APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Cahaya dan Alat Optik

MATERI

Kamera

Apakah kamu pernah mengambil gambar teman atau orang-orang terdekatmu dengan menggunakan kamera? Pernahkah kamu berpikir tentang bagaimana proses pembentukan bayangan pada kamera?

Pada saat kamu mengambil gambar suatu benda dengan sebuah kamera, cahaya dipantulkan dari benda tersebut dan masuk ke lensa kamera. Kamera memiliki diafragma dan pengatur cahaya (shutter) untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam lensa. Dengan jumlah cahaya yang tepat akan diperoleh foto atau gambar yang jelas. Sementara itu, untuk memperoleh foto yang tajam dan tidak kabur perlu mengatur fokus lensa. Bayangannya nyata, terbalik, dan lebih kecil dari benda aslinya.

Kaca Pembesar (Lup)

Sobat pintar, pernahkah kamu melihat film yang mengisahkan tentang detektif? Ketika detektif tersebut mengungkap suatu kasus maka mereka ada yang membawa suatu benda di tangannya. Apakah benda itu? Apa fungsi benda tersebut? Perhatikan Gambar berikut agar kamu dapat menjawab pertanyaan di atas. Sebuah kaca pembesar memungkinkan kita untuk menempatkan objek lebih dekat ke mata kita sehingga objek tampak terlihat sudut lebih besar.

 

Mikroskop

Jika kamu akan melihat sel, jaringan pada penampang melintang batang tumbuhan, organisme mikroskopis seperti bakteri, alat apa yang akan kamu gunakan? Kamu pasti akan menggunakan mikroskop bukan? Tahukah kamu bagaimana prinsip kerja mikroskop? Mikroskop memiliki dua lensa utama, yaitu lensa okuler dan lensa objektif. Lensa okuler adalah lensa yang posisinya dekat dengan mata pengamat. Lensa objektif adalah lensa yang posisinya dekat dengan objek/benda yang sedang diamati.

 

1.

Jawablah soal berikut ini!

Bagian kamera yang berfungsi mengatur banyaknya cahaya yang masuk adalah..


A. Lensa
B. Film
C. Appeture
D. Diafragma

JAWABAN BENAR

A.

Lensa

PEMBAHASAN

Fungsi Lensa Camera (Aperature) Fungsi utama sebuah lensa kamera untuk mengumpulkan cahaya. Aperture dari sebuah lensa adalah diameter bukaan lensadan biasanya dikontrol oleh iris.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Alat optik yang memiliki lensa cembung sehingga dapat membantu mendekatkan objek ke mata serta membantu untuk melihat benda yang kecil adalah ….


A. Lup
B. Teleskop
C. Teropong
D. Mikroskop

JAWABAN BENAR

A.

Lup

PEMBAHASAN

Lup atau kaca pembesar adalah alat optik yang terdiri atas sebuah lensa cembung dan berfungsi untuk melihat benda-benda kecil supaya terlihat lebih besar dan jelas.

3.

Jawablah soal berikut ini!

Alat optik yang digunakan untuk memperbesar objek kecil dan memungkinkan pengamatan detail adalah...


A. Teropong
B. Kacamata
C. Lup
D. Mikroskop

JAWABAN BENAR

D.

Mikroskop

PEMBAHASAN

Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk memperbesar objek kecil dan memungkinkan pengamatan detail, terutama dalam bidang biologi dan ilmu pengetahuan.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Alat optik yang digunakan untuk melihat objek jauh dengan lebih jelas adalah...


A. Teropong
B. Kacamata
C. Lup
D. Mikroskop

JAWABAN BENAR

A.

Teropong

PEMBAHASAN

Teropong adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek yang jauh dari pengamat dengan lebih jelas, seperti pengamatan benda-benda di alam bebas atau pengamatan astronomi.

5.

Jawablah soal berikut ini!

Alat optik yang digunakan untuk memfokuskan cahaya dan membentuk bayangan pada layar adalah...


A. Teropong
B. Kacamata
C. Lup
D. Proyektor

JAWABAN BENAR

D.

Proyektor

PEMBAHASAN

Proyektor adalah alat optik yang digunakan untuk memfokuskan cahaya dari sumbernya dan membentuk bayangan objek atau gambar pada layar yang lebih besar.

redesain-navbar Portlet