APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Interaksi Keruangan dalam Kehidupan Negara ASEAN

MATERI

Pengaruh Perubahan Ruang Interaksi Negara ASEAN





Sumber: Kompas.com 


Kalian tau gak sih, di dalam perubahan ruang dalam interaksi negara ASEAN, banyak berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. salah satunya dari penyebab alam, teknologi maupun dengan ekonomi. yuk mari kita bahas !

1. Pengaruh Perubahan Ruang Interaksi Negara ASEAN(faktor alam, ilmu dan teknologi, ekonomi, konversi lahan)

A. Faktor Alam
Kondisi alam dan kondisi sosial negara-negara ASEAN yang relatif homogen dan saling membutuhkan memudahkan interaksi antara satu negara dan negara lainnya.Interaksi ini terjadi dalam bentuk kerja sama di berbagai bidang. Banyak faktor yang menimbulkan berbagai bentuk interaksi antara negara tersebut, antara lain faktor iklim dan faktor geologi.

B. Faktor Iklim 
lokasi negara-negara ASEAN yang berada di antara Benua Asia dan Benua Australia menyebabkan wilayah ini memiliki pola arah angin yang berganti setiap setengah tahun sekali. Angin ini dinamakan angin muson timur dan angin muson barat, masing-masing menyebabkan terjadinya musim kemarau dan musim hujan. Iklim yang dipengaruhi tiupan angin muson dinamakan iklim muson. Selain iklim matahari dan iklim muson, wilayah negara-negara ASEAN juga dipengaruhi iklim fisis. Iklim fisis dipengaruhi keadaan fisik suatu wilayah, seperti perairan laut, pegunungan, dan dataran. 

C. Faktor Geologi 
Empat dari sebelas negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Myanmar, pernah mengalami kejadian gempa yang merenggut korban jiwa sangat banyak. Sebagian besar korban diakibatkan tsunami yang terjadi setelah  gempa berlangsung. Korban tsunami yang menggemparkan dunia terjadi di wilayah  Indonesia, yaitu di Aceh pada tahun 2006. Sama seperti kejadian bencana lain, negara-negara ASEAN sebagai organisasi maupun negara-negara tetangga melalui Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok, fasilitas kesehatan, maupun donasi untuk perbaikan lingkungan dalam masa pemulihan.

D. Faktor Ketersediaan Sumber Daya Alam 
Negara-negara ASEAN yang kaya dengan barang tambang mentah mengekspornya ke Singapura untuk diolah menjadi berbagai barang kebutuhan pokok. Negara-negara ASEAN yang lain juga melakukan kegiatan yang serupa dengan volume yang berbeda-beda sesuai kemampuan masing-masing negara. 

2.  Pengaruh Perubahan Ruang Terhadap Perkembangan Ilmu dan Teknologi 

Teknologi yang memiliki peranan besar dalam mengubah kehidupan manusia dalam berinteraksi adalah teknologi transportasi dan teknologi komunikasi. Teknologi transportasi dimanfaatkan untuk memindahkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Teknologi komunikasi dimanfaatkan untuk bertukar informasi. Teknologi produksi digunakan untuk memproduksi sandang, pangan, dan papan. 

3.  Pengaruh Perubahan Ruang Terhadap Kehidupan Ekonomi

Negara-negara anggota ASEAN mulai menerapkan AFTA (ASEAN Free Trade Area) dalam kehidupan internasionalnya. Secara ekonomis, pemberlakukan AFTA akan menjadikan kegiatan ekonomi lebih meluas. Produsen beras seperti Thailand dapat dengan mudah mengekspor produknya ke Singapura, Indonesia, dan negara anggota ASEAN lain tanpa dibebani pajak, begitupun sebaliknya. Pilihan konsumsi pun semakin banyak, baik kualitas maupun harganya. Kerja sama negara-negara ASEAN ini mendorong terjadinya perubahan tatanan kerja sama antarnegara dalam bidang ekonomi. Persaingan dalam kegiatan ekonomi menjadi lebih ketat dengan adanya kompetitor dari luar negeri.

4.  Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman terhadap Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang

Konversi lahan pertanian sering terjadi di negara-negara ASEAN dengan laju pertumbuhan penduduk relatif tinggi, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Filipina. Konversi terjadi terutama di daerah pinggiran kota ataupun area persawahan yang letaknya berdekatan dengan fasilitas umum, seperti di dekat pasar. Konversi lahan pertanian bersifat menular, artinya ketika satu petak lahan telah dikonversi, lahan pertanian di sekitar petak tersebut juga rawan dikonversi. Hal ini berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan masyarakat di daerah tersebut.
 

1.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Contoh kerjasama yang pernah dilakukan oleh ASEAN dalam menanggulangi bencana alam antara lain…


A. tragedi tsunami di malaysia tahun 2006
B. kebakaran hutan di sumatera tahun 2015
C. gempa bumi di singapura
D. banjir bandang di thailand tahun 1998

JAWABAN BENAR

B.

kebakaran hutan di sumatera tahun 2015

PEMBAHASAN

Contoh kerja sama ASEAN dalam menanggulangi bencana klimatik, yaitu ketika terjadi kebakaran hutan yang hebat di Sumatera tahun 2015, Malaysia dan Singapura atas nama ASEAN memberikan bantuan peminjaman pesawat pemadam kebakaran. Indonesia dan beberapa negara ASEAN lain membantu Filipina yang mengalami bencana badai Haiyan tahun 2014. 

2.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Faktor yang menimbulkan berbagai faktor interaksi antar negara dalam lingkup perubahan ruang adalah ..


A. faktor iklim dan geologi
B. faktor budaya dan kebudayaan
C. faktor ilmiah
D. faktor pendidikan

JAWABAN BENAR

A.

faktor iklim dan geologi

PEMBAHASAN

faktor yang menimbulkan berbagai bentuk interaksi antara negara tersebut, antara lain faktor iklim dan faktor geologi.

3.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Negara ASEAN yang tidak memiliki sumber daya alam pertambagan adalah negara …


A. Indonesia
B. Vietnam
C. Singapura
D. Jepang

JAWABAN BENAR

C.

Singapura

PEMBAHASAN

Negara Singapura yang wilayahnya sangat sempit memiliki keterbatasan sumber daya alam barang tambang, tetapi menguasai perdagangan dan industri.

4.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Wujud bentuk Pengaruh perubahan ruang dalam lingkup teknologi adalah…


A. teknologi komunikasi dan transportasi
B. teknologi pemasaran
C. teknologi edukasi
D. teknologi robot

JAWABAN BENAR

A.

teknologi komunikasi dan transportasi

PEMBAHASAN

Teknologi yang memiliki peranan besar dalam mengubah kehidupan manusia dalam berinteraksi adalah teknologi transportasi dan teknologi komunikasi. Teknologi transportasi dimanfaatkan untuk memindahkan barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Teknologi komunikasi dimanfaatkan untuk bertukar informasi. Teknologi produksi digunakan untuk memproduksi sandang, pangan, dan papan.

5.

Isilah titik-titik dibawah ini !

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara ASEAN sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dalam aspek sosial yaitu …


A. Kebutuhan transportasi massal semakin tinggi untuk menghindari kemacetan.
B. penjualan berkurang
C. banyak kriminal dimana-mana
D. pendidikan semakin tinggi

JAWABAN BENAR

A.

Kebutuhan transportasi massal semakin tinggi untuk menghindari kemacetan.

PEMBAHASAN

Perubahan yang terjadi di negara ASEAN sebagai akibat perkembangan transportasi dan teknologi adalah sebagai
berikut:
a) Bertambahnya jumlah penduduk dalam waktu singkat. 
b) Kebutuhan transportasi massal semakin tinggi untuk menghindari kemacetan. 
c) Maraknya perdagangan manusia. 
d) Kerja sama luar negeri semakin mudah.

redesain-navbar Portlet