APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Merencanakan Masa Depan

MATERI

Struktur Teks Diskusi

STRUKTUR TEKS DISKUSI

Sebuah teks dikatakan sebagai teks diskusi jika telah memenuhi struktur teks berikut ini.

1. ISU

Pada bagian isu, anda harus menuliskan suatu topik atau masalah yang ingin anda bahas lebih lanjut pada sebuah diskusi.

2. ARGUMEN PENDUKUNG (PRO)

Bagian argumen pendukung, merupakan tulisan yang pembahasannya searah, setuju, dan bersifat mendukung topik yang menjadi bahasan pada diskusi yang ada dalam teks.

3. ARGUMEN PENENTANG (KONTRA)

Bagian argumen penentang merupakan kebalikan dari argumen pendukung. Bagian ini berisi tentang pembahasan yang bertolak belakang, dan menentang topik yang menjadi bahan perbincangan pada teks.

4. KESIMPULAN

Bagian kesimpulan berisi mengenai kesimpulan dan saran mengenai topik yang tengah dibahas dalam diskusi. Pernyataan yang tidak memiliki tendensi kepada suatu pihak dan merupakan jalan tengah dari isu yang didiskusikan.

Langkah Menyusun Teks Diskusi


 

Langkah - Langkah Menyusun Teks Diskusi

Oke kita akan membahas tentang langkah - langkah menyusun teks diskusi, bagaimana caranya menyusun teks diskusi, langsung saja ya, silahkan disimak!!!

1. Menentukan topik perdebatan/isu

2. Menentukan tujuan (memberi penjelasan tentan pro kontra)

3. Mencari informasi/data tentang isu yang dipilih

misalnya kita memilih isu/topik tentang vandalisme, maka kita harus mencari informasi tentang vandalisme <<

4. Menyusun kerangka teks/karangan

5. Mengembangkan kerangka menjadi teks diskusi

6. Merivisi/menyunting teks diskusi

Unsur dalam Diskusi


 

 

Unsur-unsur dalam Diskusi

Unsur-unsur diskusi merupakan beberapa perangkat yang diperlukan untuk menunjang dilaksanakannya suatu proses diskusi. Unsur-unsur tersebut adalah:

1. Moderator

Moderator ialah orang yang bertugas untuk memimpin jalannya diskusi. Moderator merupakan pemimpin sebuah diskusi, maka seorang moderator juga sering disebut dengan pempimpin diskusi. Moderator juga diharuskan untuk menengahi anggota diskusi yang berdebat di dalam proses diskusi. Oleh sebab itu, moderator merupakan unsur yang sangat penting di dalam diskusi.

2. Panelis atau Narasumber

Panelis atau narasumber merupakan orang yang bertugas untuk memberikan materi di dalam suatu diskusi. Panelis atau narasumber bisa terdiri dari satu orang atau bahkan lebih. Selain memberikan materi terhadap permasalahan diskusi, panelis juga bertugas untuk memaparkan beberapa alternatif pemecahan permasalahan tersebut, agar para anggota diskusi memahami arti sesunggunya mengenai masalah yang diangkat. Panelis juga harus siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyan dari peserta atau anggota diskusi.

3. Notulen

Notulen atau sering juga disebut dengan notulis merupakan orang yang bertugas untuk mencatat keseluruhan jalannya diskusi dari awal hingga akhir. Seorang notulen harus mampu dan terampil dalam menyaring informasi-informasi yang dikemukakan oleh anggota diskusi, baik itu sanggahan, pertanyaan, maupun pernyataan. Tugas lain dari seorang notulen ialah haru smampu mermbuat ringkasan atau hasil dari diskusi yang dijalankan.

4. Peserta Diskusi

Peserta diskusi atau anggota diskusi adalah orang-orang yang terlibat di dalam sebuah diskusi. Peserta diskusi haruslah memperhatikan tata tertib jalannya diskusi. Selain itu, seorang peserta diskusi juga dituntut untuk aktif memberikan pendapat atau pikirannya yang berguna bagi pemecahan permasalahan yang terdapat di dalam diskusi.

Selain dari ke empat unsur manusia yang telah disbeutkan di atas, sebuah diskusi juga harus didukung dengan adanya unsur berikut, yaitu:

5. Materi

Materi merupakan bahan yang diperlukan di dalam diskusi. Materi biasanya disampaikan oleh panelis atau narasumber. Materi haruslah menyangkut dengan permasalahan yang sedang diangkat dalam sebuah diskusi. Materi tersebut dapat berupa paparan masalah, alternative penyelesaian, dan lain-lain.

6. Peralatan

Satu hal yang tidak kalah penting di dalam diskusi ialah kehadiran perlengkapan ataupun peralatan penunjang. Peralatan disini tergantung dari jenis diskusi yang dibuat. Contohnya seperti microphone, meja, kursi, proyektor, dan lain-lain.

1.

Jawablah soal di bawah ini!

Orang yang bertugas untuk mencatat keseluruhan jalannya diskusi dari awal hingga akhir adalah . . .


A. Moderator
B. Narasumber
C. Notulen
D. Peserta

JAWABAN BENAR

C.

Notulen

PEMBAHASAN

Notulen atau sering juga disebut dengan notulis merupakan orang yang bertugas untuk mencatat keseluruhan jalannya diskusi dari awal hingga akhir. Seorang notulen harus mampu dan terampil dalam menyaring informasi-informasi yang dikemukakan oleh anggota diskusi, baik itu sanggahan, pertanyaan, maupun pernyataan. Tugas lain dari seorang notulen ialah haru smampu mermbuat ringkasan atau hasil dari diskusi yang dijalankan.

2.

Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

Teks diskusi mempunyai 4 struktur, yaitu…


A. Pendahuluan (isu), argumen yang mendukung, argumen menentang, simpulan.
B. Orientasi, argumen yang mendukung, argumen menentang, simpulan.
C. Pendahuluan (isu), komplikasi, resolusi, simpulan.
D. Pernyataan umum, opini,  argumen, simpulan.

JAWABAN BENAR

A.

Pendahuluan (isu), argumen yang mendukung, argumen menentang, simpulan.

PEMBAHASAN

4 struktur teks diskusi adalah pendahuluan (isu), argumen mendukung, argumen menentang dan simpulan.

redesain-navbar Portlet