redesain-navbar Portlet

Blog

photo via lib.calpoly.edu

5 Software Desain yang Banyak Digunakan untuk Arsitektur

Software untuk Pelajar Teknik Bangunan dan Mahasiswa Arsitektur 

Siapa suka main The Sims? Jika hobi banget main game simulasi yang satu ini, pasti kamu paham banget gimana serunya bikin rumah-rumahan. Tapi kalau udah jadi mahasiswa Teknik Arsitektur atau malah udah kerja sebagai seorang Arsitek, tentu beda soal – bukan lagi tentang seru-seruan! Nah, kalau mau lebih serius dari The Sims, kamu bisa coba salah satu software desain bangunan berikut ini.

 

1. ArchiCAD

Building Information Modelling (BIM) menciptakan software rancang bangun yang sangat efisien ini untuk Apple Macintosh pada tahun 1980an. Wah, udah jadul banget, ya! Tapi hingga hari ini, ArchiCAD masih digunakan oleh mahasiswa Teknik Arsitektur maupun Arsitek pemula.

Diciptakan khusus untuk gambar arsitektur, ArchiCAD dilengkapi dengan perintah elemen bangunan yang lengkap seperti kolom, dinding, balok, atap, dan plat. Pada librarynya, ArchiCAD menawarkan berbagai komponen bangunan, interior, hingga pencahayaan. Kamu mau bikin gambar 2D atau 3D? Bisa!

 

2. Chief Architect

Software ini bisa dirasa terlalu rumit bagi pemula, tapi emang fitur-fiturnya lengkap banget, sih. Tampilan yang dihasilkan Chief Architect bisa berbentuk 2D atau 3D, dan kamu dapat menggunakan fitur otomatisnya untuk memudahkan proses desainmu.

 

3. Punch

Lisensi Punch memang masih tergolong mahal, tapi kelebihan yang ditawarkannya lumayan banget. Misalnya saja, software ini kompatibel dengan Windows, dilengkapi dengan LightWorks, dan dimotori oleh NexGen. Alhasil, kamu bisa menghasilkan desain dalam waktu singkat meskipun banyak banget yang kudu diberesin. Dengan latar belakang tampilan lansekap, hasil desainmupun tampak semakin natural.

 

4. AutoCAD Architecture

Satu lagi software Computer Aided Design (CAD) yang laris manis digunakan dalam dunia Arsitektur. Ibaratnya, AutoCad Architecture adalah meja dan alat gambar seorang Arsitek karena keakuratan gambarnya. Software ini dilengkapi dengan tools dan library untuk menggambar lantai, pintu, jendela, atap, dan lain-lain dalam bentuk 2D maupun 3D.

Detail gambar yang dihasilkannya membuat AutoCAD Architecture menjadi salah satu software yang wajib dikuasai – tak hanya oleh mereka yang berada dibidang Teknik Arsitektur, tapi juga Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, maupun bidang lain yang memerlukan gambar teknik. Yup, inilah software sejuta umat!

 

5. Vectorworks Architecture

Software ini akan terasa kurang menarik buat beginner, tapi sangat disukai kalangan profesional karena tingkat kesempurnaan, keakuratan, dan detail yang dihasilkannya. Demi hasil yang memuaskan ini, Vectorworks Architecture memang terbilang rumit saat digunakan. Tapi bila sudah mahir, kamu bisa menghasilkan desain bangunan apapun dalam waktu cepat dengan Vectorworks Architecture.

 

Nah, apa kamu cukup familiar dengan salah satu software diatas? Jawaban iya pasti datang dari mahasiswa Teknik Arsitektur atau pelajar SMK Teknik Bangunan. Tapi kalaupun kamu bukan mahasiswa jurusan ini, boleh juga lho coba-coba menggunakan software rancang bangun yang lebih beginner friendly – tinggal dipilih!

Lebih masukan Blog

Stereotipe tentang Ekstrovert dan Introvert

Kamu sering mengkategorikan, atau malah dikategorikan, seseorang sebagai introvert atau...

10 Instansi Pemerintah yang Siap Menerima Lulusan PKN STAN

Memang menurut kalender Gregrorian saat ini, kita sudah berada pada dekade kedua dalam...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line