redesain-navbar Portlet

Blog

Kiat Anti Stres Menulis Tugas Akhir, photo credit ISTOCKPHOTO.COM/LAMAIP

3 Kiat Anti Stres Menulis Tugas Akhir

Menulis tugas akhir dapat dilakukan tanpa stres.

Let's be honest. Tugas Akhir (TA) sering menjadi momok tersendiri bagi para siswa SMK maupun mahasiswa diploma. Bagi siswa SMK, menulis proposal hingga laporannya merupakan sesuatu yang baru. Sementara secara umum, menulis itu sendiri masih menjadi perjuangan yang tak mudah bagi sebagian besar pelajar dan mahasiswa.

Sobat Pintar juga harus menulis TA? Awas, berhati-hatilah jangan sampai terlalu stres karena TA. Bagaimana kiatnya? Mari lihat satu demi satu berikut ini.

 

1. Luangkan Waktu, Buat Jadwal Pribadi, dan Tepati

Salah satu penyebab stres pada masa TA adalah TA itu sendiri yang sepertinya tak kunjung selesai. But wait, let's be more honest – yeah, again. Sebenarnya kenapa TA kita tak ada perkembangan yang signifikan?

Salah satu sebabnya adalah karena kita 'tak punya waktu' untuk mengerjakannya. Memang siswa SMK punya banyak tugas yang harus dikerjakan, tapi jangan sampai kehabisan waktu untuk mengerjakan TA, Sobat. Apalagi, kalau alasannya demi jalan-jalan, hangout, atau semacamnya.

You'll have so much time for fun only after has your work done. For the time being, make time to write your report. Luangkan waktu – entah benar-benar ada atau tidak. Jangan tergoda untuk skip jadwal sekali saja karena biasanya kita akan punya lebih banyak alasan untuk melakukannya lagi.

 

2. Bagi Waktu dengan Baik: untuk TA dan Istirahat

Sulit tidur karena memikirkan TA? Again, rather than wasting your time feeling stressed thinking of your report, why don't you get up and write it down? Tapi alangkah baiknya bila TA dikerjakan saja disiang hari, sehingga Sobat bisa tidur nyenyak dimalam hari.

Bila dapat meluangkan waktu untuk menulis TA, sekalipun satu paragraf saja, maka setidaknya Sobat tak dikejar rasa bersalah ketika berbaring hendak tidur dimalam hari. Lebih baik lagi, bila waktu tersebut tersusun rapi dan ditaati. Semakin baik Sobat mengelola penulisan TA, semakin nyenyak pula tidurmu nanti.

 

3. Berlatih Melakukan Relaksasi Bila Perlu

Jangan abaikan rasa stres yang ditimbulkan oleh penulisan TA. We'll never know where it brings us to. Apalagi, bila Sobat ingin lanjut kuliah dan harus menulis skripsi. Jangan sampai penulisan TA membawa rasa trauma, ya!

Menurut riliv story, riset di Connecticut University membuktikan bahwa kita dapat membangun ketahanan terhadap stres dalam 20 menit. Dengan kata lain, saat rasa stres itu menyerang, kita punya waktu 20 menit untuk menghadapinya dan merasa lebih baik sesudahnya.

Cobalah untuk melakukan relaksasi dalam 20 menit tersebut. Relaksasinya bukan dengan rebahan sampai tertidur ya, Sobat. Cobalah untuk duduk santai, kemudian bernapas dengan sadar dan teratur dalam hitungan yang sama saat menarik dan menghembuskannya.

Cara relaksasi yang lain adalah dengan melakukan kegiatan yang cukup menghibur, seperti nonton film, jalan-jalan, nongkrong, atau yang lain. Tapi jangan lakukan ini tanpa ada progress nyata pada TA-mu ya, Sobat. Bila Sobat mampu disiplin mengatur jadwal menulis TA, meluangkan waktu untuk hal-hal menyenangkan takkan menjadi persoalan.

 

Anyway, menulis TA hanya salah satu fase kehidupan kita. Sobat yang saat ini duduk dibangku SMK dan ingin lanjut kuliah, masih ada skripsi atau bahkan TA lagi yang menunggu. Bukankah mau tak mau harus dijalani, juga? Nah, cara kita menjalaninya itulah letak seninya, Sobat.

Lebih masukan Blog

Hindari Kuliah di 5 Jurusan Ini Bila Bukan Disitu Passion-mu

When it comes to passion, you don't question. You do whatever it takes to get to the...

Selain Susu Sapi, 7 Jenis Susu Ini Baik Bagimu

What do you have for breakfast, Sobat? Kita bisa sarapan dengan nasi goreng, nasi pecel,...

Menambah Komentar

M
muhammad yunus 3 Bulan Lalu
bantu aku buat skripsi dung
Harap sign in untuk melanjutkan.
M
muhammad yunus 3 Bulan Lalu
bantu aku buat skripsi dung
Harap sign in untuk melanjutkan.

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line