APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Cahaya dan Alat Optik

MATERI

Bagian-Bagian Mata Manusia

Sobat pintar, organ penglihatan yang dimiliki oleh manusia adalah mata. Organ ini berbentuk bulat. Organ ini tersusun atas beberapa bagian yang berbeda yang masing-masing bagian memiliki fungsi yang berbeda pula. Mata kita dibalut oleh tiga lapis jaringan yang berlainan. Lapisan luar adalah lapisan sklera, lapisan ini membentuk kornea. Lapisan tengah adalah lapisan koroid, lapisan ini membentuk iris. Lapisan ketiga adalah lapisan dalam, yaitu retina.

Kornea

Mata memiliki bentuk seperti bola dengan diameter ± 2,5 cm. Lapisan terluar mata disebut sklera yang membentuk putih mata, dan bersambung dengan bagian depan yang bening yang disebut kornea. Cahaya masuk ke mata melewati kornea. Lapisan kornea mata terluar bersifat kuat dan tembus cahaya. Kornea berfungsi melindungi bagian yang sensitif yang berada di belakangnya dan membantu memfokuskan bayangan pada retina.

 

Iris atau Selaput Pelangi

Setelah cahaya melewati kornea, selanjutnya cahaya akan menuju ke pupil. Pupil adalah bagian berwarna hitam yang merupakan jalan masuknya cahaya ke dalam mata. Pupil dikelilingi oleh iris, yang merupakan bagian berwarna pada mata yang terletak di belakang kornea.

 

Lensa Mata

Setelah melewati pupil, cahaya bergerak merambat menuju ke lensa. Lensa mata kamu berbentuk bikonvex (cembung depan-belakang), Seperti lensa pada kaca pembesar. Lensa mata bersifat fleksibel. Otot siliar yang ada dalam mata akan membantu mengubah kecembungan lensa mata kamu.

 

Retina

Cahaya yang melewati lensa selanjutnya akan membentuk bayangan yang kemudian ditangkap oleh retina. Retina merupakan sel yang sensitif terhadap cahaya matahari atau saraf penerima rangsang sinar (fotoreseptor) yang terletak pada bagian belakang mata. Retina terdiri atas dua macam sel fotoreseptor, yaitu sel batang dan sel kerucut. Sel kerucut memungkinkan kamu melihat warna, tetapi membutuhkan cahaya yang lebih terang dibandingkan sel batang. Sel batang akan menunjukkan responsnya ketika berada pada tempat yang redup.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Celah sempit berbentuk lingkaran yang berfungsi mengatur cahaya agar dapat masuk ke dalam mata adalah ….


A. Bintik kuning
B. Pupil
C. Kornea
D. Iris

JAWABAN BENAR

B.

Pupil

PEMBAHASAN

Pupil merupakan celah sempit berbentuk lingkaran yang mengatur cahaya agar dapat masuk kedalam mata.
Bintik kuning bagisn retina yang berfungsi sebagai pembentuk bayangan yang jelas
Kornea merupakan bagian luar mata yang tipis, lunak dan transparan. Kornea berfungsi melindungi bagian dalam mata dan juga sebebai alat yang meneruskan cahaya masuk kedalam mata.
Iris merupaka selaput selaput hitam, biru maupun coklat. Iris memiliki fungsi untuk mengatur besar kecilnya pupil pada mata.

2.

Jawablah soal berikut ini

Kemampuan mata untuk mencembung dan memipihkan lensa adalah ...


A. Daya lihat mata
B. Daya akomodasi mata
C. Titik dekat mata
D. Titik buta mata

JAWABAN BENAR

B.

Daya akomodasi mata

PEMBAHASAN

Daya lihat mata merupakan kemampuan mata untuk melihat benda atau objek.
Daya akomodasi mata merupakan kemampuan mata untuk mencembung dan memipihkan lensa mata.
Titik dekat mata merupakan titik yang masih dapat dilihat oleh mata.
Titik buta mata merupakan titik yang tidak dapat dilihat oleh mata

3.

Jawablah soal berikut ini!

Bagian mata yang bertanggung jawab untuk memberikan kejelasan pada penglihatan adalah...


A. Kornea
B. Iris
C. Retina
D. Lensa

JAWABAN BENAR

D.

Lensa

PEMBAHASAN

Lensa mata berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata sehingga gambar yang terbentuk pada retina menjadi jelas.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Pada kondisi cahaya redup, iris mata akan...


A. Mengecilkan pupil
B. Memperbesar pupil
C. Mengubah bentuk lensa
D. Mengubah bentuk retina

JAWABAN BENAR

B.

Memperbesar pupil

PEMBAHASAN

Pada kondisi cahaya redup, iris mata akan melebarkan atau memperbesar pupil agar lebih banyak cahaya dapat masuk ke dalam mata untuk meningkatkan sensitivitas penglihatan.

5.

Jawablah soal berikut ini!

Bagian mata yang bertugas untuk melindungi dan membantu memfokuskan cahaya pada retina adalah...


A. Kornea
B. Iris
C. Retina
D. Lensa

JAWABAN BENAR

A.

Kornea

PEMBAHASAN

Kornea merupakan lapisan tipis dan transparan di depan mata yang berfungsi untuk melindungi mata serta membantu memfokuskan cahaya ke dalam mata sebelum mencapai lensa.

redesain-navbar Portlet