redesain-navbar Portlet

Blog

Jurusan Kuliah Ini Sering Dipilih oleh Perempuan, image via oupeltglobalblog.com

10 Jurusan Kuliah Ini Sering Dipilih oleh Perempuan

Jurusan-jurusan kuliah tertentu sering dianggap lebih sesuai untuk perempuan.

Apakah adil bila ada jurusan kuliah tertentu yang dikatakan lebih sesuai untuk laki-laki dan jurusan lain untuk perempuan? Memang tak ada batasan gender yang mutlak dalam hal menuntut ilmu. Baik laki-laki maupun perempuan, setiap orang memiliki hak yang sama untuk belajar. Bukan begitu, Sobat?

Meskipun demikian, dalam kenyataannya memang ada anggapan yang berkembang bahwa jurusan tertentu lebih sesuai untuk gender tertentu. Misalnya, 10 jurusan kuliah berikut ini sering dianggap lebih sesuai untuk perempuan.

 

1. Psikologi

Pada umumnya, perempuan cenderung memiliki olah rasa yang lebih halus dibanding laki-laki. Profesi psikolog yang harus mendengar keluh kesah dan memahami orang lain dianggap lebih sesuai dengan kehalusan perasaan perempaun. Itulah kenapa Jurusan Psikologi dikatakan lebih cocok untuk perempuan.

 

2. Kedokteran

Kuliah Kedokteran memang tak bisa dibilang ringan untuk perempuan. Jam kerja dokter juga cukup panjang bagi ketahanan fisik perempuan. Akan tetapi, dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, hingga dokter hewan sekalipun dapat membuka praktek pribadi di rumah sehingga jurusan kuliah ini dianggap sesuai untuk perempuan.

 

3. Keperawatan

Bila dicermati, mayoritas mahasiswa dari jurusan ini memang perempuan (mahasiswi). Memang lebih banyak perempuan yang memiliki karakter sabar dan telaten dalam merawat orang lain. Meskipun demikian, bukan berarti perawat laki-laki tak mampu bekerja sebaik perawat perempuan ya, Sobat.

 

4. Keguruan

Saat ini tak harus berlatarbelakang pendidikan keguruan untuk menjadi guru. Akan tetapi, ilmu-ilmu keguruan yang dipelajari selama kuliah tentu bermanfaat, apalagi bila Sobat memang ingin mendalami bidang pendidikan.

Nah, sama seperti Ilmu Keperawatan, jurusan-jurusan Kependidikan juga dianggap lebih banyak yang sesuai untuk perempuan karena faktor ketelatenan dan kesabarannya. Meskipun demikian, masih ada jurusan-jurusan tertentu, seperti Pendidikan Olah Raga, yang lebih didominasi laki-laki.

 

5. Kebidanan

Profesi bidan memang identik dengan perempuan. Bidan pun sering bekerja sama dengan dokter spesialis kandungan. Sama seperti dokter, bidan juga dapat membuka praktek di rumah selain bekerja pada instansi kesehatan.

Tak ada aturan yang melarang laki-laki kuliah Kebidanan. Akan tetapi, memang pada umumnya laki-laki kurang memiliki minat pada fase-fase kehamilan, proses persalinan, hingga perawatan bayi yang baru lahir.

 

6. Akuntansi

Don't get it wrong. Akuntan laki-laki juga ada, tapi kenapa jurusan ini lebih identik dengan perempuan? Perempuan sering dianggap memiliki ketelitian dalam menghitung keuangan yang lebih baik daripada laki-laki. Lagi-lagi, faktor ketelatenan diyakini berkontribusi pada ketelitian tersebut.

 

7. Manajemen

Masih dibidang Ekonomi, Manajemen juga menjadi jurusan yang banyak diminati perempuan. Pengelolaan sumberdaya hingga proses evaluasi yang ditangani Manajemen sering dianggap sejalan dengan ketelitian perempuan dalam memperhatikan detail.

 

8. Tata Rias

Dunia tata rias dewasa ini tak hanya dimonopoli oleh perempuan, dan pengguna tata rias pun tak terbatas pada perempuan saja. Meskipun demikian, profesi make up artist masih didominasi oleh perempuan. Dijurusan ini, mahasiswanya belajar tak hanya tata rias korektif, tapi juga tata rias karakter dan tata rias fantasi.

 

9. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi terbagi lagi menjadi beberapa konsentrasi, seperti marketing, advertising, jurnalistik, broadcasting, dan lain-lain. Biasanya perempuan lebih peka dalam suasana pergaulan sosial, sehingga jurusan ini identik dengan perempuan. Meskipun begitu, masih ada mahasiswa laki-laki dijurusan ini.

 

10. Sastra Inggris

Pada umumnya jurusan sastra, khususnya Sastra Inggris, lebih diminati perempuan ketimbang laki-laki. Kegiatan olah rasa, seperti membaca dan menganalisis novel atau puisi, memang lebih menarik bagi perempuan. Biasanya masih ada mahasiswa laki-laki pada jurusan ini – dalam komposisi yang serupa dengan mahasiswa perempuan dijurusan teknik.

 

Perlu dicatat sekali lagi, tak ada keharusan suatu jurusan menerima atau dipilih oleh gender tertentu. Bukan hal besar bila Sobat Pintar menjadi satu-satunya mahasiswa perempuan (mahasiswi) Teknik atau mahasiswa laki-laki Sastra Inggris. Yang penting, pilihlah jurusan tersebut sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuanmu.

Masih belum yakin dengan bakat, minat, dan kemampuanmu? Gunakan Minat Pintar untuk menggali lebih dalam. And then, take as much time as you need to decide how you're going to navigate your future.

Lebih masukan Blog

Ingin Jadi Pemimpin? Miliki 6 Kualitas Ini

Meskipun tak semua orang tertarik dengan perkembangan politik, tetap saja ada kakak-kakak...

Kenapa 4 Jenis Makanan Ini Berbahaya Bagi Otak?

Bila dihadapkan pada pilihan makanan enak tapi kurang sehat, dibanding makanan kurang enak...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line