PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

photo via conpleks.com

8 Jurusan Masa Depan: Nggak Ada Matinya!

Jurusan-Jurusan Favorit

Seberapa futuristik sih, visi masa depanmu? Udah tahu belum, kira-kira sarjana dari jurusan apa saja yang bakal dibutuhkan dalam tahun-tahun kedepan ini? Jika masih galau dengan pilihan jurusan kuliah, coba pertimbangan jurusan-jurusan berikut ini – jurusan yang dijamin nggak akam membuatmu ketinggalan jaman.

 

1. Desain Komunikasi Visual

Meskipun jurusan ini memerlukan bakat seni, bukan berarti kamu yang merasa tak berjiwa seni nggak boleh jadi mahasiswa DKV. Disini kamu akan belajar tentang seni desain, fotografi, ilustrasi, desain web, animasi, dan berbagai hal yang terkait dengan seni rupa. Visualisasi produk yang kamu lihat di website ataupun baliho adalah sebagian dari karya anak DKV.

Punya bakat seni di DKV adalah nilai plus, tapi bukan segalanya. Apalah artinya karya ciamik, tapi kamu nggak bisa menyampaikannya dengan tepat sesuai sasaran dan kondisi target (konsumen)? Nah, kemampuan komunikasi ini juga punya andil besar untuk membuatmu bertahan dan berkembang dalam industri percetakan, periklanan, penerbitan, dan banyak bidang lain.

 

2. Tata Boga

Tanpa dijabarkan panjang lebar sekalipun, kamu bisa melihat sendiri gimana hebohnya dunia dan wisata kuliner belakangan ini. Profesi chef yang dimasa generasi orangtuamu mungkin dipandang sebelah mata, kini bahkan sudah dikompetisikan dan punya prestis tersendiri.

Bisa dipastikan, inovasi kuliner yang terus berkembang membuat industri wisata makanan ini makin berjaya. Jadi, jika kamu memang punya minat dan bakat dalam bidang ini, tak ada salahnya mempertimbangkan kuliah di Jurusan Tata Boga. Eitts, jurusan ini nggak cuma ngajarin membuat dan meracik makanan, lho! Disini juga dipelajari tentang estetika penyajian serta manajemen kuliner.

 

3. Ilmu Komputer

Apa dan siapa sih hari ini yang nggak menggunakan atau membutuhkan komputer? Bayangkan saja penggunaan perangkat ini dalam satu atau dua dekade kedepan – nggak akan menyusut! Jadi, bisa dipastikan sarjana ilmu komputer akan terus dan makin dibutuhkan. Nantinya, kamu bisa mendalami profesi dibidang networking atau aplikasi, atau bisa menjadi seorang data analyst maupun programmer.

 

4. Sastra Inggris

Bagaimana hubungan antarnegara dibidang ekonomi pada tahun-tahun mendatang? Yak, makin mengglobal, pastinya. Dan tentunya, bisnis global memerlukan penggunaan Bahasa Inggris untuk memperlancar komunikasi bisnis. Alhasil, lulusan Sastra Inggris akan sangat dicari oleh berbagai perusahaan sebagai penerjemah maupun komunikator dengan klien luar negeri. Selain terlibat langsung dalam dunia bisnis, lulusan jurusan ini juga dibutuhkan didunia pendidikan, pariwisata, percetakan, bahkan Kemlu juga membutuhkan Sarjana Sastra Inggris.

 

5.  Pemasaran

Kalau pingin cepat dapat kerja, kuliahlah di Jurusan Pemasaran – pernah dengar ujaran seperti ini? Bukan tanpa alasan sih, memang setiap perusahaan akan selalu membutuhkan tenaga pemasaran sebagai ujung tombak penjualan produk dan meningkatkan pendapatan. Lebih jauh, ruang lingkup jurusan ini tak terbatas pada pemasaran saja, melainkan juga mencakup penjualan dan operasi harga.

 

6. Matematika

Suka Matematika? Selamat! Kamu punya peluang masa depan cerah, apalagi jika melanjutkan kuliah di Jurusan Matematika. Ilmu Matematika yang diperoleh dibangku kuliah akan membuatmu menjadi seseorang yang handal dalam membuat pemodelan dan pengolahan data. Analisa dan strategi yang dihasilkan dari penerapan ilmu Matematika sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Sebagai ilmu dasar, ada banyak kemungkinan yang bisa kamu lakukan dengan menguasai Matematika – termasuk mendalami Statistika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

 

7. Teknik Elektro

Ilmu tentang kelistrikan disebut juga dengan Elektro. Lebih tepatnya, Kelistrikan merupakan salah satu bidang yang dipelajari di Jurusan Teknik Elektro. Dan siapa tahu, barangkali gawai yang saat ini tengah berada dalam genggaman tanganmu merupakan andil salah seorang lulusan jurusan ini? Perlu kamu tahu, Teknik Elektro tak hanya tentang Teknik Listrik atau Teknik Elektronika, tapi juga mencakup Teknik Komputer, Teknik Instrumentasi, Teknik Kendali, bahkan Teknik Telekomunikasi.

 

8. Ilmu Komunikasi

Mungkin semakin maraknya hoax maupun hate speech adalah indikasi bahwa sebaiknya lebih banyak orang kuliah Ilmu Komunikasi agar dapat berkomunikasi secara efektif tanpa menyesatkan – atau justru sebaliknya? Yang jelas, orang-orang Ilmu Komunikasi biasanya adalah mereka yang bekerja dalam industri kreatif.

Salah satu sebabnya, Ilmu Komunikasi adalah induk dari Jurnalistik, Periklanan, Hubungan Masyarakat, dan lain-lain. Selain terlatih dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien, mahasiswa Ilmu Komunikasi juga dapat memanfaatkan teknologi dan penemuan baru seiring dengan perkembangan zaman – selalu update! Tak heran jika lulusan jurusan ini punya peluang kerja yang luas.

 

Apakah salah satu jurusan diatas sudah menjadi goalmu? Keren! Langsung gas pol aja, Sobat Pintar! Kalaupun masih galau, coba pertimbangkan lagi salah satu – bukankah ada jurusan IPA dan IPS-nya? Tapi kalau memang nggak ada yang klik, it's okay. Masih ada waktu untuk terus eksplor pilihan-pilihanmu.

Lebih masukan Blog

Lika-Liku Pelajar SMK Setelah Lulus Sekolah

Sebagai pelajar SMK, apakah kamu masih punya kesempatan untuk melanjutkan kuliah dijenjang...

Kuliah Dijurusan Apa dari SMK? Ini Rekomendasinya

Jika kamu saat ini masih menjadi pelajar SMK, trus mau lanjut kuliah, jurusan apa nih yang mau...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru