CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

5 Jurusan Untuk Kamu yang Suka Itungan

Bagi penyuka angka dan ilmu berhitung, ada beberapa jurusan kuliah yang direkomendasikan.

jurusan untuk yang suka matematika, Photo by Dan-Cristian Pădureț on Unsplash

Jurusan untuk yang suka matematika itu apa saja, sih? Sobat Pintar yang suka itungan biasanya tertarik pada jurusan-jurusan kuliah yang berhubungan dengan angka. Eitts, disclaimer dulu. Itungan dalam konteks jurusan kuliah berarti ilmu berhitung ya, Sobat. Kalau kamu ketemu orang yang suka ilmu berhitung dan kebetulan dia juga "suka itungan," well, itu lain cerita, sih.

Oke, kembali ke jurusan untuk yang suka matematika atau hitungan. Apa saja rekomendasi jurusan-jurusan kuliah buat kalian yang suka banget sama angka? Ini dia, lima jurusan yang berhubungan dengan matematika.

 

1. Matematika


Photo by Dhru J on Unsplash

Tentu saja, kalau kamu suka dengan pelajaran Matematika selama di sekolah, tak heran bila pilihan jurusan kuliahmu adalah Matematika. Di jurusan ini kamu bakal belajar ilmu matematika murni, seperti Dasar-Dasar Sains, Trigonometri, Dasar-Dasar Pemrograman, Metode Statistis, Geometri Analitik, Kalkulus, Teori Bilangan, Matematika Diskrit, dan masih banyak lagi. Tak semata berhubungan dengan angka dan matematika, berbagai mata kuliah di jurusan ini sebenarnya membuatmu belajar bagaimana membongkar dan membuktikan berbagai teorema yang ada. Makanya, tak jarang Matematika dikata sebagai jurusan kuliah orang yang penuh perhitungan – dalam artian logika.

 

2. Matematika Bisnis


Photo by Oli Dale on Unsplash

Benarkah dunia bisnis tak jauh dari tipe-tipe orang pelit dan perhitungan? Well, pelit itu relatif, tetapi perhitungan – dalam artian kalkulatif – itu penting dalam dunia bisnis, Sobat. Itulah sebabnya, Matematika Bisnis sebenarnya adalah rekomendasi jurusan buat orang perhitungan, khususnya dalam hal bisnis.

Matematika Bisnis biasanya ditawarkan sebagai salah satu peminatan atau konsentrasi di Jurusan Matematika. Di Jurusan Matematika Bisnis, kalian belajar bagaimana menerapkan ilmu matematika untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan bisnis. Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini meliputi Logika Matematika, Mikroekonomi, Komputasi Bisnis, Akuntansi, Teori Peluang, dan masih banyak lagi. Kalau kamu mencari jurusan kuliah tipe orang perhitungan, jelas inilah salah satu rekomendasi terbaik.

 

3. Ilmu Ekonomi


Photo by Markus Spiske on Unsplash

Ibarat kerabat, Ilmu Ekonomi dan Matematika Bisnis bisa dikata masih saudara sepupu. Keduanya berada di "keluarga" yang berbeda, yaitu Soshum dan Saintek. Dua "sepupu" ini serupa, tetapi tak sama. Ibarat orang, yang satu adalah orang hemat, sedangkan satunya lagi orang perhitungan. But please, take it with a grain of salt, Sobat Pintar.

Yang pasti, Ilmu Ekonomi adalah jurusan yang berhubungan dengan matematika dan angka meskipun banyak membahas tentang ekonomi. Mata kuliahnya antara lain Matematika Logika, Kebanksentralan, Ekonomika Finansial, Teori Permainan, Perencanaan Pembangunan, Dasar-Dasar Penilaian Properti, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu suka itungan, ekonomi adalah ilmu yang menarik karena tak terbatas pada jual-beli saja. Sebaliknya, Ilmu Ekonomi adalah salah satu rekomendasi jurusan untuk yang suka matematika sebab logika berpikirmu bakal terasah dan tertempa dengan baik di sini.

 

4. Statistika


Photo by Markus Spiske on Unsplash

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan, menabulasi, menggolongkan, menganalisis, dan mencari keterangan yang berarti dari data berupa angka. Dari awal sampai akhir penuh dengan data angka, tak diragukan lagi ini adalah salah satu pilihan jurusan kuliah orang yang penuh perhitungan.

Mahasiswa Statistika belajar tentang Algoritma dan Pemrograman, Basis Data, Komputasi Statistika, Aljabar Linier, Analisis Regresi, Probabilitas, Metode Numerik, Metode Sampling dan Survei, Metode Peramalan, dan banyak mata kuliah lain yang sarat dengan materi hitungan matematika. Jadi, pastikan Statistika turut masuk pertimbangan jurusan untuk yang suka matematika ya, Sobat.

 

5. Teknik Informatika

jurusan untuk yang suka matematika
Photo by Max Duzij on Unsplash

Mana nih, calon mahasiswa Teknik Informatika? Jika kamu memilih jurusan ini, pasti sudah tahu juga dong, kalau Teknik Informatika itu jurusan yang berhubungan dengan matematika dan logika. Teknik informatika sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari dan menerapkan analisis matematis dan prinsip ilmu komputer dalam merancang, menguji, mengembangkan, dan mengevaluasi kinerja komputer, software, dan sistem operasi.

Agar mampu menguasai pengolahan data dengan menggunakan komputer, mahasiswa Teknik Informatika wajib banget memiliki pola pemikiran yang logis dan terstruktur. Untuk itu, kamu bakal belajar tentang Jaringan Komputer, Logika Informatika, Web Dasar, Sibernetika, Computational Thinking, Arsitektur dan Keamanan Jaringan, Alajabar Linier, Desain Basis Data, dan berbagai mata kuliah lain yang penuh dengan logika dan perhitungan. Pendeknya, ini memang jurusan untuk yang suka matematika dan hitungan, deh.

 

Nah, itulah lima jurusan yang berhubungan dengan matematika dan angka. Wajib banget nih, masuk pertimbangan buat kalian yang suka itungan. Eitts, bukan itungan dalam artian pelit, ya.

Ngomong-ngomong, orang pelit dan perhitungan itu berbeda, Sobat. Sebagian ciri-ciri orang perhitungan itu teliti dan cermat, terutama saat berhadapan dengan matematika dan angka. Sedangkan, orang pelit itu... Mungkin kamu bisa menemukannya di salah satu sinetron berjudul Azab Orang Pelit atau yang semacamnya.

10

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog