redesain-navbar Portlet

Blog

Terbaik di Jawa, image credit Wikimedia Commons/Ilham Kuniawan Gumilang

10 PTN Terbaik di Jawa – Siapa yang Juara?

Pemeringkatan PTN dapat memberi sudut pandang berbeda tentang pilihan kampus kuliah.

Sebelum pendidikan tinggi kembali menjadi domain Kemendikbud, beberapa waktu lalu Kemenristekdikti sempat merilis pemeringkatan perguruan tinggi se-Indonesia. Tapi sudahkah Sobat tahu apa saja PTN di Pulau Jawa yang masuk kedalam list tersebut? Bisa menebak siapa yang berada di urutan pertama?

 

1. Institut Teknologi Bandung

Apakah tebakanmu diurutan pertama adalah ITB? PTN di Jawa Barat ini memiliki beberapa kampus, dengan kampus utamanya berada di kawasan Ganeca, Kota Bandung. Saat ini ITB menaungi 27 program studi atau jurusan. Apakah salah satunya merupakan targetmu, Sobat?

 

2. Universitas Gadjah Mada

Diurutan kedua, penilaian Kemenristekdikti jatuh pada UGM. PTN di Yogyakarta ini berdiri pada 1949 – literally an old shchool, isn't it? Barangkali usia punya andil pada jumlah jurusan di UGM – mencapai 251 program studi! Banyak tokoh-tokoh bangsa kita saat ini yang menjadi bagian dari Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama).

 

3. Institut Pertanian Bogor

Selain ITB, Jawa Barat juga punya IPB – bukan Bandung, tapi Bogor. Sesuai dengan nama institusinya, IPB memang fokus pada ilmu tentang pertanian. Tapi jangan salah, PTN ini masih memiliki jurusan-jurusan non-agraris, kok. Jadi, cermati jurusan pilihanmu dari hampir 40 program studi yang ditawarkan di kampus ini, ya!

 

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jika Jawa Barat punya ITB, Jawa Timur punya ITS – kampusnya berada di wilayah Sukolilo dan Manyar, Surabaya. Berdiri pada tahun 1957, ITS fokus pada pengembangan maritim dan teknologi. Untuk menjaga nilai sejarah yang dimilikinya, PTN ini tetap mempertahan ejaan Nopember pada nama institusinya.

 

5. Universitas Indonesia

Terkejutkah Sobat bahwa ternyata UI berada pada urutan kelima dalam daftar pemeringkatan Kemenristekdikti? Meskipun bukan diurutan yang pertama menurut Kemenristekdikti, UI tetap menjadi salah satu PTN terfavorit. Psst... sering dianggap sebagai PTN di Jakarta, sebenarnya kampus UI berada di wilayah Jawa Barat, lho!

 

6. Universitas Diponegoro

Kampus Undip berlokasi di wilayah Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Kehadiran Undip di Jawa Tengah berbarengan dengan kelahiran ITS di Jawa Timur, yaitu pada tahun 1957. Sebagai salah satu PTN tertua di Indonesia, Undip mampu menawarkan pilihan jurusan yang cukup beragam – jurusan S1-nya saja mencapai 51 program studi!

 

7. Universitas Airlangga

Selain ITS, Jawa Timur juga punya Unair. Berbeda lokasi, Unair berada di wilayah Gubeng, Surabaya. Berdiri pada 1954, Unair berusia tiga tahun lebih tua ketimbang ITS. Jumlah mahasiswa Unair pada tahun 2015 mencapai hampir 40 ribu orang. Apakah Sobat akan menambah angka ini?

 

8. Universitas Brawijaya

Tak cukup dengan dua PTN, ITS dan Unair, Jawa Timur masih memiliki satu lagi PTN yang masuk kedalam daftar 10 PTN terbaik versi Kemenristekdikti. Adalah UB, sebuah PTN di Malang yang berdiri pada tahun 1963. Sebelum dikenal sebagai UB seperti sekarang, akronim yang dulu lebih sering digunakan yaitu Unibraw.

 

9. Universitas Padjadjaran

Dalam hal PTN terbaik, Jawa Barat bersaing ketat dengan Jawa Timur. Bukan hanya UI, ITB, dan IPB saja, tapi masih ada Unpad di provinsi ini. Dua kampus besar Unpad berada di wilayah Dipati Ukur, Bandung dan Jatinangor, Sumedang. Kalau kuliah di sini nanti, kira-kira Sobat Pintar sudah tahu di mana lokasi kampusmu?

 

10. Universitas Sebelas Maret

Diurutan terakhir, kita punya UNS – bukan Universitas Negeri Semarang atau Surabaya ya, Sobat! UNS berada di Solo – merupakan alma mater Kahiyang Ayu, putri Presiden Joko Widodo. Alumnus lain dari UNS adalah seorang komika, Dodit Mulyanto. Nah, apakah Sobat Pintar akan menjadi alumnus berikutnya?

 

Meskipun pendidikan tinggi sekarang sudah berada dibawah kewenangan Kemendikbud, pemeringkatan PTN yang dirilis oleh Kemenristekdikti ini dapat membantu kita menentukan pilihan kampus – baik pada SNMPTN, SBMPTN, bahkan Seleksi Mandiri. Dan apakah salah satu PTN diatas sudah menjadi pilihanmu, Sobat?

Lebih masukan Blog

Tiga: Kelompok Ujian dan Perbedaannya pada UTBK 2020

UTBK dijadwalkan bulan April mendatang. Bagaimana persiapanmu, Sobat? Setidaknya, Sobat sudah...

Yakin Pilihan Jurusan Kuliahmu Sudah Tepat? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini!

Did you know checklist? Secara sederhana, checklist adalah list atau daftar apa saja...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka