PinpointBlog

website-baru-feed-banner Portlet

Informasi Terkini Seputar Dunia Pendidikan

Informasi terbaru

website-baru-navbar Portlet

Blog

Prospek Profesi Alumni Manajemen, photo via smktelkomdu.sch.id

8 Prospek Profesi Alumni Manajemen

Alumni Manajemen memiliki peluang untuk bekerja diberbagai bidang manajerial.

Kalau kuliah Arsitektur menjadi Arsitek, kuliah Kedokteran menjadi Dokter, apakah kuliah Manajemen akan menjadi Manajer? Well, it doesn't work like so, actually – tapibaiknya mari kita lihat dulu apa saja ragam profesi para alumni dari Jurusan atau Program Studi Manajemen.

 

1. Konsultan

Profesi konsultan dibutuhkan diberbagai bidang oleh banyak perusahaan. Pengelolaan sistem karyawan, operasional perusahaan, dan perencanaan pengembangan perusahaan merupakan beberapa bidang yang membutuhkan kehadiran konsultan didalamnya.

Seorang konsultan bisnis yang merencanakan pengembangan perusahaan hendaknya memiliki kualifikasi diberbagai bidang, seperti perencanaan bisnis, peningkatan SDM, analisis data, dan penentuan acuan kerja. Bila lebih tertarik untuk menjadi seorang konsultan perbankan, ada baiknya Sobat fokus belajar tentang Manajemen Perbankan selama kuliah.

 

2. Staff/ Manajer Marketing

Salah satu konsentrasi Jurusan Manajemen adalah Manajemen Pemasaran yang mempelajari tentang pemasaran produk, target pasar, periklanan, dan lain-lain. Bila memilih konsentrasi Manajemen Pemasaran, Sobat Pintar memiliki peluang untuk menjadi bagian dari tim marketing – dengan posisi sebagai staff atau manajer.

Bidang marketing sendiri memerlukan kecakapan dalam berkomunikasi agar konsumen terpengaruh untuk melakukan pembelian. Tugas seorang marketer adalah meyakinkan banyak orang agar membeli dan mulai menggunakan produk atau jasa yang dijualnya. Sobat sudah memiliki bakat ini sedari sekarang?

 

3. Staff/ Manajer Keuangan

Bila memilih konsentrasi Manajemen Keuangan, Sobat akan belajar banyak hal tentang laporan administrasi keuangan maupun penanganan kelancaran pemasukan dan pengeluaran keuangan. Tim atau divisi keuangan bertugas memastikan setiap sumber pendapatan perusahaan dapat dimaksimalkan, dikelola, dan dialokasikan dengan tepat.

 

4. Staff/ Manajer Human Resource Development (HRD)

Are you more interested in the human side rather than the finance part of a business? Pertimbangkan untuk mendalami Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) selama kuliah di Jurusan Manajemen. Prospek kerja alumni dari konsentrasi Manajemen SDM biasanya berada di divisi HRD.

Tim atau divisi HRD bertugas merekrut calon staff potensial untuk ditempatkan dibidang-bidang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. HRD-lah yang memastikan bahwa karakter, skill, dan pengalaman kandidat sesuai dengan pekerjaan yang tersedia.

 

5. Staff/ Manajer Operasional

Bagian atau divisi operasional bertanggung jawab dalam perancangan, pengawasan, dan optimalisasi proses operasional suatu perusahaan. Jadi, staff operasional memahami betul seluk beluk perusahaan, mulai dari praktik bisnis, pengembangan sistem, hingga berbagai kegiatan perusahaan.

Bidang operasional pun terbagi sesuai dengan lini bisnis, misalnya lini media tentu berbeda dari lini farmasi. Untuk itu, mahasiswa Manajemen Operasional pun mempelajari tentang berbagai metode dalam produksi barang maupun jasa.

 

6. Akademisi/ Pengajar

Bila lebih tertarik pada kajian ilmu Manajemen, Sobat dapat melanjutkan kuliah kejenjang Magister setelah menyelesaikan pendidikan Sarjana. Menjadi akademisi atau dosen di perguruan tinggi tentu menjadi profesi yang rewarding bagi Sobat Pintar yang memiliki passion pada pengembangan ilmu pengetahuan.

 

7. Bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

When you're less interested in working and making profit, why don't you consider working with NGOs (Non Government Organizations)? Apapun konsentrasi kuliahnya, alumni Manajemen akan selalu diterima dengan tangan terbuka oleh berbagai LSM, seperti Indonesian Corruption Watch (ICW), Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), dan lain-lain.

 

8. Entrepreneur

Tak ingin menjadi pegawai, tapi ingin jadi bos? Justru Sobat Pintar dapat belajar banyak tentang pengelolaan bisnis dan perusahaan di Jurusan Manajemen. Selain ilmu pengetahuan, mahasiswa Manajemen biasanya memiliki jiwa entrepreneurship yang sudah terlatih.

Misalnya, alumni Manajemen memiliki kecakapan untuk melakukan manajemen risiko lebih awal dan tahu bagaimana mengatasi situasi darurat perusahaan tanpa panik berlebihan. Dukungan kompetensi manajerial tersebut dengan relasi yang luas dapat menjadi modal bagi Sobat Pintar untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses.

 

Nah, sudah tahu lebih banyak tentang prospek kerja alumni Manajemen, bukan? Masih ingin kuliah dijurusan ini? Pastikan dulu bakat, minat, dan kemampuanmu dengan menggunakan Minat Pintar agar Sobat tak sampai salah jurusan.

Lebih masukan Blog

Apa Saja yang Sebaiknya Tidak Dilakukan? Lihat 8 Larangan Ini

"Belajarlah lebih giat, maka kau akan berhasil." "Bekerjalah lebih keras agar...

Ketahui Ini sebelum Kuliah Manajemen

Dalam dua tahun terakhir ini, Manajemen menjadi salah satu jurusan favorit SBMPTN dirumpun...

metablog-web Portlet

popular-post-web Portlet

Terpopuler

Terbaru