APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Tajuk Rencana

MATERI

Pengertian Tajuk Rencana

Pengertian Tajuk Rencana

Sering kita mendengarkan istilah tajuk rencana. namun sering kita juga tidak memahami istilah tersebut secara detail. Banyak hal yang dapat kita pelajari terkait dengan tajuk rencana, meliputi Apa pengertian dari tajuk rencana?, bagaimana ciri-cirinya? apa fungsinya dan apa tujuan dari penggunaan tajuk rencana tersebut? bagaimana cara membuat tajuk rencana? dan banyak hal lain yang dapat kita pahami secara mendalam terkait dengan hal tersebut. pada kesempatan kali ini, Mari kita pelajara bersama sobat pintar. Tajuk rencana atau yang juga sering disebut editorial adalah artikel pokok dalam surat kabar yang ditulis berdasarkan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dengan kata lain tajuk rencana dapat diartikan sebagai suatu opini juga sikap resmi dari suatu media massa sebagai institusi penerbitan terhadap suatu persoalan atau peristiwa yang menjadi perbincangan publik. Selain itu tajuk rencana juga dapat dikatakan sebagai artikel utama pada sebuah surat kabar dan menjadi pandangan suatu media atau redaksi terhadap suatu fenomena yang berkembang di masyarakat.

Pernyataan fakta dan opini ini biasanya diutarakan secara singkat, logis, menarik ditinjau dari segi penulisan dengan tujuan untuk mempengaruhi pendapat/ menerjemahkan berita yang menonjol agar pembaca menjadi menyimak seberapa penting berita tersebut. Fungsi tajuk rencana biasanya menjelaskan berita, artinya, dan akibatnya pada masyarakat. Tajuk rencana juga mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh. Dalam tajuk rencana terkadang juga ada ramalan atau analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi, serta meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut.

Fungsi Tajuk Rencana

Apa Saja Fungsi dari Tajuk Rencana ?

Berdasarkan pengertian dari tajuk rencana itu sendiri, dapat di interpretasikan bahwa terdapat beberapa fungsi tejuk rencana itu di buat. Menurut William Pinkerton dari Harvard University, amerika Serikat, fungsi tajuk rencana adalah:

a. Menjelaskan berita (explaining the news)

Tajuk rencana menjelaskna berita-berita penting kepada para pembaca. Tajuk rencana berfungsi sebagai guru, menerangkan bagaimana suatu kejadian tertentu berlangsung, serta faktor apa yang diperhitungkan untuk menghasilkan perubahan dalam kebijkana pemerintah.

b. Menjelaskan latar belakang (filling in background)

Tajuk rencana dapat menggambarkan kejadian tersebut dengan latar belakang sejarah, yaitu menghubungkannya dengan sesuatu yang telah terjadi sebelumnya. Tajuk rencana dapat menunjukkan hubungan antara berbagai peristiwa yang terpisah: politik, ekonomi, sosial. Kadang-kadang tajuk rencana memuat suatu pandangan dan menunjukkan kesamaan dengan sejarah, yaitu kesamaan yang bertujuan untuk mendidik masyarakat.

c. Meramalkan masa depan (forecasting the future)

Suatu tajuk rencana menyajikan analisis yang melewati batas berbagai peristiwa sekarang dengan tujuan meramalkan sesuatu yang akan terjadi pada masa mendatang.

d. Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral jugment)

Menurut tradisi lama, para penulis tajuk rencana bertugas mempertahankan kata hati masyarakat. Mereka diharapkan memertahankan isu-isu moral dan mempertahankan posisi mereka. Jadi, para penulis tajuk rencana akan berurusan dengan “pertimbangan nilai”. Mereka berkata pada para pembaca tentang sesuatu yang benar dan salah.

1. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam fungsi tajuk rencana yaitu ?
A. Menjelaskan berita (explaining the news)
B. Menjelaskan latar belakang (filling in background)
C. Meramalkan masa depan (forecasting the future)
D. Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral jugment)
E. Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral jugment)

JAWABAN BENAR

E.

Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral jugment)

PEMBAHASAN

Pembahasan :

Yang menjadi ciri-ciri dari tajuk rencana yaitu : Menjelaskan berita (explaining the news), Menjelaskan latar belakang (filling in background), Meramalkan masa depan (forecasting the future), Menyampaikan pertimbangan moral (passing moral jugment)

2. Yang dimaksud explaining the news ?
A. Tajuk rencana berfungsi sebagai guru, menerangkan bagaimana suatu kejadian tertentu berlangsung
B. Tajuk rencana dapat menggambarkan kejadian tersebut dengan latar belakang sejarah
C. Meramalkan sesuatu yang akan terjadi pada masa mendatang
D. Tajuk rencana bertugas mempertahankan kata hati masyarakat
E. Tajuk rencana memuat suatu pandangan dan menunjukkan kesamaan dengan sejarah

JAWABAN BENAR

A.

Tajuk rencana berfungsi sebagai guru, menerangkan bagaimana suatu kejadian tertentu berlangsung

PEMBAHASAN

Pembahasan :

Explaining the news adalah tajuk rencana menjelaskna berita-berita penting kepada para pembaca. Tajuk rencana berfungsi sebagai guru, menerangkan bagaimana suatu kejadian tertentu berlangsung, serta faktor apa yang diperhitungkan untuk menghasilkan perubahan dalam kebijkana pemerintah.

redesain-navbar Portlet