APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Cara Menjadi Guru yang Menyenangkan

Setiap guru bisa menjadi sosok yang lebih menyenangkan.

Photo by HT Chong on Unsplash

Menjadi guru yang disenangi murid itu rasanya seperti mendapatkan ekstra bonus di akhir bulan. Sudah lah bonus yang tak disangka-sangka, ekstra pula jumlahnya. Terbayang senangnya, Guru Pintar?

Namun rasa senang dan tidak senang itu sangat subjektif. Sebagai orang dewasa sekalipun, terkadang kita masih bisa merasa senang atau tidak senang terhadap seseorang untuk alasan tertentu yang subjektif. Apalagi siswa yang masih berusia remaja, yang hipotalamus dan amigdalanya masih belum mencapai puncak perkembangan, tak perlu heran bila subjektivitas, perasaan, dan emosinya masih dapat dengan mudah mendorongnya untuk merasa senang atau tidak senang terhadap guru. Ada guru idola siswa, ada pula yang sebaliknya.

Di sisi lain, menjadi guru yang disenangi murid sebenarnya lebih dari sekadar menjadi seseorang yang populer. Masih ingat saat kita dahulu menjadi siswa, Guru Pintar? Kita dahulu cenderung lebih bersemangat belajar mata pelajaran tertentu bila merasa senang dengan guru mapel tersebut. Sama halnya dengan siswa-siswa kita sekarang. Semakin mereka merasa senang dengan kita, semangat belajar menjadi lebih baik pula.

Lantas, guru menyenangkan seperti apa? Sebenarnya apa yang membuat seorang guru dicintai oleh muridnya? Mari lihat beberapa karakteristik di bawah ini, yang biasanya dapat membuat guru menjadi populer di kalangan siswa.

 

1. Menyenangkan dan Energik

cara menjadi guru yang menyenangkan
Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

Guru yang menyenangkan dan energik, penuh semangat, sering kali dapat membuat siswa menjadi lebih antusias dan tertarik belajar. Namun perlu diingat, kepribadian setiap guru berbeda-beda. Ada guru yang berpembawaan tenang, ada pula yang lebih ceria. Setiap kita masih bisa menjadi guru yang baik tanpa harus menjadi sosok yang berbeda. Lagipula, bukankah kita semua berproses untuk menjadi lebih baik dan menjadi orang yang menyenangkan? Nah, tentunya secara profesional kita juga berproses untuk menjadi guru yang lebih menyenangkan.

 

2. Berpengalaman

menjadi guru yang baik
Photo by Centre for Ageing Better on Unsplash

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Maka guru yang memiliki banyak pengalaman, dengan begitu luasnya wawasannya, dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Guru yang berpengalaman akan menemukan cara mengajar yang menyenangkan sesuai dengan situasi dan kondisi kelas yang dihadapinya saat itu.

Menyampaikan pembelajaran yang menyenangkan memang terkait dengan jam terbang. Sebagian kita yang masih mengawali karier sebagai tenaga pendidik mungkin mengalami kesulitan bagaimana memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Itu lumrah, Guru Pintar. Namun seiring waktu, yakinlah bahwa kita mempelajari sesuatu dari setiap kelas dan dari setiap siswa. Mari jadikan motivasi menjadi guru yang lebih baik, bahwa kelak kita akan menengok ke belakang dan mensyukuri setiap pengalaman kita dalam mengajar.

 

3. Kreatif

menjadi guru yang disenangi murid
Photo by Rodion Kutsaiev on Unsplash

Guru yang kreatif sering kali mampu menemukan cara untuk membuat kelas menjadi lebih menyenangkan dan membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Ada berbagai metode mengajar yang bisa kita eksplorasi dan coba terapkan di kelas, sesuai dengan materi yang dipelajari dan karakteristik siswanya. Dengan metode mengajar yang menyenangkan dan bervariasi, kelas menjadi tidak membosankan, dan Guru Pintar pun akan selangkah lebih dekat menyandang predikat guru idola siswa.

 

4. Ramah dan Terbuka

menjadi orang yang menyenangkan
Photo by Nery Montenegro on Unsplash

Guru yang ramah dan terbuka cenderung lebih mudah membangun hubungan baik dengan siswa. Sikap ramah dan terbuka guru membuat siswa merasa nyaman dan lebih percaya diri dalam belajar. Sekali lagi, pembawaan setiap guru memang berbeda-beda. Guru yang lebih pendiam tak harus seketika berubah menjadi sosok yang sangat ramah esok hari, tetapi kita bisa pelan-pelan berusaha menjadi orang yang menyenangkan sedikit saja dahulu.

 

5. Berdedikasi

Guru menyenangkan seperti apa
Photo by Jerry Wang on Unsplash

Bukan tanpa alasan bila guru disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Guru yang berdedikasi dapat dilihat dengan kepeduliannya terhadap kesuksesan siswa dan rela bekerja keras membantu siswa mencapai tujuannya. Itulah sebabnya, guru yang berdedikasi biasanya adalah guru idola siswa.

Dedikasi memang bukan hal yang mudah untuk dijalani. Setiap kita tentu memiliki kepentingan dan harapan pribadi masing-masing, tetapi guru yang berdedikasi akan memiliki takaran kepedulian dan prioritas yang pas terhadap siswanya. Tak heran bila guru dengan dedikasi yang baik biasanya menjadi guru yang disenangi murid.

Guru Pintar punya tips lain bagaimana cara menjadi guru yang menyenangkan? Atau, barangkali Guru Pintar punya pengalaman bagaimana menjadi guru idola? Pernahkah Guru Pintar bertanya-tanya, guru seperti apa anda di mata murid-murid?

00

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog