APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

10 Macam Kebutuhan yang Dibutuhkan saat Kos Pertama Kali

Untuk menjalani kehidupan sebagai anak kos, ada beberapa barang yang mesti disiapkan.

Photo by deborah cortelazzi on Unsplash

Keperluan anak kos itu, percaya ga percaya, ternyata buanyak buanget! Kalau kamu bakal kos untuk pertama kalinya, siap-siap aja deh, Sobat Pintar. Akan ada momen-momen kamu, "Kok butuh ini ya," atau "Eh ga punya itu!" dan berbagai kepanikan lainnya sebab barang-barang itu diperlukan ASAP!

Aduh, jangan sampai kejadian sama kamu deh, Sobat. Kalau kamu masih belum ada ide kira-kira apa saja barang yang dibawa saat kos pertama kali, yuk cek list perlengkapan kost di bawah ini.

 

1. Peralatan Masak/Makan

perlengkapan yang harus dibawa anak kost
Photo by Tim Douglas on Pexels

Kebutuhan anak kos yang pertama ini mutlak, enggak bisa diganggu gugat kecuali kamu mau pakai mode survival atau minjem setiap hari. Perlengkapan yang harus dibawa anak kost ini adalah peralatan masak dan/atau makan. Kalau kos-kosanmu menyediakan dapur bersama dan kamu bertekad atau suka memasak, beberapa perlengkapan masak yang bakal dibutuhkan antara lain panci, wajan, spatula, pisau dapur, sampai kotak-kotak tempat penyimpanan. Kalau lebih suka beli nasi bungkus di warteg, setidaknya kamu punya piring, mangkuk, sendok garpu, dan gelas. Kamu mungkin bakal butuh teko atau alat pemanas air juga, enggak cuma galon isi ulang.

 

2. Perlengkapan Mandi

Apa saja yang harus dibawa saat kos
Photo by Alesia Kozik on Pexels

Karena digunakan setiap hari, perlengkapan mandi biasanya lebih mudah disiapkan ketimbang peralatan masak. Apalagi kalau sering traveling, kebutuhan perlengkapan mandi buat kos kurang lebih sama. Lihat aja barang-barang harianmu seperti handuk, sabun mandi, sampo, kondisioner, sikat gigi, pasta gigi, dan alat-alat pribadi lainnya. Tinggal "copy" semua perlengkapan mandi itu dan kemudian "paste" di kos-kosanmu biar kamu enggak perlu bawa semua barang itu kalau nanti pulang ke rumah.

 

3. Perawatan Pribadi dan Kesehatan

barang yang dibawa saat kos pertama kali
Photo by Ray Piedra on Pexels

Jangan ketinggalan paket lengkap skin care-mu, Sobat Pintar! Produk-produk perawatan kulit dan rambutmu juga perlu di-"copy-paste" dari rumah ke kos-kosan. Pertimbangkan juga, apakah kaca rias atau cermin gantung juga perlu menjadi bagian dari perlengkapan kos yang esensial buat kamu. Yang enggak boleh ketinggalan juga adalah obat-obatan yang biasa kamu butuhkan selama ini. Sewaktu-waktu sakit di kos-kosan, kamu sudah siap sedia dengan pertolongan pertama.

 

4. Peralatan Kamar Tidur

persiapan kos pertama kali
Photo by Skylar Kang on Pexels

Pada umumnya kamar kos-kosan itu udah lengkap, udah ada kasur, bantal, lemari, bahkan ada juga kos-kosan yang menyediakan meja belajar. Kamu tinggal melengkapi saja peralatan yang dibutuhkan dan belum tersedia, entah itu selimut, seprai, guling, lampu tidur, hanger, atau yang lain. Kalau perlengkapan tidur yang kamu butuhkan masih bisa diboyong ke kos-kosan, gapapa dibawa aja selama perlengkapan itu enggak bikin pemilik kos merasa kamu "merenovasi" propertinya tanpa izin.

 

5. Perlengkapan Belajar

barang yang dibutuhkan anak kos
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Salah satu barang yang dibutuhkan anak kos adalah meja belajar. Akan tetapi, seperti telah disebutkan di atas, pemilik kos biasanya menyediakan meja belajar di setiap kamar. Kalau sudah mendapatkan meja, mungkin kamu tinggal melengkapi kebutuhan belajarmu dengan book holders, lampu meja, kursi yang lebih nyaman, atau yang lain.

 

6. Alat-Alat Kebersihan


Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Sapu, pel, ember, dan tempat sampah biasanya sudah tersedia di tempat kos. Namun enggak bisa dipukul rata ya, Sobat. Fasilitas setiap kos-kosan berbeda, bahkan ada tempat kos yang menyediakan jasa bersih-bersih dan kamu tinggal menambah ongkos sekian rupiah dari harga kos. Beda cerita kalau ternyata kamu harus bersih-bersih sendiri di kos-kosanmu nanti atau kamu lumayan clean freak dengan kebersihan kamar pribadimu sendiri. Kalau begitu, alat-alat seperti lap sampai produk cairan pembersih adalah komponen wajib untuk persiapan kos pertama kali.

 

7. Peralatan Elektronik


Photo by Luna Lovegood on Pexels

Pemilik kos biasanya menginformasikan apa saja peralatan elektronik yang boleh dan tidak boleh dibawa anak kos karena terkait dengan beban listrik dan biaya yang harus dibayar. Selain ponsel, pada umumnya laptop menjadi perlengkapan kost yang wajib. Kamu juga bisa memasukkan rice cooker, setrika, sampai catokan rambut ke dalam kategori peralatan elektronik.

Soal keperluan anak kos yang satu ini, perhatikan soket listrik atau stop kontak yang tersedia di kos-kosan dan peralatan elektronik yang kamu gunakan. Pastikan steker yang kamu miliki cocok dan jumlah peralatanmu tidak berlebih. Untuk alasan keamanan, lebih baik tidak membawa peralatan elektronik lebih dari yang disepakati dengan pemilik kos.

 

8. Peralatan Mencuci


Photo by Ylanite Koppens on Pexels

Kamu bisa menggunakan jasa laundry buat mencuci pakaian, tetapi mencuci sendiri bisa lebih menghemat fulus. Lebih mudah lagi kalau ada mesin cuci yang bisa digunakan bergantian di kos-kosan. Bila kamu memutuskan untuk mencuci pakaian sendiri, salah satu kebutuhan anak kos yang enggak boleh ketinggalan adalah detergen.

 

9. Hiburan


Photo by Vlada Karpovich on Pexels

Healing-mu pakai apa, Sobat? Kamu perlu bawa komik-komik kesayanganmu ke kos-kosan? Oke, bawa aja karena itu adalah barang keperluan anak kos versimu sendiri. Kamu suka ngedrakor di ponsel atau laptop? Nah, mungkin kamu bakal butuh headphone alih-alih speaker – kecuali kamu suka nobar drakor sama teman-teman satu kos-kosan.

 

10. Alat Keamanan


Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Perlengkapan kos yang terakhir ini terbilang opsional. Pertimbangkan barangkali kamu butuh gembok atau kunci tambahan, pengaman jendela, sensor gerak, atau yang lain. Kebutuhan akan peralatan keamanan bersifat personal dan berbeda-beda antara satu anak kos dengan anak kos lainnya.

Berkaitan dengan keamanan, koentji dari segala koentji yang paling penting adalah mengenal teman kosmu. Bahkan, menjalin hubungan yang baik dengan teman kos adalah salah satu tips penting buat anak kos pemula. Dalam kondisi darurat, misalnya ada perlengkapan kos yang kamu enggak punya, di situ kamu bisa pinjam sama teman kos, kan?

Nah, sekarang kamu sudah punya gambaran kan, Sobat Pintar, apa saja yang harus dibawa saat kos? Barang-barang yang sudah disebutkan di atas mungkin berbeda dari list perlengkapan kost yang bakal kamu bikin. Enggak apa-apa, yang penting kamu tau apa saja perlengkapan yang kira-kira dibutuhkan di kos-kosanmu nanti. Selamat menjalani hidup baru sebagai anak kos, ya!

50

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog