APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Cerita Inspiratif

MATERI

Pengertian Teks Cerita Inspirasi


 

Pengertian Teks Cerita Inspirasi

Sobat pintar pernah gak sih kita merasa putus asa dan kehilangan inspirasi. Apakah kalian pernah merasa demikian? Untuk mendapatkan inspirasi, kita harus mencari dari berbagai macam hal dan sumber. Nah, jika kamu sedang membutuhkan inspirasi dalam hidup, teks inspirasi dapat menjadi salah satu dari beberapa sumber inspirasi kalian. Apa itu teks inspirasi? Yuk, simak penjelasan di bawah ini !

Cerita inspiratif adalah satu bentuk prosa yang berisi kisah seseorang yang bertujuan untuk memberikaninspirasi atau motivasi. Prosa merupakan karangan bebas yang tidak terikat aturan seperti yang terdapatdalam puisi. Cerita inspieatif biasanya berdasarkan pengalaman pribadi seseorang kemudian diceritakankembali dalam bentuk prosa.

Cerita yang mampu mengilhami, menggugah kesadaran, dan membuka pencerahan pembaca.

Tujuan teks inspirasi adalah untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, dan rasa percaya diri untuk menghadapi semua tantangan yang mungkin akan dihadapi dalam mencapai tujuan yang diharapkan secara positif.

Ciri-ciri Teks Cerita Inspirasi


Sobat pintar sebelum membuat teks cerita inspirasi tentu kita harus tau ciri-ciri tek tersebut bukan ? apa sobat pintar  sudah tau ciri-ciri teks cerita inspirasi ? yuk simak penjelasan dibawah ini ?

Ciri-ciri Teks Cerita Inspirasi

1. Kisah nyata

Teks inspirasi biasanya diangkat atau diadaptasi dari sebuah kisah nyata. Ini digunakan untuk memberikan gambaran bahwa hal-hal yang terjadi dalam kisah tersebut ternyata dapat juga terjadi dalam kehidupan pembaca.

2. Tema

Selain kisah nyata, setiap bentuk tulisan teks inspirasi dapat dikembangkan dari satu tema tertentu menjadi kisah inspirasi yang menarik.

3. Judul

Setiap teks inspirasi harus diberikan judul untuk memudahkan pembaca mengidentifikasi tentang gambaran isi teks.

4. Alur

Dalam teks inspirasi terdapat alur cerita untuk memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah. Maka, teks inspirasi juga dapat disebut sebagai teks cerita karena di dalamnya terdapat alur, yaitu urutan waktu cerita dari awal hingga akhir yang dapat dipahami pembaca.

5. Bersifat naratif

Teks inspirasi tentunya bersifat naratif atau cerita karena seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, di dalamnya terdapat alur.

6. Ada tokoh yang diceritakan

Pada teks inspirasi terdapat tokoh cerita dengan kisah hidupnya yang dijadikan sumber inspirasi, contoh, atau teladan bagi pembaca. Pada umumnya, tokoh dalam cerita inspiratif adalah manusia.

1.

Jawablah soal berikut dengan tepat!

Yang bukan merupakan ciri teks cerita inspirasi adalah . . .


A. Kisah nyata
B. Bersifat persuasif
C. Ada tokoh yang diceritakan
D. Memiliki Tema

JAWABAN BENAR

B.

Bersifat persuasif

PEMBAHASAN

Ciri-ciri Teks Cerita Inspirasi

1. Kisah nyata

2. Tema

3. Judul

4. Alur

5. Bersifat naratif

6. Ada tokoh yang diceritakan

2.

"Pilihlah jawaban ini dengan tepat!"

Teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi yang mampu menggugah inspirasi dan semangat seseorang yang membacanya merupakan pengertian dari…


A. Teks Narasi
B. Teks Cerita Inspiratif
C. Teks Diskusi
D. Teks Pidato

JAWABAN BENAR

B.

Teks Cerita Inspiratif

PEMBAHASAN

Teks cerita inspiratif adalah teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi yang mampu menggugah inspirasi dan semangat seseorang yang membacanya

3.

Pilihlah jawaban yang benar!

Berikut ini yang tidak termasuk dalam ciri-ciri teks cerita inspiratif adalah…


A. Memiliki judul
B. Cerita sistematis
C. Bentuk cerita panjang
D. Ide cerita mengandung simpati

JAWABAN BENAR

C.

Bentuk cerita panjang

PEMBAHASAN

Teks cerita inspiratif memiliki judul, alur ceritanya sistematis, berbentuk cerita pendek dan ide cerita mengandung simpati.

redesain-navbar Portlet