redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Jenis Pekerjaan Ini Tak Butuh Gelar

Bakat yang dikembangkan melalui pendidikan yang tepat dapat menghasilkan keterampilan dan kemampuan yang baik.

Pekerjaan Ini Tak Butuh Gelar, image via www.shillingtoneducation.com

Bukan hanya menuntut ilmu, tapi kita belajar diperguruan tinggi juga dengan harapan masa depan yang baik. Come on, siapa yang tak menginginkan gelar pendidikan yang tinggi, penghasilan yang besar, dan hidup yang mapan?

Tapi ternyata pekerjaan-pekerjaan berikut ini dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar – bahkan tanpa gelar sarjana! Aren't you curious, Sobat?

 

1. Desainer

Ada satu modal penting yang wajib dimiliki oleh seorang desainer fashion, desainer interior, hingga desainer grafis yaitu ketertarikannya pada keindahan. Sense of beauty atau persepsi seorang desainer pada nilai-nilai estetika menjadi pembeda karya desainnya dari desainer yang lain.

Ilmu tentang desain dapat dipelajari dan didalami dari berbagai sumber. Tak terbatas pada buku tentang teori desain, saat ini kita sudah dapat memanfaatkan komunitas dan sosial media untuk terus mengembangkan diri sebagai desainer.

 

2. Penulis

Bahkan pada akun media sosial pribadi, kita menuliskan sebaris dua baris kalimat. So, we're all basically writers today!

Tapi untuk menyusun tulisan yang lebih panjang, baik pada blog maupun media cetak, tak hanya dibutuhkan kelihaian menuangkan cerita. Kita juga harus banyak membaca. Kemudian, keduanya harus terus diulang dan dikerjakan dengan ajeg atau konsisten. Remember: practice makes perfect.

 

3. Fotografer

Kita mendapatkan jauh lebih banyak obyek foto di luar sana – di luar ruangan. So, go out and take pictures!

Tapi jangan lupa mengembangkan diri melalui komunitas, mencoba obyek-obyek baru, melatih skill, hingga mengenal teknologi terbaru dalam mengolah gambar digital. Sama seperti desainer dan penulis, masing-masing fotografer juga memiliki ciri khasnya sendiri. Tapi disisi lain, seorang fotografer juga perlu cermat melihat selera klien dan fotografi kekinian.

 

4. Programmer/ Web Developer/ Software Developer

Siapapun bisa belajar coding asalkan memiliki keinginan yang kuat untuk melakukannya secara otodidak. Kita dapat menggunakan berbagai macam sumber belajar, terutama secara online. Reach out dan temukan orang-orang yang terbuka berbagi ilmu tentang coding didunia maya. Then, you're good to go!

 

5. Video Blogger

Vlogger sudah menjadi profesi yang semakin banyak dicita-citakan – bukan hanya dokter atau polisi. Dengan media video, kita bisa berbagi cerita, tutorial, pengalaman, maupun berbagai konten menarik lainnya.

Komunikasi verbal yang baik turut mempengaruhi kualitas video yang dihasilkan. Tapi dibalik video yang dinikmati viewers dan subscribers, ada proses editing yang memerlukan kecakapan kita dalam menggunakan software komputer. But it's okay, karena proses ini dapat kita pelajari sambil terus me-monetize kanal video.

 

6. Entrepreneur

Tak perlu menunggu lulus kuliah untuk memulai bisnismu – khususnya bagi Sobat yang memang memiliki bakat dan naluri untuk berwirausaha seperti Bob Sadino. Ibu Susi Pudjiastuti, sebelum menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, adalah seorang pengusaha dan pemilik bisnis ekspor-impor hasil laut.

Pendidikan kedua tokoh bangsa ini tak sampai kuliah. Lantas, apakah kita juga tak perlu kuliah?

Justru sebaliknya, Sobat. Ilmu yang dipelajari dibangku kuliah disusun dalam kurikulum yang terstruktur sehingga pola belajar kita lebih runtut dan terarah. Dengan begitu, cara belajar kita juga lebih efisien – tidak melompat-lompat hingga berputar kembali keawal.

Fashion Design, Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, Sastra, Fotografi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Manajemen Bisnis, bahkan Bisnis Digital adalah beberapa jurusan kuliah atau program studi yang dapat mendukung dan mengembangkan bakat kita pada keenam bidang pekerjaan diatas.

Nah, pertanyaannya adalah apakah Sobat memiliki bakat untuk kemudian dipoles dengan ilmu yang memadai dibangku kuliah? Agar menemukan jawaban yang pasti, cek saja melalui Minat Pintar!

190

More Blog Entries

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00
text
00

metablog-web Portlet

CssBlog

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp
Download Aku Pintar

Download Aplikasi Aku Pintar

Lebih lengkap dan cepat

Download Aku Pintar
Facebook Instagram Youtube WhatsApp