APSiswaNavbarV2

CssBlog

redesain-navbar Portlet

metablog-web Portlet

CssBlog

Blog

7 Tips Mengatur Waktu selama Belajar dari Rumah

Belajar dari rumah dapat dikerjakan dengan maksimal.

Tips Mengatur Waktu selama Belajar dari Rumah, image via www.metroparent.com

Saat harus tinggal di rumah selama pandemi, kita musti lebih cermat lagi mengatur waktu. Apa sebabnya? Banyak yang harus dituntaskan, Sobat! Tugas-tugas dari sekolah atau kampus yang tak putus-putus, orang tua di rumah yang perlu dibantu, dan kita juga masih butuh waktu untuk relaks bersantai.

Jadi, bagaimana caranya agar pengaturan atau manajemen waktu kita bisa maksimal setiap harinya? Mari simak tips yang mudah dikerjakan ini.

 

1. Susun Rencana atau Agenda Kegiatan

Sama seperti jadwal sekolah atau kuliah, sekarang giliran kita sendiri untuk menyusun jadwal selama di rumah. Kenapa jadwal ini penting? Karena tanpa pembagian waktu dan kegiatan yang jelas, kita akan cenderung santai, Sobat. Pilihan untuk bersantai dapat menunda tugas-tugas yang seharusnya dituntaskan. We'll go to procrastination in a moment.

 

2. Urutkan Prioritas Kegiatan

Bagaimana memulai menyusun rencana atau agenda kegiatan harianmu? Let's start with the obligatory activities. Prioritas utama berada pada jadwal kelas maya bersama guru atau dosen, diikuti dengan jadwal belajar secara mandiri, misalnya. Prioritas berikutnya, misalnya, adalah membantu pekerjaan di rumah. But of course, you'll have your own list.

 

3. Jangan Lupakan Kebutuhan Relaksasi

Beranjak dari satu tugas ketugas berikutnya dapat membuat kita penat. Istirahat sejenak memang bisa meredakan badan yang lelah, tetapi kita butuh relaksasi agar otak juga lebih santai. Bukankah kita tak boleh stres agar sistem imun badan dapat bekerja maksimal? Jadi, jangan lupa jadwalkan untuk bersantai ya, Sobat!

 

4. Perhatikan Poin-Poin Penting yang Lain

Selagi menyusun jadwal harian, kenapa kita tak sertakan pula jadwal untuk istirahat? Istirahat yang cukup juga menopang kinerja sistem imun kita. Maka, upayakan agar jam tidur kita tetap teratur sebagaimana hari-hari biasa saat kita harus ke sekolah atau kampus. Dan jangan lupa, sertakan jadwal untuk olah raga ya, Sobat!

 

5. Kenali Irama dan Jam Biologis Badan

Pada dasarnya, setiap kita memiliki irama kerja dan jam biologis badan yang berbeda. Sebagian orang lebih aktif dipagi hari (early birds), sebagian lagi lebih mudah berkonsentrasi dan bekerja dimalam hari (night owl). Pernahkah Sobat mengatur jadwal belajar mandiri yang sesuai dengan irama badanmu? Isn't it worth to try?

 

6. Isolasi Diri Sendiri Bila Diperlukan

Bukan, isolasi diri ini bukan karena pandemi. Melainkan, yang dimaksudkan adalah mengisolasi diri dari berbagai potensi distraksi, misalnya dengan menutup pintu kamar, mematikan televisi, maupun tidak mengakses media sosial. Dengan menjauhkan berbagai distraksi tersebut, tugas yang harus kita kerjakan dapat dituntaskan dengan lebih cepat.

 

7. Tidak Menunda-Nunda

Siapa yang masih suka menunda-nunda mengerjakan tugas atau pekerjaan di rumah? Jadwal yang telah kita susun berguna agar kita tidak menunda-nunda mengerjakan sesuatu. Procrastination could be a bad habit. We may delay, but time will not.

Jadi, penting agar kita tetap dan terus mengerjakan apa-apa yang harus dituntaskan. Progress yang dihasilkan mungkin memang tak seketika tampak. Misalnya, kita baru dapat menyelesaikan satu paragraf dalam sehari, sedangkan banyak yang harus ditulis didalam laporan. But it's okay, isn't it? Take it easy as you go!

 

140

Entri Blog Lainnya

thumbnail
thumbnail
Menambah Komentar

ArtikelTerkaitV3

Artikel Terkait

download aku pintar sekarang

BannerPromoBlog