APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Interpretasi Peta dan Pengolahan Citra Penginderaan Jauh Terkait Jaringan Transportasi dan Tata Guna Lahan

MATERI

1.

Perhatikan pernyataan berikut!

Manfaat citra:
1.    memetakan daerah aliran sungai
2.    mengamati beda ketinggian tempat
3.    mengetahui sistem pola angin permukaan
4.    membantu analisis dan prakiraan cuaca
5.    pengamatan jenis dan pola gerakan
Pemanfaatan penginderaan jauh di bidang meteorologi terdapat pada angka….
a.    1, 2 dan 4
b.    1, 2 dan 5
c.    1, 3 dan 4
d.    2, 3 dan 5
e.    3, 4 dan 5

 


JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Meteorologi merupakan ilmu yang mempelajari keadaan atmosfer. Penginderaan Jauh juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia salah satunya di bidang meteorologi, diantaranya mengetahui sistem pola angin permukaan, membantu analisis dan prakiraan cuaca dan pengamatan jenis dan pola gerakan.

Jawaban : 3, 4 dan 5

2.

Perhatikan pernyataan berikut!

Karakteristik objek pada citra:
1.    bentuk dan ukuran rumah sama
2.    pola perumahan memanjang mengikuti jalan tanah
3.    jarak rumah satu sama lain sama
4.    sekitar rumah terdapat pekarangan yang luasnya sama
5.    tampaknya ada tanaman dari bertekstur sedang sampai kasar.
Objek wisata yang tergambar kemungkinan pemukiman di daerah….
a.    pedesaan
b.    pantai
c.    transmigrasi
d.    perkotaan
e.    pegunungan

 


JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Berdasarkan ciri yang disebutkan kemungkinan permukiman ini berada di daerah transmigrasi, yaitu daerah yang sengaja dirancang untuk mengikuti pola tertentu seperti pola pemukiman yang memanjang mengikuti jalan tanah, bentuk dan ukuran rumah yang sama, jarak rumah satu sama lain seragam, terdapat pekarangan yang sama luas. Selain itu di sekitar pemukiman terdapat beberapa tanaman dengan tekstur sedang hingga kasar.

Jawaban: Transmigrasi

3.

Pilih jawaban paling tepat!

Pada foto udara jalan kereta api seperti pita kecil dengan tikungan tidak tajam, bagian hilir sungai tampak seperti pita yang lebih besar dan berkelok-kelok, dan atap rumah seperti segi empat. Interpretasi foto udara tersebut berdasarkan pada unsur….
a.    warna
b.    bayangan
c.    rona
d.    tekstur
e.    bentuk

 


JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Interpretasi citra adalah kegiatan mengkaji foto udara atau citra yang bertujuan untuk mengidentifikasi objek dan menilai arti pentingnya objek tersebut. Dengan melakukan interpretasi citra, penafsir dapat lebih mudah dalam menganalisis karena telah mengenal kenampakan objek yang tergambar. Bentuk suatu objek di permukaan bumi jika dilihat dari foto udara akan bermacam-macam. Contohnya jalan kereta api seperti pita kecil dengan tikungan tidak tajam, bagian hilir sungai tampak seperti pita yang lebih besar dan berkelok-kelok, dan atap rumah seperti segi empat.

Jawaban: Bentuk

4.

Pilih jawaban paling tepat!

Hasil penginderaan jauh yang berupa citra memiliki karakteristik yang khas. Konfigurasi objek citra dapat dipahami dari….
a.    rona
b.    ukuran
c.    bayangan
d.    bentuk
e.    pola

 


JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Konfigurasi objek citra dapat dilakukan dengan memahami bentuk atau karakteristik yang khas. Terdapat dua jenis bentuk yang pertama adalah bentuk yang bisa dikenali dengan sekilas (shape) dan bentuk yang dapat dilihat lebih rinci (uniform). Bentuk yang dapat dilihat sekilas diterapkan pada kenampakan secara umum misalnya gunung api yang terlihat seperti segi tiga, sementara bentuk yang dapat dilihat lebih rinci yaitu dengan melihat kenampakan tidak hanya satu kenampakan saja (misal dari bentuk segitiganya saja) melainkan dari bentukan lainnya misalnya pada lereng, patahan dan lain-lain.

Jawaban: Bentuk

5.

Pilihlah jawaban paling tepat untuk pertanyaan berikut!

Bila objek pada sebuah citra terlihat gelap, hal ini disebabkan oleh….
a.    tekstur objek halus
b.    tekstur objek kasar
c.    intensitas sinar besar
d.    situs objek terpencil
e.    pantulan sinar dari objek sedikit

 


JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Gelap terangnya objek dalam pada citra bergantung pada kemampuan objek tersebut dalam memantulkan cahaya. Tiap-tiap objek memiliki karakteristik yang berbeda dalam memantulkan atau memancarkan tenaga ke sensor. Objek yang mempunyai daya pantul tinggi akan terlihat cerah pada citra, sedangkan objek berdaya pantul rendah akan terlihat gelap pada citra. Contohnya, permukaan puncak gunung yang tertutup oleh salju yang mempunyai daya pantul tinggi terlihat lebih cerah daripada permukaan puncak gunung yang tertutup oleh lahar dingin.

Jawaban: Pantulan sinar dari objek sedikit

6.

Pilihlah jawaban yang tepat!

Model analisis untuk menentukan jangkauan rumah sakit adalah ....
a.    intersection
b.    overlay
c.    buffering
d.    intersect
e.    union

 


JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Merupakan analisis yang menghasilkan layer spasial baru berbentuk poligon yang melingkupi suatu objek sebagai pusatnya sehingga dapat memungkinkan seorang user untuk membuat suatu jangkauan atau batasan dari area tertentu. offering misalnya dapat digunakan untuk menentukan jalur hijau di perkotaan, menggambarkan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang dimiliki suatu negara, mengetahui luas daerah yang mengalami tumpahan minyak di Laut, atau untuk menentukan lokasi pasar, toko atau outlet dengan memperhatikan lokasi konsumen termasuk memperhatikan lokasi toko atau outlet yang dianggap pesaing.

Jawaban: Buffering
 

7.

Pilihlah jawaban yang tepat!

Penentuan lokasi di peta dengan menggunakan data atau lokasi yang telah diketahui baik di lapangan maupun di peta disebut ....
a.    resection
b.    map setting
c.    map layouting
d.    marking
e.    overlay

 


JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Reseksi merupakan penentuan lokasi di peta dengan menggunakan data atau lokasi yang telah diketahui baik di lapangan maupun di peta. Reseksi ini biasanya menggunakan dua atau lebih kenampakan objek yang dikenali. Teknik ini membutuhkan alam terbuka untuk membidik tanda medan.

Jawaban: Resection

redesain-navbar Portlet