redesain-navbar Portlet

Blog

photo via thestartupgarage.com

12 Profesi yang Menunggu Alumni Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika

Semua-semua yang kamu kenal pada mau kuliah di Teknik Informatika. Jurusan inipun disarankan oleh guru dan keluarga. Emangnya seberapa menjanjikan sih prospeknya sampai-sampai semua orang pada heboh dengan jurusan ini? You know what, mungkin mereka kenal orang yang kenal lulusan Teknik Informatika dan berprofesi salah satu dibawah ini.

 

1. Intelligent System Developer

Kalau ngebahas tentang AI, anak Informatika emang jagonya, sih. Nggak heran kalau lulusannya banyak yang berprofesi sebagai software developer, khususnya pada sistem pakar, data miner, prediction system, image recognizer, dan lain-lain.

 

2. Game Developer

Menjadi seorang game developer berarti nantinya kamu akan membuat rancangan dasar, mendesain level, termasuk juga mengaplikasikan sistem tertentu kedalam game buatanmu tersebut. Human computer interaction dan computer graphic hanyalah dua diantara sekian bekal yang kamu peroleh dari Teknik Informatika untuk membuat dan mengembangkan game. Bagaimana dengan bekal yang lainnya? Kamu harus menguasai berbagai operation system (OS), terutama iOS dan Android. Yang tak kalah penting, kamu wajib terus updated dengan pesatnya perkembangan dunia game. Dengan begitu, kamu dapat membuat dan merancang game yang sesuai dengan tren pasar.

 

3. Software Tester

Bahkan sebelum lulus kuliah, tak sedikit anak Teknik Informatika bisa menguji fungsi suatu perangkat lunak. Catet, job desc-nya menguji ya, bukan menyerang.

 

4. Programmer

Sebagai alumni Teknik Informatika, pasti tahulah tentang bagaimana membuat, merawat, dan mengembangkan beragam program komputer, website, maupun aplikasi. Baik sebagai aplication developer maupun system programmer, keahlian yang khusus dimiliki anak Teknik Informatika ini sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan instansi pemerintah. Selain itu, industri IT, perbankan, bahkan media juga membutuhkan kecakapan alumni Teknik Informatika. Segitu high demand-nya lulusan jurusan ini? Iya, karena seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, hampir semua perusahaan ataupun organisasi menggunakan program komputer, baik dalam bentuk aplikasi maupun website. Dan siapa lagi yang bisa mengembangkannya kalau bukan alumni Teknik Informatika?

 

5. Computer Network Engineer

Profesi ini terkadang dikenal juga sebagai Data Communication Engineer. Jika nantinya menjadi seorang Computer Network Engineer, tugasmu adalah merancang arsitektur, merawat, dan mengelola jaringan pada suatu perusahaan atau instansi.

 

6. Network Administrator

Menjadi seorang Network Administrator berarti siap dengan tugas menjaga keamanan dan kontinuitas sistem jaringan yang digunakan. Apa saja yang dilakukan? Beberapa diantaranya yaitu membuat DNS server, FTP server, email server, dan tentunya menjaga konektivitas komputer dengan internet. Pengetahuan tentang hardware dan ilmu dasar komputer yang dimiliki oleh lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan demi pengelolaan keseluruhan jaringan yang ada. Jika profesi ini menjadi cita-citamu, maka sejak sekarang persiapkan diri dengan menguasai routing theory beserta konfigurasinya dan sistem keamanan jaringan komputer.

 

7. Web Engineer

Profesi yang lagi banyak dibutuhkan ini kebagian tugas merancang dan membangun website, termasuk beragam fasilitas dan service didalamnya. Seorang Web Engineer, atau Web Administrator, juga harus memelihara dan mengembangkan suatu website.

 

8. Database Engineer

Seorang Database Engineer memiliki peran penting dalam perancangan dan pemeliharaan database dan warehouse. Kecakapan ini dibutuhkan oleh berbagai perusahaan besar maupun instansi pemerintah. Profesi ini dikenal juga sebagai Database Administrator.

 

9. Konsultan IT

Seiring waktu, seseorang dengan kecakapan IT dapat berprofesi sebagai konsultan. Tugas seorang Konsultan IT tak jauh-jauh dari perencanaan dan pemberian evaluasi atas bagaimana IT diterapkan pada sebuah perusahaan atau instansi.

 

10. Konsultan ERP

ERP adalah Enterprise Resource Planning. Konsultan ERP dibutuhkan jasanya agar suatu sistem dengan software database tertentu dapat berkembang. Jika nantinya menjadi seorang Konsultan ERP, solusi yang kamu tawarkan sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang menjadi klienmu agar kegiatan yang dilakukannya dapat berlangsung efektif dengan pengeluaran yang lebih kecil. Tentunya, pemahaman akan kemajuan dan perkembangan sistem database juga penting bagi profesi ini agar dapat menganalisis permasalahan yang dihadapi klien.

Konsultan ERP juga dibutuhkan untuk memberi solusi dalam data mining atau pencarian data dan data warehousing atau pengumpulan data. Makanya, seorang Konsultan ERP biasanya melek SAP atau Oracle, maupun sistem database yang lain.

 

11. System Analyst

Peran seorang System Analyst sangat besar dalam analisis dan desain sistem yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi – terkait dengan sistem jaringan komputer maupun perangkat lain. Analisis yang dilakukan oleh seorang System Analyst mencakup pemeriksaan hardware, database, maupun system definition.

 

12. Software Engineer

Menjadi seorang Software Engineer berarti kamu akan berperan dalam pengembangan perangkat lunak. Kamu bisa mengembangkan software untuk simulasi, hiburan, bisnis, telekomunikasi, pendidikan, dan lain-lain.

 

Banyak banget lahan kerja lulusan Teknik Informatika saat ini. Bahkan, salah seorang founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, adalah seorang alumnus Teknik Informatika. Nah, profesi mana yang menarik hatimu?

Lebih masukan Blog

Punya 4 Kualitas Ini untuk Kuliah Teknik Informatika?

Ini nih Sobat Pintar, jurusan kuliah yang lagi hits , dengan peminat sejuta umat: Teknik...

Teknik Informatika – Sesuaikah Untukmu?

Kenapa sih , kuliah Informatika? Apa karena teman-temanmu pada mau kuliah disini? Apa...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line