APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Inggris

Descriptive Text

MATERI

Descriptive Text


 

Sobat pintar, sekarang kita pelajari dulu yuk apa dan bagaimana kita menulis teks deskripsi.

Descriptive text merupakan jenis text dalam bahasa inggris yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu hal.

Untuk menuliskan teks deskripsi yang baik, kalian perlu menjabarkan berdasarkan apa yang dirasa oleh indera kita.

Seperti halnya, Apa yang dapat dilihat, apa yang dapat terdengar disekitar, aroma apa yang ada di ruangan atau lingkungan itu, hal apa yang dirasakan saat kita di tempat ruangan, atau sedang berbicara dengan seseorang itu.

Tujuan dari descriptive text tentu saja untuk memberikan informasi kepada si pembaca baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain secara detail.

Language features descriptive:

  • Focus on specific participants
  • Use of attributive and identifying processes
  • Frequent use classifiers in nominal groups.
  • Use of the Simple Present Tense

Things can be described:

  1. Person
    Contoh: My mother, My idol, BJ Habibie, SBY, etc.
  2. Object
    Contoh: My unforgettable gift, Last year gift: watch / doll / bag, etc.
  3. Place/ Monument / Building
    Contoh: Kenjeran Park, National Monument (Monas), Bambu Runcing Monument, Camplong Beach, etc.

Things Can be Described: Objects

Sobat, untuk hal yang bisa dideskripsikan pertama adalah benda-benda yang ada di sekitar kita.

Contohnya, apa yang ada di dalam rumah, ruang kelas, atau bahkan taman sekitar tempat tinggal.

In the house (The living room)

  1. Chandelier
  2. Painting
  3. Pillows
  4. Armchair
  5. Round table
  6. Chair
  7. Rug

In the house (The dining room)

  1. Lamp shade
  2. Lamp
  3. Buffet
  4. Centerpiece
  5. DIning table
  6. Dining chair
  7. Vase

In the house (The bed room)

  1. Night table / nightstand
  2. Drawers
  3. Bed + bedcover
  4. Chest (of drawers)
  5. Alarm clock
  6. Curtain
  7. Rugs

In the class

  • Chair
  • Desk
  • Table
  • Book
  • Cupboard
  • Board
  • Globe
  • Clock
  • Picture
  • Air conditioner

Things Can be Described: Foods

Berikut ini adalah beberapa macam makanan dalam bahasa Inggris:

  • Rice (Nasi)
  • Bread (Roti)
  • Pasta (Pasta)
  • Pizza (Pizza)
  • Chicken (Ayam)
  • Beef (Daging sapi)
  • Fish (Ikan)
  • Shrimp (Udang)
  • Pork (Daging babi)
  • Lamb (Daging domba)
  • Salad (Salad)
  • Soup (Sup)
  • Sandwich (Roti lapis)
  • Burger (Burger)
  • Sushi (Sushi)
  • Fried Rice (Nasi goreng)
  • Fried Chicken (Ayam goreng)
  • Grilled Fish (Ikan panggang)
  • Steak (Steak)
  • Pancakes (Panekuk)
  • Omelette (Omelet)
  • Spaghetti (Spaghetti)
  • Hotdog (Hotdog)
  • Tacos (Tacos)
  • Burritos (Burritos)
  • Curry (Kari)
  • Sausages (Sosis)
  • Fried Noodles (Mie goreng)
  • Ice Cream (Es krim)
  • Cake (Kue)


 

Things Can be Described: Animals


 

Sobat Pintar, do you have a pet at home?  If yes, what is it?

Yuk, jawab pertanyaan di atas. Apakah kamu punya hewan peliharaan? Jika ya, apakah itu?

Hewan apa saja sih yang dapat kalian temui dengan mudah di sekitar rumah ataupun yang biasanya kita jumpai jika pergi ke kebun binatang?

Apakah ada di salah satu gambar berikut?

Things Can be Described: Buildings and Places

Sobat, berikut adalah contoh dari beberapa bangunan dan tempat yang dapat menjadi bahan di teks deskripsi.

Things Can be Described: Person

Jika kalian ingin mendeskripsikan seseorang, kalian bisa mulai menyebutkan apa sih profesi dari orang tersebut.

In the family

  • Grand father
  • Grand mother
  • Father
  • Mother
  • Sister
  • Brother
  • Cousin
  • Niece
  • Nephew

Profession

  • Architect
  • Butcher
  • Cook
  • Doctor
  • Engineer
  • Farmer
  • Graphic designer
  • Hairstylist
  • Interpreter
  • Judge

1.

Answer the question below!

Which one is not in the same group?


A. Bedcover
B. Night table
C. Whiteboard
D. Drawers

JAWABAN BENAR

C.

Whiteboard

PEMBAHASAN

Dari opsi jawaban yang ada; Bedcover, Night table, Drawers adalah beberapa contoh barang yang ada di ruang tidur (Bed room) sedangkan Whiteboard tidak termasuk.

2.

Answer the question below!

Which one does not belong to the same group?


A. Chandelier, Painting, Globe
B. Buffet, Centerpiece, Dining table
C. Night table, Drawers, Bed
D. Globe, Clock, Picture

JAWABAN BENAR

A.

Chandelier, Painting, Globe

PEMBAHASAN

Pertanyaan: Mana yang tidak termasuk dalam kelompok yang sama?
Dari opsi jawaban yang ada:
•    Chandelier, Painting, Globe -> 2 hal seperti Chandelier, Painting termasuk barang yang ada dalam Living Room, sedangkan Globe tidak termasuk barang yang biasanya ada pada living room
•    Buffet, Centerpiece, Dining table -> Semua benda memang biasa ada di dalam Dining room
•    Night table, Drawers, Bed -> Semua benda memang biasa ada di Bed Room
•    Globe, Clock, Picture -> Semua benda memang biasa dapat berada di dalam Class room

3.

Answer the question below!

What do you call “Baki/Nampan” in English?


A. Tablecloth
B. Tray
C. Saucer
D. Bencher

JAWABAN BENAR

B.

Tray

PEMBAHASAN

Dalam Bahasa Inggris baki atau nampan adalah Tray.

4.

Answer the question below!

What do you call “Wastafel” in English?


A. Stove
B. Faucet
C. Sink
D. Cupboard

JAWABAN BENAR

C.

Sink

PEMBAHASAN

Dalam Bahasa Inggris Wastafel adalah Sink.

5.

Answer the question below!

Dolphins are amazing marine creatures known for their intelligence and playful behavior. They are mammals and can be found in oceans all around the world. Dolphins have sleek, grayish-blue skin and are often seen leaping out of the water, riding the waves created by boats, or playing with each other. These social animals are known for their friendly and curious nature, and they are often considered one of the most beloved animals in the sea."

What are dolphins known for?


A. Their fur
B. Their intelligence and playful behavior
C. Their size
D. Their spots

JAWABAN BENAR

B.

Their intelligence and playful behavior

PEMBAHASAN

Teks menyebutkan bahwa dolphins are amazing marine creatures known for their intelligence and playful behavior.

redesain-navbar Portlet