redesain-navbar Portlet

Blog

Trik Sederhana Mengatasi Jenuh Saat Belajar, image via time.com

5 Trik Sederhana Mengatasi Jenuh Saat Belajar

Rasa jenuh yang muncul ketika belajar dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.

Berapa lama Sobat Pintar belajar di rumah setiap harinya? Pernahkah merasa jenuh ketika sedang belajar? Atau, kurang menyadari rasa jenuh itu muncul tetapi materi apapun yang sedang dipelajari tak kunjung dipahami? Tak ingin buang-buang waktu dengan terus melihat buku pelajaran dengan pandangan kosong, bukan? Bagaimana mengatasinya?

 

1. Berbaring Sejenak

Yes, just lie down for a minute. Berbaring sejenak di tempat tidur, sofa, atau karpet membuat badanmu berada pada posisi yang berbeda. Regangkan badan supaya otot-otot yang tegang selama Sobat berada pada posisi duduk serius saat belajar tadi menjadi lebih rileks.

Tapi jangan lama-lama ya, Sobat! Sukup 10 sampai 15 menit saja. Jangan terlalu lama agar Sobat tak tertidur. Usahakan pula untuk tak memegang ponsel selama istirahat agar mata juga beristirahat.

 

2. Melihat Pemandangan Di Luar

Setelah Sobat selesai mengerjakan latihan-latihan soal Try Out Aku Pintar, istirahatkan mata dengan memandang pepohonan yang hijau. Setelah mata berkonsentrasi cukup lama pada layar elektronik dengan jarak yang dekat, latih otot-ototnya untuk memandang jauh.

It's a good idea to spend some time at your green backyard. Boleh juga jalan-jalan atau jogging keliling tempat tinggalmu. Pastinya, lakukan kegiatan ini saat siang hari, ya!

 

3. Bermain Game Kesukaan

"Lho, tadi katanya nggak boleh pegang ponsel kalau istirahat?" Memang benar. Mata kita juga bisa lelah karena terus-menerus digunakan, apalagi untuk memandang layar elektronik. Bukankah setelah jongging selama dua jam, otot betis kita terasa ngilu? Begitulah, otot mata juga dapat merasa lelah – hanya analogi saja ya, Sobat.

Tapi pada keadaan lain, misalnya Sobat belajar dengan menggunakan buku, boleh-boleh saja menggunakan ponselmu untuk bermain game saat istirahat belajar. Yang penting, perhatikan durasinya karena kita dapat dengan mudah keasyikan bermain game. Batasi waktunya dan tepati aturan yang dibuat sendiri.

Bagi Sobat Pintar yang terbiasa menatap layar elektronik dalam jangka waktu lama, menggunakan waktu istirahat belajar dengan bermain game mungkin tak terlalu berdampak pada mata. Bukankah kalau sudah terbiasa maraton 10K, maka jogging di sekitar rumah takkan melelahkan? Again, it's just an analogy.

Meskipun demikian, jangan dibiasakan ya, Sobat. Bagaimanapun juga, segala sesuatu yang berlebihan tentu takkan berdampak bagus.

 

4. Menyantap Makanan

Sering merasa lapar ketika sedang belajar? Wajar saja, karena penggunaan otak kita juga menguras energi. So, just get some rest and eat something.

Tapi sebaiknya tak asal comot makanan ya, Sobat. Junk food gets its name for a reason. Boleh-boleh saja makan junk food, asalkan tidak dirutinkan. Dan bukankah masih ada pilihan yang lebih sehat seperti buah segar?

Makanan dengan lemak sehat pada ikan-ikanan dan serat pada sayur-sayuran perlu dikonsumsi lebih sering. Makanlah dengan takaran yang cukup agar Sobat tak mengantuk sampai enggan belajar setelah makan. Jika terbiasa dengan asupan kafein, boleh juga minum kopi atau teh agar makin semangat belajar.

 

5. Mandi Air Dingin

Barangkali yang menimbulkan rasa jenuh karena badan kita terlalu nyaman. Bukankah saat merasa nyaman di tempat tidur, kita jadi mengantuk? So, go and take a bath!

Pada umumnya air dingin akan membuat kita merasa lebih segar seketika. Sebaliknya, air hangat akan membuat kita nyaman dan siap untuk tidur setelah mandi. Maka, pilihlah mandi dengan air dingin bila Sobat masih ingin belajar lagi. Badan yang terasa segar dapat memperbaiki mood belajar, mengikis rasa jenuh yang sempat muncul.

 

Belajar mandiri di rumah memang memerlukan kesungguhan niat. Dan terkadang, tak mudah untuk mempertahankan semangat belajar. Tapi sebenarnya dengan sedikit trik sederhana, kita dapat membuat perbedaan suasana yang berdampak besar sehingga kita pun mampu konsisten belajar secara mandiri.

Lebih masukan Blog

4 Peristiwa Tak Biasa Karena Otak

We rely on our brain for everything – mulai dari menendang bola dengan sengaja hingga...

Ikuti 4 Kriteria Ini Agar Manajemen Waktumu Tepat Sasaran

Pernahkah Sobat merasa diburu tugas yang seakan tak ada habisnya? Rasanya ada begitu banyak...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

redesain-footer Portlet

Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat sesuai minat dan bakatmu. Mungkin kamu tertarik dengan kampus dan jurusan kuliah dibawah ini.

Aku pintar logo

Aku Pintar adalah perusahaan teknologi informasi yang bergerak dibidang pendidikan. Nama perusahaan kami adalah PT. Aku Pintar Indonesia

Kontak Kami

+62 812 2000453
info@akupintar.id

Ikuti

Facebook Instagram Youtube WhatsApp Line