redesain-navbar Portlet

Blog

Universitas dalam Top Ten Favorit SBMPTN, photo via www.quipper.com

3 Universitas Ini Termasuk dalam Top Ten Favorit PTN pada SBMPTN 2019

Perubahan tatalaksana SBMPTN 2019 membawa perubahan pada beberapa PTN.

As we know it, seleksi masuk PTN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan utamanya terletak pada ujian yang dilaksanakan terpisah dari proses pendaftaran ke PTN-nya. Nah, ternyata dari perbedaan tersebut, ada tiga PTN yang memiliki cerita menarik seputar seleksi calon mahasiswa barunya.

 

1. Universitas Brawijaya, Malang

Tahun ini, UB memenangi hati banyak calon mahasiswa baru se-Nusantara. Bagaimana tidak, baik pada SNMPTN maupun SBMPTN, UB menjadi PTN favorit dengan pendaftar yang paling banyak. Total jumlah peminat SBMPTN 2019 di UB sebesar 55.871 peserta – and yes, it's the highest number!

Dari total peminat tersebut, 33.987 pendaftar memilih rumpun Saintek di UB dengan 18.423 berada dipilihan pertama dan 15.564 dipilihan kedua. Rumpun Saintek UB menerima lebih banyak peminat dibanding Soshum – 21.884 pendaftar pada rumpun Soshum. Sejumlah 12.580 peminat Soshum mengurutkan UB dipilihan pertama dan 9.304 dipilihan kedua.

Pada kedua rumpun tersebut, jurusan atau program studi yang paling banyak diminati di UB yaitu Ilmu Hukum dengan 2.587 peminat, Agroteknologi dengan 2.202 peminat, Peternakan dengan 1.738 peminat, Ilmu Administrasi Bisnis dengan 1.598 peminat, dan Pendidikan Dokter dengan 1.468 peminat.

Dari jumlah diatas, seluruhnya hanya 3.957 peserta saja yang diterima untuk kuliah di UB melalui jalur SBMPTN. Pada salah satu wawancaranya dengan kompas.com, Wakil Rektor I UB menjelaskan dua faktor pendukung tingginya peminat tersebut adalah Universitas Brawijaya-nya sendiri dan Kota Malang.

Artinya, UKT UB dinilai masih dapat dijangkau oleh kebanyakan kalangan ekonomi. Jumlah jurusan dan prodi di UB juga cukup banyak sehingga peserta SBMPTN memiliki banyak pilihan. Sementara itu, suasana dan lingkungan Kota Malang pun dianggap masih kondusif untuk pelajar perantauan – baik pada sisi finansial, budaya setempat, maupun cuaca.

Khusus pada SBMPTN 2019, UB menggunakan nilai UTBK saja sebagai acuan kelulusan seleksi. Tak ada kriteria lain, termasuk portofolio sekalipun.

 

2. Universitas Sebelas Maret, Solo

Mengenai jumlah peminat SBMPTN 2019, UNS berada pada urutan kedua dengan 48.735 pendaftar. Rinciannya, sejumlah 24.293 pendaftar memilih rumpun Saintek dan 24.442 memilih Soshum. Dibanding UB, pendaftar SBMPTN di UNS memiliki minat yang tersebar hampir rata pada kedua rumpun ya, Sobat.

Lima jurusan Saintek UNS dengan jumlah peminat tertinggi yaitu Kedokteran, Psikologi, Teknik Sipil, Informatika, dan Agroteknologi/Agroekoteknologi. Pada rumpun Soshum, lima jurusan paling difavoritkan pendaftar ialah Ilmu Hukum, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Komunikasi.

 

3. Universitas Padjadjaran, Bandung

No, we're not hierarchically going with the next in rank. Rather, let's jump to the sixth rank in the list of public institutes and universities with the highest number of admission applicants.

Unpad berada diposisi keenam sebagai PTN dengan peminat terbanyak. Skor terendah yang masuk Unpad ialah 535,5 pada rumpuk Saintek. Sementara pada rumpun Soshum, skor terendah Unpad adalah 533,78. Skor terendah tersebut bisa menjadi patokan atau passing grade untuk Sobat Pintar yang akan mengikuti SBMPTN tahun depan.

Sebagai salah satu jurusan yang difavoritkan, Pendidikan Dokter Unpad memiliki skor rerata sebesar 717,94. Dari angka tersebut, skor tertinggi ialah 780,52 dan terendah adalah 694,17. Untuk kuota SBMPTN sebanyak 125 kursi, pendaftar Pendidikan Dokter pada SBMPTN 2019 mencapai 1.402 orang.

Bagaimana dengan jurusan-jurusan lain? Sepuluh jurusan di Unpad dengan tingkat persaingan yang cukup ketat yaitu, secara berurutan, Teknik Informatika, Manajemen, Antropologi, Bisnis Digital, Sosiologi, Televisi dan Film, Manajemen Komunikasi, Ilmu Komunikasi, Kesejahteraan Sosial, dan Psikologi.

Farmasi yang berada pada peringkat kedua dalam tiga besar jurusan favorit SBMPTN 2018, kali ini berada diposisi ke-11 di Unpad. Sementara itu, Fakultas Sastra dan Fakultas Pertanian cenderung lebih sepi peminat. Untuk SBMPTN 2019, Unpad menerima 3.227 calon mahasiswa baru dari 41.970 pendaftar.

 

Ternyata perubahan tatalaksana seleksi juga menjadi cerita tersendiri bagi beberapa PTN. Misalnya, ada saja jurusan, seperti Antropologi Unpad, yang menerima lonjakan peminat tak terduga. Sebaliknya beberapa jurusan, seperti Teknik Informatika, tetap menjadi incaran bagi banyak peminat pada banyak PTN.

Bagaimana dengan Sobat? Sepertinya bukan hanya Sobat Pintar peserta SBMPTN yang punya banyak cerita tentang seleksi masuk PTN tahun ini, ya!

Lebih masukan Blog

Catatan SBMPTN 2019: 10 Jurusan Saintek Paling Diminati

Sobat mengikuti SBMPTN tahun ini? Jika kebetulan berada pada rumpun Saintek, ingin tahukah...

Catatan SBMPTN 2019: 20 PTN Terfavorit pada Rumpun Saintek dan Soshum

Sudah melewati SBMPTN tahun ini, Sobat? Bagaimana hasilnya? Apapun itu, ada baiknya kita lihat...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Buka