI

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Mengungkapkan pikiran dan perasaan itu maksudnya adalah puisi dapat mengungkapkan rasa seperti kerinduan, keagungan Tuhan Yang Maha Esa, kegelisahan, kesedihan, kebahagiaan, dan lainnya yang diungkapkan oleh pengarang dengan menggunakan kata-kata yang indah dan penuh makna. Contohnya seperti penggalan puisi berikut ini:

Penggalan puisi di atas diambil dari puisi yang berjudul “Dalam Do’aku” karya Pak Sapardi Djoko Damono. Sobat pintar bisa kan merasakan apa rasa yang diungkapkan dari penggalan puisi tersebut? Yap!! Dalam puisi tersebut Pak Sapardi mengungkapkan perasaan cinta dalam puisinya!

Secara etimologi kata puisi berasal dari bahasa Yunani poema yang berarti membuat, poesis yang berarti pembuat, pembangun, atau pembentuk. Di Inggris puisi disebut poem atau poetry yang artinya tak jauh berbeda dengan to make (membuat) atau to create (menghasilkan), sehingga pernah lama sekali di Inggris puisi disebut maker

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima serta penyusunan lirik dan bait.

Jenis-Jenis Puisi

JENIS-JENIS PUISI

a. Puisi Naratif
Puisi naratif adalah puisi yang mengandung cerita. Terdapat unsur-unsur seperti pelaku, perwatakan, latar, atau rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin suatu cerita. Puisi jenis ini terbagi menjadi dua:

- Balada
Puisi ini mengisahkan tentang kehidupan manusia secara objektif. Maksud dari objektif itu berdasarkan keadaan yang sebenarnya terjadi di kenyataan. Beberapa contoh puisi balada antara lain “Balada Orang-Orang Tercinta” dan “Blues Untuk Bonnie” karya W.S. Rendra.

- Romansa
Puisi ini mengandung kisah percintaan yang diselingi dengan konflik. Bahasa yang digunakan cenderung bersifat romantic. Contoh puisi romansa antara lain “Taman” karya Chairil Anwar dan “Surat Cinta” karya W.S. Rendra.


b. Puisi Lirik
Puisi lirik adalah puisi yang berisi luapan batin pengarangnya dengan segala macam pengalaman, sikap, dan suasana batin yang melingkupinya. Puisi lirik terbagi menjadi:

- Elegi
Puisi ini berisi ungkapan perasaan sedih atau berduka. Contoh dari puisi elegi antara lain “Derai-Derai Cemara” dan “Sia-Sia” karya Chairil Anwar.

- Serenada
Puisi ini adalah puisi atau sajak percintaan yang bisa dinyanyikan. Contohnya seperti “Serenada Kelabu” karya W.S. Rendra dan “Serenada Cinta” karya Dimas Arika Mihardja.

- Ode
Puisi yang berisi pujaan terhadap seseorang, suatu hal, maupun suatu keadaan. Contoh dari puisi ode antara lain “Diponegoro” karya Chairil Anwar dan “Teratai” karya Sanusi Pane.


c. Puisi Deskriptif
Dalam puisi deskriptif pengarang bertindak sebagai pemberi kesan terhadap suatu peristiwa, keadaan, benda, atau suasana yang dipandang menarik perhatiannya. Yang termasuk jenis puisi ini antara lain:

- Satire
Puisi yang mengungkapkan perasaan tidak puas penyair terhadap suatu keadaan dengan cara menyindir. Satire sendiri dalam KBBI merupakan bentuk gaya bahasa untuk menyatakan sindiran. Puisi yang merupakan contoh dari puisi satire adalah “Negeri Haha Hihi” karya Gus Mus dan “Pencopet Metropolitan” karya Malik Abdul.

- Puisi Kritik Sosial
Puisi ini berisi tentang ketidaksenangan pengarang terhadap keadaan atau diri seseorang dengan cara mengekspos ketidakberesan keadaan atau seseorang tersebut. Contoh puisi kritik sosial adalah ”Suara dari Rumah-Rumah Miring” dan ”Peringatan” karya Wiji Thukul.

- Puisi Impersionistik
Puisi yang mengungkapkan kesan (impresi) pengarang terhadap suatu topik. Melalui puisi impresionistik pengarang dapat menyampaikan kesan terhadap suatu keadaan yang sebenarnya. Contoh dari puisi ini antara lain “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil” karya Chairil Anwar.

 

 

1.

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

Puisi merupakan bentuk karya sastra yang berisi tentang ungkapan pengarang dalam bentuk….


A. Cerita bergambar
B. Kumpulan kata
C. Cerita pendek
D. Kata-kata yang indah

JAWABAN BENAR

D.

Kata-kata yang indah

PEMBAHASAN

Puisi merupakan bentuk karya sastra yang berisi tentang ungkapan pengarang dalam bentuk kata-kata yang indah.

2.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Puisi “Aku” karya Chairil Anwar merupakan jenis puisi….


A. Puisi deskriptif
B. Puisi naratif
C. Puisi elegi
D. Puisi lirik

JAWABAN BENAR

A.

Puisi deskriptif

PEMBAHASAN

Puisi “Aku” karya Chairil Anwar merupakan jenis puisi impresionistik. Puisi impresionistik merupakan salah satu jenis puisi deskriptif.

3.

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

Puisi elegi adalah....


A. Puisi yang berisi ungkapan sedih atau berduka
B. Puisi yang berisi sajak percintaan yang bisa dinyanyikan.
C. Puisi yang berisi pujaan terhadap seseorang yang berjasa.
D. Puisi yang berisi ketidakpuasan penulis terhadap sesuatu.

JAWABAN BENAR

A.

Puisi yang berisi ungkapan sedih atau berduka

PEMBAHASAN

Puisi elegi adalah puisi yang berisi ungkapan sedih atau berduka.

redesain-navbar Portlet