redesain-navbar Portlet

Blog

5 Cara Masuk Universitas Indonesia

Pemilihan jalur masuk UI yang tepat dapat memperbesar peluang lolos seleksi.

Masuk UI (Universitas Indonesia) itu ada berapa cara, sih? Yang lebih penting lagi, apa yang harus kita siapkan sebelum memilih jalur masuk UI tertentu? Kalau kamu kepo tentang cara masuk Universitas Indonesia, kuy jangan sampai Sobat Pintar enggak tau seluk beluk jalur masuk UI di bawah ini.

 

Cara Masuk Universitas Indonesia


Photo by Eugene Golovesov on Unsplash

Secara garis besar, ada dua cara masuk Universitas Indonesia, Sobat. Pertama, seleksi penerimaan mahasiswa baru UI dilakukan melalui capaian prestasi. Kalau kamu memilih jalur masuk UI ini, Sobat Pintar tidak perlu mengikuti tes atau ujian. Lantaran dilakukan tanpa tes, jalur masuk UI ini juga sering disebut sebagai jalur undangan.

Nah, kalau kamu memilih tanpa tes, jalur masuk UI apa saja, sih? Ada tiga jalur undangan UI yang bisa kita tempuh, Sobat.

1. SNMPTN

Cara masuk UI dengan jalur undangan adalah dengan menyiapkan bekal nilai rapor (dan portofolio pada jurusan-jurusan yang telah ditentukan). Iya, tentu kamu sudah tahu tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Perlu dicatat, SNMPTN memberi peluang masuk pada kelas reguler UI di jenjang S1 saja. Sebagaimana umumnya, SNMPTN hanya dapat diikuti oleh pelajar yang lulus pada tahun yang sama – begitu pula SNMPTN di Universitas Indonesia.

Masa pendaftaran jalur undangan UI sekarang sudah selesai. Sobat Pintar yang mengikuti SNMPTN UI 2022 tinggal menunggu pengumuman yang dijadwalkan akan berlangsung pada 29 Maret 2022.

2. PPKB

Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) adalah seleksi masuk UI pada program vokasi (D3 dan D4) serta kelas paralel pada jenjang S1. Pada kedua jenjang tersebut, seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan tanpa tes.

Sayangnya, tak semua jurusan atau program studi UI membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PPKB. Kalian yang mengincar kuliah di Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Arsitektur, Akuntansi, Ilmu Komputer, Psikologi, Sistem Informasi, jurusan-jurusan di FMIPA, dan beberapa jurusan lain dapat menjajaki peluang seleksi di jalur masuk UI ini.

Sayangnya lagi, PPKB tak dapat diikuti oleh semua sekolah. Universitas Indonesia berhak mengundang sekolah-sekolah tertentu agar siswanya dapat mengikuti seleksi ini. Jika sekolahmu termasuk yang mendapatkan undangan tersebut, jadwal masuk UI 2022 ini sedang berlangsung, Sobat Pintar. Pendaftaran telah dibuka sejak 8 Februari yang lalu, dan akan berakhir 8 Maret esok. Hasil seleksi akan diumumkan pada 1 April 2022.

3. Talent Scouting

Jalur masuk UI ini hanya digunakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru di kelas khusus internasional, pada jenjang S1. Asal kamu tau, kelas internasional UI terbagi menjadi dua, yaitu double degree dan single degree.

Jadwal jalur masuk UI kelas internasional ini sama dengan PPKB, Sobat Pintar. Masa pendaftaran dibuka sejak 8 Februari hingga 8 Maret 2022, dan hasil seleksi akan diumumkan pada 1 April 2022.

Alternatif kedua cara masuk Universitas Indonesia adalah melalui jalur tes. Tes masuk UI ini biasanya diikuti oleh sebagian besar calon mahasiswa. Kamu pasti sudah familier dengan dua jalur masuk UI berikut ini.

4. SBMPTN

SBMPTN menyeleksi calon mahasiswa kelas reguler saja – sama seperti SNMPTN. Pilihan jurusan atau program studi pada SBMPTN dan SNMPTN juga sama. Istimewanya, SBMPTN dapat diikuti oleh siswa kelas XII dan alumni yang telah lulus sekolah hingga dua tahun sebelumnya. Agar dapat mengikuti jalur masuk UI ini, kamu harus mengikuti UTBK terlebih dahulu.

Bagaimana cara masuk Universitas Indonesia melalui SBMPTN? Caranya sama saja seperti cara masuk kampus-kampus negeri yang lain, Sobat Pintar. Jadwal pendaftaran SBMPTN UI juga sama dengan jadwal yang dirilis oleh LTMPT. Di jalur SBMPTN, jadwal masuk UI 2022 dimulai pada 23 Maret sampai 15 April untuk pendaftaran. UTBK gelombang I dijadwalkan pada 17-23 Mei 2022, sedangkan UTBK gelombang II dijadwalkan pada 28 Mei-3 Juni 2022. Pengumuman hasil UTBK-SBMPTN akan berlangsung pada 23 Juni 2022.

5. SIMAK

Jangan ngaku kamu pejuang UI kalau enggak tau SIMAK UI. Buat Sobat Pintar lulusan SMA/sederajat, SIMAK menyeleksi calon mahasiswa vokasi (D3 dan D4) serta S1 pada kelas reguler, paralel, dan internasional. Seleksi Mandiri UI ini boleh dikata merupakan tumpuan terakhir kita untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru UI.

Kapan jadwal SIMAK UI 2022? Hingga saat ini belum dirilis tanggal, namun pendaftaran dijadwalkan berlangsung bulan Mei sampai Juni 2022. Ujian dan pengumuman dijadwalkan berlangsung di bulan berikutnya, Juli 2022.

 

Kuliah dan Menjadi Mahasiswa Universitas Indonesia

masuk ui
Photo by Siora Photography on Unsplash

Siapa sih, yang nolak kuliah di Universitas Indonesia? Banyak tokoh bangsa, mulai dari negarawan hingga pelaku industri kreatif, yang menghabiskan masa mudanya belajar di universitas ini. Nah, apakah kamu juga ingin kuliah di UI? Sudah siap dengan jalur masuk UI pilihanmu, Sobat Pintar?

300

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

ArtikelTerkaitV3


Artikel Terkait

image article

Kehutanan, Kuliah bagi Penyayang Alam yang Berjiwa Tangguh

avatar penulis

deni purbowati

07 Agustus 2021

Baca Selengkapnya
image article

Lihat yang Tak Tampak: Mikrobiologi

avatar penulis

deni purbowati

12 Agustus 2018

Baca Selengkapnya
image article

Belajar Membangun Hutan di Jurusan Rekayasa Kehutanan

avatar penulis

deni purbowati

16 Agustus 2018

Baca Selengkapnya

CssBlog

metablog-web Portlet