redesain-navbar Portlet

null

Blog

5 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerja Besar

Beberapa jurusan kuliah terbilang sepi peminat, namun menawarkan prospek masa depan yang tak kalah cerahnya dibanding jurusan-jurusan kuliah yang lain.

jurusan sepi peminat, photo by RODNAE Productions on Pexels

Ketatnya persaingan masuk jurusan kuliah favorit terkadang membuat kita berpikir, "Ada nggak sih, jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar?" Harus diakui, jurusan-jurusan kuliah favorit cenderung menawarkan prospek kerja menjanjikan.

Tapi bukan berarti jurusan yang sepi peminat tak punya prospek bagus juga, kan? Ada loh, jurusan yang jarang diminati tapi peluang kerja besar. Nggak percaya? Yuk, kepoin beberapa jurusan di bawah ini.

 

1. Pengobatan Tradisional

jurusan yang sepi peminat

Photo by monicore on Pixabay

Disingkat Battra, jurusan jurusan sepi peminat ini pasti menarik buat Sobat Pintar yang memiliki minat pada pengobatan tradisional. Selain mempelajari tentang penggunaan herbal tradisional untuk pengobatan, mahasiswa Battra juga belajar tentang akupuntur, akupresur, dan pijat. Ilmu tentang nutrisi juga dipelajari di jurusan ini, loh.

Untuk menjadi terapis atau mengelola griya sehat, kita bisa mempelajari ilmu tentang pengobatan tradisional di Universitas Airlangga dan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri. Nah, jika Sobat Pintar mencari-cari jurusan Unair yang sepi peminat, program D3 dan D4 Pengobatan Tradisional boleh masuk pertimbangan, nih.

 

2. Pendidikan Luar Biasa

prospek kerja menjanjikan

Photo by Jerry Wang on Unsplash

Dari sekian jurusan kependidikan yang ada, Pendidikan Luar Biasa (PLB) terhitung sebagai jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan. Bagaimana tidak, Sobat. Selama kuliah, mahasiswa PLB belajar bagaimana berkomunikasi dan merancang pembelajaran untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka dengan kebutuhan khusus ini tentu membutuhkan guru-guru dengan keterampilan mengajar yang khusus pula.

PLB terhitung punya prospek kerja menjanjikan. Sekolah-Sekolah Luar Biasa pasti membutuhkan guru-guru inklusi yang lulus dari PLB. Alumni PLB saat ini ada yang lulus dari Universitas Negeri Padang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Surabaya, dan universitas-universitas lain.

 

3. Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik

Photo by Jansel Ferma on Pexels

Satu lagi nih, jurusan kependidikan dengan prospek kerja menjanjikan. Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar ini adalah Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik. Setiap sekolah pasti membutuhkan guru seni. Kalaupun tidak mengajar di sekolah, alumni jurusan ini bisa mengajar privat atau di lembaga kursus. Tak harus berkarier di bidang pendidikan, dengan ilmu seni yang telah dipelajari kelak Sobat Pintar bisa menjadi koreografer, komposer, atau bahkan pekerja seni peran.

Jurusan sepi peminat ini ada di Universitas Negeri Semarang, Universitas Mahadewa Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, IKIP PGRI Bali, Universitas Lambung Mangkurat, dan Universitas Negeri Padang. Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik di kampus-kampus tersebut saat ini tercatat memiliki akreditasi A.

 

4. Filsafat

Photo by morhamedufmg on Pixabay

Filsafat adalah salah satu jurusan yang sepi peminat. Mahasiswa Filsafat mempelajari tentang esensi manusia, tujuan kehidupan, moralitas, dan berbagai hal mendasar lain pada manusia. Sifatnya yang abstrak boleh jadi membuat Filsafat salah satu jurusan yang sepi peminat. Kalau Sobat Pintar suka memikirkan tentang berbagai hal abstrak dalam hidup, coba pelajari barangkali kuliah Filsafat memang cocok buatmu.

Penulis dengan latar belakang Filsafat bakal melahirkan karya-karya tulis yang luar biasa. Lulusan Filsafat juga bisa menjadi dosen dan mengajarkan lagi pengetahuan Filsafatnya, sebagaimana yang dilakukan oleh Sokrates dulu. Salah satu Sarjana Filsafat adalah Dian Sastrowardoyo, alumnus Ilmu Filsafat Universitas Indonesia. Selain UI, jurusan sepi peminat ini ada di Universitas Katolik Parahyangan dan Sekolah Tinggi Filsafat Driyakarya. Bahkan, Filsafat terhitung sebagai jurusan UGM yang sepi peminat. Jika tertarik untuk mempelajari filsafat dan agama, Sobat Pintar bisa memilih kampus-kampus Islam, Kristen, maupun Hindu.

 

5. Teknik Geofisika

Photo by Valentin Antonucci on Pexels

Ingin tahu apa jurusan ITS yang sepi peminat, Sobat? Teknik Geofisika adalah salah satunya. Di jurusan yang sepi peminat ini kita belajar tentang struktur yang ada di bawah permukaan bumi. Perkuliahan Geofisika tak hanya terkait dengan Geologi dan Fisika, namun juga Matematika dan instrumentasi. Komplet, deh!

Teknik Geofisika merupakan jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan. Berbekal ilmu teknik yang telah dipelajari selama kuliah, alumni Teknik Geofiska memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk bekerja dengan data, baik dalam akuisisi data, pemrosesan data, maupun interpretasi data.

Tak hanya di ITS, prospek kerja menjanjikan tersebut dapat diawali dengan kuliah di Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Lampung. Jurusan Geofisika dan Teknik Geofisika di kampus-kampus tersebut memiliki akreditasi A atau Unggul.

 

Dari kelima jurusan sepi peminat di atas, adakah salah satu yang sudah menjadi incaranmu selama ini, Sobat Pintar? Eitts, masih ada jurusan-jurusan kuliah lain yang sepi peminat, loh. Sobat Pintar bisa membacanya di sini dan sini.

Meskipun sepi peminat, bukan berarti seleksi masuknya tanpa persaingan sama sekali. Pada SBMPTN 2021, misalnya, Teknik Geofisika ITS diminati oleh 301 pendaftar, sedangkan daya tampunya hanya 30 kursi. Wait, jangan keburu panik dulu, Sobat. Teruslah belajar yang giat, dan jangan kasih kendor!

130

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

CssBlog

metablog-web Portlet