APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Sistem Peredaran Darah Manusia

MATERI

Jantung Koroner

Sobat pintar, apa saja gangguan/kelainan pada sistem peredaran darah?

Simak topik berikut yuk Sobat Pintar!

 

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kematian, baik di negara maju maupun negara berkembang. Tahukah kamu apa yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung koroner? Penyakit jantung koroner terjadi jika arteri koronaria tidak dapat menyuplai darah yang cukup ke otot-otot jantung. Arteri koronaria merupakan pembuluh darah yang menyuplai nutrisi dan oksigen ke otot-otot jantung. Kondisi ini dapat terjadi karena arteri koronaria tersumbat oleh lemak atau kolesterol.

Jika otot-otot jantung tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen, maka otot jantung tidak dapat berkontraksi, sehingga jantung tidak dapat berdenyut. Gejala dari penyakit jantung koroner antara lain dada terasa sakit, sakit pada bagian lengan dan punggung, napas pendek dan kepala pusing.

Nah, bagaimana cara mencegah terjadinya penyakit jantung koroner?

Agar kamu memahaminya perhatikanlah penjelasan berikut ini.

 

Melakukan Olahraga dan Istirahat yang Teratur

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Berolahraga tidak harus berat yang terpenting adalah teratur. Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti berlari kecil ataupun hanya berjalan.

Apabila kamu ingin melakukan olahraga yang berat, misalnya bulu tangkis, basket, sepak bola, dan olahraga lainnya, maka sebaiknya diawali dengan melakukan pemanasan. Pemanasan membuat kecepatan denyut jantung bertambah secara bertahap.

 

Menjaga Pola Makan Sehari-hari

Menjaga kesehatan sistem peredaran darah dapat dilakukan dengan menjaga pola makan sehari-hari. Menjaga pola makan dapat dilakukan dengan makan secara teratur, menyesuaikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh sesuai dengan kebutuhan, serta menyeimbangkan komposisi nutrisi. Nah, masih ingatkah kamu cara menghitung kalori makanan yang terdapat pada bab sistem pencernaan?

Untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya banyak mengonsumsi sayuran, buahbuahan, biji-bijian, serta makanan berserat lainnya. Sebaiknya kurangi mengonsumsi daging, makanan camilan, dan makanan yang banyak mengandung lemak atau kolesterol. Jenis makanan tersebut dapat meningkatkan jumlah kolesterol pada darah.

 

Menghindari Minuman Beralkohol

Tentu kalian sudah sering mendengar bahaya mengonsumsi minuman beralkohol. Tahukah kamu, apa bahaya mengonsumsi minuman beralkohol bagi kesehatan sistem peredaran darah?

Minuman beralkohol dapat memicu terjadinya gangguan pada sistem peredaran darah. Semakin banyak mengonsumsi alkohol maka risiko terjadinya penyakit jantung semakin tinggi. Oleh karena itu, hindari minuman beralkohol agar tidak terserang penyakit jantung.

 

Menghindari Stres Berlebih

Menghindari stres yang berlebihan termasuk cara mencegah penyakit jantung. Stres berlebih dapat menyebabkan naiknya tekanan darah dan meningkatnya denyut jantung. Kondisi ini akan menyebabkan kerusakan dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, hindarkan diri kita dari stres.

Stroke

Sobat pintar, setelah kita membahasa terkait penyait jantung koroner. Mari kita lanjut ke penyakit berikutnya yakni penyakit Stroke

Stroke merupakan suatu penyakit yang terjadi karena kematian pada jaringan di otak yang disebabkan karena kurangnya asupan oksigen di otak. Hal ini terjadi karena pembuluh darah pada otak tersumbat oleh lemak atau kolesterol ataupun salah satu pembuluh darah di otak pecah.

Bagaimana cara mencegah agar kita terhindar dari serangan stroke?

Karena penyebab penyakit stroke sama dengan penyebab penyakit jantung, maka usaha yang dapat kita lakukan untuk mengurangi risiko terkena stroke juga sama dengan usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Nah, apa yang harus kamu lakukan jika tiba-tiba kamu menjumpai seseorang yang mengalami gejala serangan stroke?

Langkah penting yang harus kamu lakukan adalah mencari pertolongan agar penderita dapat segera dibawa ke rumah sakit atau unit kesehatan lainnya agar penderita segera mendapatkan penanganan medis.

Varises

Sobat pintar, mari kita lanjut ke penyakit berikutnya yakni penyakit varises

Varises adalah suatu keadaan di mana pembuluh darah balik (vena) mengalami pelebaran dan terpuntir. Gangguan ini biasanya terjadi di daerah kaki.

Nah, upaya apa yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari varises?

  1. Ketika kamu tidur sebaiknya tungkai dinaikkan (kurang lebih 15-20 cm). Aktivitas ini sebaiknya dilakukan setelah kamu melakukan perjalanan jauh atau melakukan aktivitas yang melelahkan.
  2. Menghindari berat badan berlebih.
  3. Menghindari berdiri terlalu lama.
  4. Berolahraga secara teratur seperti berjalan, berenang, dan senam.
  5. Menghindari memakai sepatu dengan hak tinggi.

Nah apakah selamanya kamu tidak boleh memakai sepatu dengan hak yang tinggi?

Kamu tetap boleh memakai sepatu dengan hak tinggi, asalkan aktivitas yang kamu lakukan tidak terlalu berat dan dalam waktu yang lama.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Penyakit penyempitan pembuluh darah yang berkaitan dengan jantung dinamakan ...


A. Hipertensi
B. Anemia
C. Jantung koroner
D. Leukimia

JAWABAN BENAR

C.

Jantung koroner

PEMBAHASAN

Penyakit arteri koroner atau yang dikenal juga sebagai penyakit jantung arteriosklerosis, penyakit jantung koroner, atau penyakit jantung iskemik adalah suatu penyakit yang terjadi ketika ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Masalah ini dapat berdampak pada penumpukan plak di arteri.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Pengerasan pembuluh darah karena adanya endapan endapan lemak disebut ….


A. Arteriosklerosis
B. Arterosklerosis
C. Embolus
D. Trombus

JAWABAN BENAR

B.

Arterosklerosis

PEMBAHASAN

  • Arteriosklerosis pengerasan pembuluh kapur oleh zat kapur
  • Arterosklerosis : pengerasan pembuluh darah oleh kolesterol dan lemak
  • Embolus : jenis penyakit jantung akibat tersumbatnya arteri menuju otak oleh trombus.
  • Trombus : darah yang membeku
  • Hemoroid : pelebaran pembuluh darah disekitar anus

3.

Jawablah soal berikut ini!

Varises adalah kondisi medis yang ditandai dengan...


A. Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
B. Pembentukan gumpalan darah di pembuluh darah
C. Terjadinya sumbatan pada arteri jantung
D. Terlihatnya pembuluh darah yang membesar dan melengkung di bawah kulit

JAWABAN BENAR

D.

Terlihatnya pembuluh darah yang membesar dan melengkung di bawah kulit

PEMBAHASAN

Terlihatnya pembuluh darah yang membesar dan melengkung di bawah kulit. Varises adalah kondisi di mana pembuluh darah vena membesar, melengkung, dan terlihat jelas di bawah kulit.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Stroke adalah gangguan yang terjadi ketika...


A. Terjadi sumbatan pada pembuluh darah di otak
B. Terjadi sumbatan pada arteri jantung
C. Terjadi perdarahan pada pembuluh darah di otak
D. Terjadi perdarahan pada arteri jantung

JAWABAN BENAR

A.

Terjadi sumbatan pada pembuluh darah di otak

PEMBAHASAN

Terjadi sumbatan pada pembuluh darah di otak. Stroke terjadi ketika suplai darah ke otak terganggu, baik karena sumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) atau perdarahan pada pembuluh darah (stroke hemoragik).

redesain-navbar Portlet