APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Demi Keluarga

MATERI

Pengertian dan Tujuan Teks Deskripsi

Keluarga merupakan sekelompok orang yang terikat oleh hubungan darah. Keluarga inti terdiri atas ayah, ibu, dan anak, sedangkan keluarga besar merupakan keluarga inti dan ditambah dengan anggota keluarga lain, seperti nenek-kakek, paman-bibi, dan yang lainnya. Menceritakan tentang keluarga dapat disampaikan melalui teks deskripsi.

Di kelas sebelumnya, kalian telah belajar tentang teks deskripsi dan ciri- cirinya. Untuk menyegarkan ingatan, mari kita bahas kembali secara singkat. Teks deskripsi memaparkan objek atau tempat secara terperinci, berisi pemaparan atau penggambaran yang detail sehingga seolah-olah pembaca dapat membayangkan objek atau tempat yang digambarkan dalam teks tersebut.

Teks deskripsi mengandung unsur emosi, seolah-olah pembaca dapat merasakan, melihat, dan mendengar objek yang dipaparkan. Tujuannya adalah memerincikan dan menggambarkan objek dari sudut pandang penulis agar pembaca ikut terlibat dalam peristiwa dan perasaan yang dialami penulis. 

Berikut adalah contoh cerita pendek yang bertemakan keluarga 

Keluarga Adalah Segalanya

Ayahku adalah seorang pelaut. Ayah pergi bekerja dan pulang tiga bulan sekali bukan hal mudah bagi kami selalu terpisah jarak dan waktu. Ketika aku kecil aku selalu menangis saat mengantar kepergian ayah untuk berlayar. Aku selalu menghalangi jalannya. Dan itu selalu membuat matanya berkaca-kaca. “Ayah pergi demi kalian anak-anakku, demi ibu dan demi masa depan kita”.
Setiap tiga bulan terakhir aku selalu menunggu kedatangan ayah bahkan aku selalu tertidur di ruang tamu untuk menanti kehadirannya. Bukan oleh-oleh yang kami buru. Tapi harum tubuh ayah yang kami rindukan. Seperti saat ini pukul 19.30 ada yang mengetuk pintu “tok..tok..tok Assalamualaikum”.
Kami menjawab sambil berhamburan ke depan pintu. Setelah terlihat sosok gagah itu kami langsung berhamburan ke pelukannya merasakan harum bau tubuhnya dan melepaskan rindu yang kian menggebu akhirnya terlepaskan.
Keesokan harinya merupakan momen yang kami tunggu untuk sekedar berkumpul menikmati secangkir teh atau sarapan bersama dan itu hanya ada waktu satu minggu.

Ide Pokok Teks Deskripsi


Setelah membaca cerpen yang terdapat pada bab sebelumnya, kini tugas kalian adalah menentukan ide pokok dan ide pendukung paragraf-paragraf dalam teks “Keluarga Adalah Segalanya”.
Ide pokok adalah topik yang menjadi pokok pengembangan sebuah paragraf. Dengan kata lain, ide pokok adalah intisari dari sebuah paragraf. Ide pokok diperkuat oleh ide pendukung. Artinya, ide pendukung memperkuat dan melengkapi ide pokok. Untuk menemukan ide pokok, kalian perlu membaca sebuah paragraf dengan saksama. Temukan kalimat yang mewakili isi paragraf tersebut. Posisi kalimat yang menjadi ide pokok tersebut dapat di awal, di akhir, di awal dan akhir, dan di tengah paragraf. Kadang, kalian harus menyimpulkan ide pokok tersebut dengan kalimat kalian sendiri. Karena itu, kalian harus mencermati bacaan dengan sebaik-baiknya.

Perhatikan kembali contoh paragraf berikut!
Ayahku adalah seorang pelaut. Ayah pergi bekerja dan pulang tiga bulan sekali bukan hal mudah bagi kami selalu terpisah jarak dan waktu. Ketika aku kecil aku selalu menangis saat mengantar kepergian ayah untuk berlayar. Aku selalu menghalangi jalannya. Dan itu selalu membuat matanya berkaca-kaca. “Ayah pergi demi kalian anak-anakku, demi ibu dan demi masa depan kita”.

Paragraf di atas merupakan contoh paragraf deduktif sebab letak ide pokoknya berada di bagian awal paragraf, yakni menjelaskan profesi ayah dari tokoh “aku” sebagai seorang pelaut. 

Sekarang kalian dapat mencoba mencari tahu jenis paragraf yang lain pada bagian setelahnya.

1.

Jawablah pertanyaan berikut!

Teks yang berisi pemaparan atau penggambaran yang detail sehingga seolah-olah pembaca dapat membayangkan objek atau tempat yang digambarkan disebut dengan  …


A. Teks deskripsi
B. Teks pemaparan
C. Teks eksplanasi
D. Teks narasi

JAWABAN BENAR

A.

Teks deskripsi

PEMBAHASAN

Teks deskripsi adalah Teks yang berisi pemaparan atau penggambaran yang detail sehingga seolah-olah pembaca dapat membayangkan objek atau tempat yang digambarkan.

2.

Jawablah pertanyaan di bawah dengan benar!

Tujuan penulisan teks deskripsi adalah …


A. Menjelaskan pendapat penulis secara terperinci
B. Menyampaikan hasil pengamatan penulis kepada pembaca
C. Menggambarkan suatu objek secara gamblang
D. Menggambarkan proses terjadinya suatu peristiwa

JAWABAN BENAR

C.

Menggambarkan suatu objek secara gamblang

PEMBAHASAN

Tujuan penulisan teks deskripsi adalah untuk memberikan gambaran tentang suatu objek secara terperinci / gamblang dari sudut pandang penulis seolah-olah pembaca menyaksikan, mendengarkan, bahkan ikut merasakan secara langsung objek tersebut melalui teks yang dibacanya.

3.

Kerjakan soal berikut!

Keluarga merupakan sekelompok orang yang terikat hubungan darah. Ada dua jenis keluarga, yakni keluarga inti dan keluarga besar. Berikut ini yang ridak termasuk anggota keluarga inti adalah ….


A. ayah
B. ibu
C. adik
D. tante

JAWABAN BENAR

D.

tante

PEMBAHASAN

Keluarga inti terdiri atas orang tua atau ayah-ibu dan anak sehingga tante atau bibi tidak termasuk di dalamnya.

4.

Pilihlah jawaban yang benar!

Berdasarkan letak ide pokoknya, paragraf dibedakan menjadi …. jenis 


A. dua
B. tiga
C. empat
D. lima

JAWABAN BENAR

C.

empat

PEMBAHASAN

Berdasarkan letak ide pokoknya, paragraf dibedakan menjadi empat jenis, yaitu deduktif, induktif, campuran, dan ineratif.

5.

Tentukan jawaban yang tepat!

Jika ide pokok suatu paragraf berada di bagian tengah paragraf, jenis paragraf tersebut adalah ….


A. Paragraf deduktif
B. Paragraf induktif
C. Paragraf ineratif
D. Paragraf campuran

JAWABAN BENAR

C.

Paragraf ineratif

PEMBAHASAN

Paragraf ineratif merupakan jenis paragraf yang letak ide pokoknya berada di bagian tengah paragraf.

redesain-navbar Portlet