redesain-navbar Portlet

null

Blog

4 Fakultas Kedokteran Swasta Terbaik di Indonesia – Ada Beasiswanya Juga!

Beberapa universitas swasta memiliki Fakultas Kedokteran yang dapat disandingkan dengan Fakultas Kedokteran di universitas negeri.

Kedokteran Swasta, photo by Edward Jenner on pexels

Berhubung skor UTBK 2020 tertinggi diraih oleh Jurusan Kedokteran, kira-kira ada nggak sih, alternatif kuliah di Fakultas Kedokteran swasta? Bukannya kecil hati nggak lolos SBMPTN, tapi boleh dong bersiap dengan plan A, plan B, sampai plan Z kalau perlu.

Dan nggak tanggung-tanggung, Sobat. Biarpun plan-nya adalah Kedokteran swasta, kita harus bisa membidik Kedokteran swasta terbaik! Nah, di mana saja sih, rekomendasi Kedokteran swasta terbaik di Indonesia? Let's get to know them!

 

1. Universitas Islam Indonesia

Resmi berdiri pada 2001, tak butuh waktu lama bagi FK UII untuk segera saja menjadi salah satu Fakultas Kedokteran swasta terbaik di Indonesia. Satu-satunya program studi di FK UII adalah Pendidikan Dokter, yang saat ini telah terakreditasi A BAN-PT.

Menjadi salah satu Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia, FK UII sudah memiliki Program Profesi dan jejaring rumah sakit pendidikan di berbagai kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tak perlu khawatir dengan biaya kuliahnya, Sobat. Bukan Fakultas Kedokteran swasta terbaik namanya kalau tak ada tawaran beasiswa.

Apa saja tawaran beasiswa di FK UII? Di sini ada beasiswa unggulan pondok pesantren, beasiswa hafidz Al-Qur'an, beasiswa unggulan UII, dan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi (KIP Kuliah).

 

2. Universitas Pelita Harapan

Tak setiap Fakultas Kedokteran swasta memiliki rumah sakit pendidikan, yang merupakan fasilitas penting bagi mahasiswa FK. Tapi Fakultas Kedokteran UPH berbeda, Sobat. Walaupun baru berdiri pada 2001, FK UPH sudah memiliki rumah sakit pendidikan, yaitu Rumah Sakit Umum Siloam. Prodi Kedokteran UPH juga sudah terakreditasi A BAN-PT.

Jika fasilitasnya bagus, mikirin biaya kuliah di Fakultas Kedokteran swasta bikin meriang nggak, sih? Tenang. Sobat Pintar bisa mengikuti seleksi beasiswa Fakultas Kedokteran UPH. Pendaftaran beasiswa calon mahasiswa UPH dilakukan sejak Sobat berada di kelas XII. Beasiswa yang berbasis pada prestasi akademik ini mecakup biaya SPP, BPP Pokok, dan SKS.

Beasiswa UPH berlaku selama tiga term pertama. Karena berbasis pada prestasi akademik, kelangsungan beasiswa untuk term berikutnya ditentukan oleh IPK dan IPS-mu. But first thing first, harus lulus tes pendaftaran calon mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran UPH dulu ya, Sobat!

Psstt... UPH terkenal sebagai kampusnya pesohor tanah air, lho. Di Fakultas Kedokteran UPH sendiri, dr. Reisa Kartikasari adalah salah satu alumninya.

 

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Sejak awal berdirinya, Unika Atma Jaya sudah bercita-cita mendirikan sebuah Fakultas Kedokteran swasta terbaik di Indonesia. Kurang dari 10 tahun kemudian, Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya berdiri. Again, kurang dari 10 tahun kemudian, berdirilah Rumah Sakit Atma Jaya sebagai rumah sakit pendidikan klinis dokter.

Saat ini perkuliahan mahasiswa FK Unika Atma Jaya berlokasi di Kampus Pluit, satu lokasi dengan rumak sakit pendidikannya. Pastinya, Prodi Kedokteran yang telah terakreditasi A BAN-PT semakin mengukuhkan status Fakultas Kedokteran swasta terbaik di Indonesia.

Unika Atma Jaya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sehingga mahasiswanya memperoleh kesempatan mendapatkan beasiswa kuliah. Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dan Lotte Foundation adalah dua dari sekian tawaran beasiswa yang ada di Unika Atma Jaya.

 

4. Universitas Tarumanagara

Usia FK Untar berjarak tak terlalu jauh dengan FK Unika Atma Jaya. Prodi Kedokteran di Fakultas Kedokteran swasta ini pun telah mengantongi akreditasi A BAN-PT.

Setelah menempuh 21 blok, lulus sidang skripsi, dan lulus ujian OSCE, mahasiswa Kedokteran Untar dapat melanjutkan program Profesi Dokter Untar. Praktek kliniknya dilangsungkan di berbagai wahana pendidikan, beberapa diantaranya yaitu RSPI Sulianti Saroso, puskesmas di Tangerang dan Jakarta Barat, RS Sumber Waras, dan RSUD Kota Semarang.

 

Itulah Sobat, empat rekomendasi Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia di berbagai universitas swasta. But wait, ada disclaimer-nya nih, Sobat – just in case you're wondering. Kedokteran swasta terbaik di atas hanya untuk calon-calon dokter, ya! Kedokteran Gigi dan Kedokteran Hewan biasanya berada pada fakultas yang berbeda.

How about the last two, then? Untuk saat ini, prodi Pendidikan Dokter Hewan di Fakultas Kedokteran Hewan swasta dengan akreditasi B berada di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Sedangkan Pendidikan Dokter/ Kedokteran Hewan dengan akreditasi A berada di Universitas Udayana, Universitas Syiah Kuala, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

Sementara itu, Prodi Kedokteran Gigi dengan akreditasi A di universitas swasta berada di Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Dr Moestopo (beragama), Universitas Hang Tuah Surabaya, Universitas Mahasaraswati Denpasar, dan Universitas Trisakti.

So, Kedokteran apa pilihanmu, Sobat? Have you decided?

30

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp