redesain-navbar Portlet

Blog

photo via www.apsva.us

5 Jurusan IPS/ Soshum Favorit pada SBMPTN 2018

Jurusan IPS/ Soshum

Banyak anak IPS/ Soshum yang mengeluh peluang lolos ujian masuk PTN-nya makin kecil gegara anak IPA/ Saintek ikutan memilih jurusan IPS/ Soshum. Benar begitu? Ya udah deh, biar nggak terlalu berasumsi, kita kihat aja yuk, jurusan IPS/ Soshum apa yang paling laris manis pada SBMPTN 2018 – yang juga berarti peluang masuk kejurusan ini cukup kompetitif.

 

1. Manajemen

Prospek kerja yang seakan tanpa batas adalah salah satu daya tarik jurusan atau program studi ini. Peminatan studinya juga banyak, mencakup Manajemen Produksi, Manajemen Syariah, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Bisnis.

Di Universitas Padjadjaran, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta, Manajemen adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa pada SBMPTN 2018. Sebagai gambaran, peluang masuk Manajemen Unpad bagi setiap calon mahasiswa ialah sebesar 2% saja.

 

2. Akuntansi

Menjadi Akuntan identik dengan jenjang karir yang terjamin dan jumlah pendapatan yang menggiurkan, jadi nggak heran bila jurusan ini banyak peminatnya. Selain menyiapkan laporan keuangan, seorang Akuntan juga mengevaluasi anggaran, membuat laporan rekomendasi, menginvestigasi keuangan suatu organisasi, dan lain sebagainya. Untuk itu, peminatan studi Akuntansi terbagi kedalam Akuntansi Keuangan, Akuntansi Pemeriksaan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, dan Akuntansi Perpajakan.

 

3. Ilmu Komunikasi

Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi cukup luas, misalnya menjadi jurnalis, content creator, penyiar, copywriter, art director, dan lain sebagainya,jadi jurusan ini juga tinggi peminat pada SBMPTN 2018. Bahkan, Universitas Padjadjaran mendirikan Ilmu Komunikasi sebagai satu fakultas tersendiri. Selain di Universitas Padjadjaran, jurusan Ilmu Komunikasi juga padat peminat di Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Terlepas dari statusnya sebagai fakultas maupun jurusan, pada dasarnya peminatan studi Ilmu Komunikasi kurang lebih sama, diantaranya mencakup Broadcasting, Jurnalistik, Komunikasi Massa, Periklanan, dan Hubungan Masyarakat. Menariknya, kurikulum Ilmu Komunikasi senantiasa berubah seiring perubahan tren komunikasi masyarakat dan perkembangan teknologi.

 

4. Ilmu Hukum

Biasanya Ilmu Hukum berdiri sendiri di Fakultas Hukum dengan peminatan studi pada Hukum dan Teknologi, Hukum Lingkungan, Hukum Ekonomi, Hukum Acara, Hukum Internasional, Hukum Pidana, dan Hukum Perdata. Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, dan Universitas Diponegoro menjadi jurusan favorit SBMPTN 2018. Kalau kamu menginginkan peluang lolos yang lebih besar, Universitas Brawijaya bisa dijadikan salah satu pertimbangan – peluang lolos Ilmu Hukum UB sebesar 7%, dibandingkan UI sebesar 4%.

Setelah lulus kuliah dan bergelar Sarjana Hukum, kamu nggak akan sertamerta menjadi pengacara atau notaris. Kamu harus magang dulu di sebuah kantor hukum, kemudian mengikuti tes advokat dan kuliah lagi pada jenjang S2, baru bisa jadi notaris.

 

5. Psikologi

Ilmu yang mempelajari tentang perilaku, pikiran, dan mental manusia ini ternyata cukup diminati calon mahasiswa dari tahun ketahun. Dengan peminatan studi pada Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri Organisasi, dan Psikologi Sosial, lulusan Jurusan Psikologi bisa bekerja dibagian HRD perusahaan, menjadi seorang konselor, melakukan penelitian psikologi, ataupun menjadi praktisi pendidikan. Eitts, kamu harus mengambil program profesi dulu setelah lulus S1, ya!

Meskipun jurusan ini biasanya masuk dalam ranah IPS/ Soshum, Universitas Padjadjaran menggolongkan Psikologi kedalam ranah IPA/ Saintek. Penggolongan tersebut mungkin malah menjadikan Psikologi sebagai salah satu jurusan yang difavoritkan di Unpad pada SBMPTN 2018. Kamu berminat kuliah dijurusan ini? Pertimbangkan untuk memilih PTN dengan peluang lolos yang lebih besar. Sebagai perbandingan, persentase lolos Psikologi Universitas Gadjah Mada ialah 3%, sedangkan Universitas Indonesia sebesar 4%.

 

Bagaimana kamu bisa menghitung peluang pada tahun ujian masuk PTN-mu? Lihat saja jumlah peminat pada jurusan dan PTN pilihanmu pada tahun kemarin, kemudian bandingkan dengan kuota mahasiswa baru yang tersedia pada tahun ujianmu. Meskipun hasil persentase yang kamu peroleh hanya berupa perkiraan, biasanya nggak menyimpang terlalu jauh dari kenyataan dilapangan. Wish you all good luck, Sobat Pintar!

Lebih masukan Blog

Yakin Bisa Lulus dari 7 Jurusan Ini?

Bisa keterima sebagai mahasiswa dijurusan impian adalah sebuah nikmat yang tak boleh...

3 Jurusan IPA/ Saintek Favorit pada SBMPTN 2018

Dengan adanya perubahan sistem seleksi masuk PTN, berarti kamu punya tambahan PR, nih. Nggak...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line
Download Aku Pintar

Download aplikasi Aku Pintar dan dapatkan pulsa 50k!

Buka